Honda Mobilio Indonesia pertama kali diperkenalkan melalui event International Motor Show (IIMS) tahun 2013 dan baru secara resmi diperjualbelikan di Indonesia di awal tahun 2014.

Kendati demikian, mobil yang masuk ke dalam kelas mobil multi purpose vehicle atau MPV ini sudah diproduksi sejak 2001 dengan segmentasi pasar berfokus di Jepang. Honda Mobilio merupakan mobil MPV 7 seater yang menjadi kompetitor Nissan Grand Livina dan Suzuki Ertiga.

Generasi pertama Honda Mobilio yang diproduksi tahun 2001 lalu generasi keduanya diproduksi di tahun 2014. Ingin tahu revolusi perkembangan Honda Mobilio? Yuk, simak perkembangan Honda Mobilio dari generasi ke generasi.

Baca juga: Biaya Service Mobil Honda Mobilio dengan Berbagai Kilometer

Sejarah Honda Mobilio Generasi dari Generasi

Meskipun baru benar-benar mengaspal di Indonesia tahun 2014, sebenarnya Honda Mobilio sudah mengaspal di negara asalnya yakni Jepang tahun 2001. Hingga kini sudah ada 5 generasi mobil Honda Mobilio.

Honda Mobilio Generasi Pertama (2001 – 2008)

Mobil generasi pertamanya ini diproduksi dan dipasarkan di Jepang sejak tahun 2001. Pabrik mobil mengklaim bahwa Mobilio generasi pertama ini tergolong irit pemakaian bahan bakarnya hingga 17,2 km/liter. 

Sejalan dengan itu, Kementerian Transportasi Jepang juga mengakui bahwa mobil MPV 7 seater ini termasuk kendaraan rendah emisi.

Performa mesin yang ditawarkan di antaranya kapasitas mesin 1.5 L VTEC yang dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan dan continous variable transmission (CVT). Selain itu, pada tipe Spike sudah dilengkapi transmisi CVT  Honda Multimatics S (CVT) yang dipasangkan dengan 7 percepatan.

Untuk CVT dengan tipe transmisi 7 percepatan ini ada 3 model di antaranya mode penggerak empat roda, mode otomatis dan mode manual.

Honda Mobilio generasi pertama memiliki ruang kargo yang luas yakni 1,86 m dengan tinggi sebesar 1,10 m. Ruang kabin yang nyaman yang telah dilengkapi dengan pengaturan jok mobil yang lebih fleksibel seperti mode kembar, mode panjang, mode refresh, mode utilitas dan mode penyesuaian.

Honda Mobilio Generasi Kedua (2014 – Sampai Sekarang)

Honda Mobilio baru mulai masuk pasar otomotif Indonesia pada generasi kedua Honda Mobilio 2014 melalui ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013. Mobilio generasi kedua diproduksi dari platform yang sama dengan Honda Brio di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat.

Terdapat banyak pembaruan pada generasi kedua ini di mana tampilannya terlihat lebih sporty dan aerodinamis. Bagian dasbor dan desain interior secara keseluruhan mengadopsi Honda Jazz generasi ketiga dan Honda BR-V. 

Dikarenakan diproduksi dan dirakit di Indonesia, maka sebesar 86 persen mobil ini memiliki kandungan lokal Indonesia.

Dibekali kapasitas mesin 1.500 cc dengan kode mesin L15Z1 i-VTEC 16 valve. Tenaga mesin yang dihasilkan 118 ps dan capaian torsi maksimalnya 145 Nm. Ada beberapa tipe untuk mobil Honda Mobilio generasi kedua yakni tipe S, E, E CVT, E CVT Prestige, RS dan RS CVT

Honda Mobilio RS (2014)

Honda Mobilio RS adalah salah satu tipe dari Honda Mobilio generasi kedua yang dirilis tahun 2014. 

Bedanya dengan tipe RS sebelumnya adalah tipe RS yang dijual di tahun 2014 ini lebih gahar dan sporty dengan penampilan eksterior yang berbeda. Beberapa di antaranya ada lampu depan projector with DRL, pelek berukuran 15 inci, bodykit sampai roof rail.

Tipe RS dibekali dengan transmisi manual 5 percepatan (CVT) dengan pilihan warna baru seperti Carnelian Red Pearl dan Modern Steel Metallic.

Honda Mobilio Facelift

Sekilas tak ada bedanya Honda Mobilio Facelift dengan generasi sebelumnya kecuali satu hal, yakni desain eksterior yang mengalami perubahan cukup signifikan. 

Bila ditelaah kita bagian muka Mobilio ini menyerupai crossover baru Honda WR-V yang membuat mobil Low MPV ini semakin terlihat gahar tetapi tetap elegan dan mewah.

Selain itu, beberapa bagian front-end juga diganti oleh Honda, di antara kap mesin, fender, lampu, gril, hingga bumper depan. Versi Facelift ini dibekali mesin L15Z1 1.500 cc 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga mesin 188 PS dan torsi 145 Nm.

Honda Mobilio RS Facelift dan Special Edition

Di tahun 2018, Honda resmi meluncurkan Honda Mobilio Special Edition E CVT. Yang berbeda dari generasi sebelumnya terletak dibagian desain eksterior guna menarik lebih banyak lagi konsumen, khususnya mobil keluarga dan mobil di kelas Low MPV.

Grill mobil ini didesain baru lengkap dengan garnish di bagian lampu kabut, terdapat exhaust pipe finisher di bagian buritan dan menggunakan velg alloy berukuran 15 inci. 

Sedangkan hal yang berbeda saat melihat bagian interior mobil adalah layar sentuh berukuran 8 inci di bagian dasbor sebagai pusat mengontrol fitur hiburan yang telah dilengkapi dengan konektivitas seperti kabel USB serta teknologi armrest yang diperuntukkan untuk pengemudi guna meningkatkan kenyamanan saat berkendara.

Sementara itu, Honda Mobilio RS Facelift yang diluncurkan satu tahun kemudian yakni di tahun 2019 memiliki pembaruan desain seperti lampu depan projector with LED RL yang ada pada tipe E dan RS saja. Bagian eksterior mobil ini didesain alloy wheel dan lampu belakang yang dipadukan dengan model smoked.

Selain itu, untuk desain interior Mobilio tipe RS ini juga dibekali layar sentuh resistif ukuran 6,2 inci yang memiliki konektivitas seperti kamera mundur, pemutar CD dan DVD serta bluetooth serta head unit berukuran 8 inci.

Baca juga: Ganti Oli Honda Mobilio, Ini Dia Biaya dan Waktunya

Untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara, terkadang diperlukan sedikit sentuhan. Baik mengganti desain eksterior mobil atau menambahkan beberapa aksesoris mobil. OtoFriends bisa berkonsultasi dengan para teknisi di bengkel body repair untuk mengetahui aksesoris seperti apa yang tepat digunakan sesuai tipe mobil.

Harga Honda Mobilio

Setelah tahun 2019, Honda Mobilio belum memiliki pembaruan desain dan fitur lagi sehingga mobil terbarunya saat ini masih di tahun 2019. Berikut ini harga Honda Mobilio 2022 OTR Jakarta yang dirangkum dari berbagai sumber.

Tipe Honda MobilioHarga Honda Mobilio
New Honda Mobilio S M/TRp197,6 juta
New Honda Mobilio E M/TRp217,2 juta
New Honda Mobilio E CVTRp227,4 juta
New Honda Mobilio RS M/TRp239,8 juta
New Honda Mobilio RS CVTRp250 juta

Sementara itu, berikut ini daftar harga Honda Mobilio Bekas 

Tipe Honda MobilioHarga Honda Mobilio Bekas
Honda Mobilio 2014Mulai dari Rp110 juta – Rp170 juta
Honda Mobilio 2015Mulai dari Rp117 juta – Rp170 juta
Honda Mobilio 2016Mulai dari 125 juta – Rp173 juta
Honda Mobilio 2017Mulai dari Rp122 juta – Rp191 juta
Honda Mobilio 2018Mulai dari Rp139 juta – Rp200 juta
Honda Mobilio 2019Mulai dari Rp139,1 juta – Rp209,8 juta
Honda Mobilio 2020Mulai dari Rp153 juta – Rp216 juta
Honda Mobilio 2021Mulai dari Rp167,5 juta – Rp206 juta

Baca juga: Rekomendasi Bengkel Mobil Honda Terdekat yang Terbaik

Keunggulan dan Kelemahan Honda Mobilio

Ada dua keunggulan Honda Mobilio di antaranya dari segi bahan bakar dan performa mesin mobil. 

Honda Mobilio dinilai memiliki efisiensi konsumsi bahan bakar karena sudah menggunakan teknologi Torque Boost Resonator sehingga bisa menghabiskan bahan bakar maksimal sebesar 26,7 km/liter tanpa berkurang keluaran tenaga dan torsi maksimalnya.

Adapun performa mesin Mobilio dinilai lebih baik dibandingkan mobil lainnya di kelasnya karena mampu mencapai tenaga maksimal yakni 116 hp pada putaran 6.600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm pada putaran 4.600 rpm.

Kendati demikian, sama seperti mobil pada umumnya dimana ada beberapa kelemahan Honda Mobilio di antaranya karena suspensi yang lebih keras yang bertujuan untuk menjaga stabilitas mobil saat berada di kecepatan tingginya. Tak heran bila bantingan mobil ini akan lebih keras saat melintasi medan jalan tidak rata, berlubang, atau melewati polisi tidur.

Kelemahan lainnya adalah kabin mobil didesain kurang kedap suara sehingga kita masih bisa mendengar suara yang berasal dari luar mobil dan menyebabkan rasa kurang nyaman saat berkendara.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai mobil Honda, seperti harga mobil Honda, komponen mobil, sampai tips merawat mobil Honda bisa OtoFriends temukan di blog otomotif.

Pertanyaan Seputar Honda Mobilio

Honda Mobilio termasuk jenis mobil Low MPV dengan 7 kursi penumpang.

Harga Honda Mobilio RS terbaru untuk transmisi manual yakni Rp239,8 juta dan transmisi otomatis (CVT) sebesar Rp250 juta.

Harga Honda Mobilio 2022 untuk tipe S M/T sebesar Rp197,6 juta, tipe E M/T Rp217,2 juta, New Honda Mobilio E CVT Rp227,4 juta, tipe RS M/T sebesar Rp239,8 juta dan tipe RS CVT sebesar Rp250 juta.