Mobil Triton merupakan mobil niaga yang diproduksi oleh Mitsubishi Motors sejak tahun 2002. Akan tetapi saat itu mobil pick up ini diberi nama Mitsubishi L200 Strada.

Selain digunakan sebagai mobil perniagaan,mobil ini juga cocok melintas di medan jalan off road seperti medan jalan di perkebunan atau pertambangan. 

    Sejak tahun 2019, generasi mobil Triton terbaru mengalami banyak facelift. Mulai dari mesinnya, fitur yang disematkan, hingga pilihan ruang kabin yakni Single Cabin dan Double Cabin.

    Seperti apa bentuk dan performa Triton 2023? Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang mobil pick up sport milik Mitsubishi.

    Baca juga: Hanya Ada 120 Unit, Ini Spesifikasi Mitsubishi Triton Knight

    Spesifikasi Mobil Triton

    Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia atau PT MMKSI selagu pemegang merek Triton mengungkapkan bahwa ada beberapa penyegaran yang dilakukan Mitsubishi terhadap picuk up Triton.

    Pecinta mobil pick up memiliki hak untuk memilih ingin mobil Single Cabin atau Double Cabin sesuai kebutuhan. Facelift lainnya yakni penggunaan sistem penggerak dua roda dan empat roda.

    1. Performa Mesin

    Mitsubishi membekali Triton dengan tipe mesin 4N15 MIVEC GT dan intercooler untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara di perlintasan off road. Tipe mesin tersebut juga mampu membuat efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi CO2 secara signifikan.

    Sekalipun Mitsubishi belum memberikan pernyataannya terkait konsumsi bahan bakarnya. Akan tetapi, penggunaan teknologi di atas dan penerimaan mobil ini bila menggunakan bahan bakar solar murah cukup menguntungkan untuk kita.

    Mesin yang disematkan Mitsubishi memiliki kapasitas 2.400 cc 4 silinder mesin diesel yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 181 Ps pada 3.500 rpm dan capaian torsi maksimal 430 Nm pada 2.500 rpm.

    Adapun untuk transmisinya sendiri, Mitsubishi menawarkan 3 pilihan transmisi yakni transmisi manual 5 percepatan untuk entry level Triton HDX, transmisi otomatis dan manual 6 percepatan. Selain itu, sistem penggeraknya pun terdapat 2 pilihan yakni sistem penggerak 2 roda dan 4 roda.

    2. Fitur Keselamatan dan Keamanan

    Mitsubishi memberikan fitur dan teknologi terbaiknya untuk mobil off road sport miliknya ini. Mulai dari penggunaan rangka body chassis reinforced impact safety evolution (RISE) untuk meredam dan memproteksi kita saat terjadi benturan.

    Khusus varian 4 wheel drive, Mitsubishi memberikan fitur terbaru berupa 4 mode berkendara yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan. 

    Mode-mode tersebut antara lain mode Gravel saat melintasi medan bergelombang, mode Mud atau Snow agar terhindar dari ban selip saat melintasi medan berlumpur, mode Sand untuk meminimalisir traksi saat melintasi jalan berpasir, dan mode Rock untuk meningkatkan traksi saat melintasi jalanan menanjak.

    Selain 2 hal di atas berikut ini fitur keselamatan, keamanan dan kenyamanan mobil Triton, antara lain:

    • Forward Collision Mitigation
    • Blind Spot Warning
    • Rear Cross Traffic Alert
    • SRS Airbag
    • Forward Collision Mitigation (FCM) System
    • Sistem Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMS)
    • Automatic High Beam
    • EBD (Electronic Brake Distribution)
    • Crash Sensor
    • Brake Assist
    • Anti Lock Braking System, dan masih banyak lagi.

    Baca juga: Catat! Ini 20 Mobil Offroad Terbaik, Tangguh, dan Harganya!

    3. Desain Eksterior

    Konsep desain eksterior Mitsubishi Triton ini mengawinkan 2 konsep yakni engineered beyond though dan dynamic shield, karenanga gak heran bila mobil ini terlihat lebih gagah, tangguh namun tetap modern dan stylish.

    Grill di bagian depannya memiliki aksen krom tebal yang menyatu dengan 2 lampu Bi-Functional LED proyektor. Gak ketinggalan Daytime Running Lights (DRL) di bagian depan mobil ini.

    Beberapa varian seperti Ultimate AT, Exceed MT dan GLS MT, Mitsubishi menyematkan Foglamp untuk membantu visibilitas saat berkendara di malam hari.

    Kemudian di bumper bagian bawah Triton memiliki Front Under Guard untuk memproteksi benturan saat kita berkendara di medan yang terjal dan kasar. Di bagian sampingnya kita bisa melihat garis tegas yang mempertegas keganasan Triton.

    Mobil Triton 2023 menggunakan ban mobil berukuran 265/60 R18 untuk varian double cabin 4WD. Terdapat 6 pilihan warna antara lain Black Paint Radiator Grille. White Solid, Graphite Grey Metallic, Red Solid, Jet Black Mica, White Diamond, Sterling Silver Metallic.

    4. Desain Interior

    Dari segi interior selain terdapat 2 pilihan ruang kabin yakni Single Cabin dan Double Cabin. Saat masuk ke dalam mobil, nuansa gelap dengan sentuhan aksen bisa kita lihat. Ruang penyimpan kaki dan kepala cukup luas sehingga kita akan merasa lebih nyaman saat berkendara.

    Mitsubishi menyematkan teknologi Tilt dan Telescopic steering pada bagian setir kemudi, kita bisa melihat berbagai tombol untuk mengakses fitur hiburan hingga cruise control. Adapun fitur-fitur yang bisa kita temukan di dalam ruang kabin antara lain:

    • Multi information LCD display dan speedometer high contrast
    • Sistem hiburan 2DIN lebar premium/ USB dan pemutar MP3
    • Cruise control
    • Smartphone tray dan USB charging socket in center console 
    • Smart tray untuk penumpang kursi belakang
    • 4-Spoke leather- Wrapped Steering Wheel 
    • Tilt & Telescopic Steering
    • Auto dimming rearview mirror

    Baca juga: 10 Rekomendasi Mobil 4WD Terbaik dan paling Tangguh

    Harga Mitsubishi Triton 2023

    Mengutip dari website resmi Mitsubishi, berikut ini harga mobil Triton 4×4, mobil Triton Ultimate, harga mobil Triton double cabin dan harga mobil Triton terlengkap. Harga di bawah ini merupakan harga per On The Road per Agustus 2023.

    Tipe Mitsubishi TritonHarga Mitsubishi Triton
    Mitsubishi Triton GLX HR MT Single Cab 2WDMulai dari Rp 287,1 juta
    Mitsubishi Triton HDX MT Single Cab 4WDMulai dari Rp363,3 juta
    Mitsubishi Triton HDX MT Double Cab 4WDMulai dari Rp412,4 juta
    Mitsubishi Triton GLS MT Double Cab 4WDMulai dari Rp434,6 juta
    Mitsubishi Triton Exceed MT Double Cab 4WDMulai dari Rp469,9 juta
    Mitsubishi Triton Ultimate AT Double Cab 4WDMulai dari Rp510 juta

    Demikianlah informasi tentang mobil Triton terbaru 2023. Manakah mobil Mitsubishi Triton yang menjadi pilihan OtoFriends?

    Untuk memastikan bahwa mobil kita dalam keadaan terbaik dan memiliki performa terbaik, penting untuk rutin melakukan servis mobil secara berkala sesuai jadwalnya. Misalnya saja setiap mobil telah menempuh jarak 10.000 km berlaku kelipatan, kita sudah harus mengganti oli mobil.

    Begitu juga komponen mobil lainnya seperti aki mobil, AC mobil, sistem pengereman mobil hingga tekanan angin ban mobil perlu rutin kita periksa secara berkala sesuai jadwalnya.

    Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

    Gak perlu khawatir bila OtoFriends memiliki kesibukan yang cukup padat. Pasalnya Bengkel Otoklix melalui aplikasi Otoklix memberikan kemudahan kepada pemilik mobil yang memiliki mobilitas tinggi.

    Fitur yang dimaksud adalah booking service online, pilihan metode pembayaran online melalui aplikasi hingga reminder jadwal servis mobil sehingga waktu servis mobil gak terlewat lagi.

    Pertanyaan Seputar Mobil Triton


    Harga Mitsubishi Triton 2023 terbaru tipe terendah yakni Triton GLX HR MT Single Cab 2WD sebesar Rp287,1 juta, tipe Triton HDX MT Double Cab 4WD Rp412,4 juta, hingga tipe tertingginya tipe Triton Ultimate AT Double Cab 4WD Rp510 juta.


    Harga Mitsubishi Triton Single Cabin 4×4 sebesar Rp363,3 juta.


    Mesin yang disematkan Mitsubishi memiliki kapasitas 2.400 cc 4 silinder mesin diesel yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 181 Ps pada 3.500 rpm dan capaian torsi maksimal 430 Nm pada 2.500 rpm.