Mengganti velg mobil menjadi salah satu modifikasi simple bagi pemilik kendaraan. Kendati demikian, modifikasi velg mobil tidak boleh asal dan harus dipikirkan matang-matang. Pasalnya, mengganti velg bisa berimbas pada keamanan dan kenyamanan berkendara. Lantas, apa saja yang harus diperhatikan ketika akan mengganti velg. Simak ulasan berikut ini.

Tips Mengganti Velg Mobil

Beberapa hal di bawah ini perlu kita cermati sebelum mengganti velg mobil. Mulai dari pemilihan model, jenis, ban yang cocok, bahkan sampai warna agar sesuai dengan bodi mobil. Mari simak selengkapnya.

1. Model velg yang cocok

Memilih model velg mobil yang cocok bisa dibilang gampang-gampang sulit. Bisa saja velg sesuai selera kita, tetapi tidak cocok dengan bodi mobil. Terkadang kita juga kebingungan memilih model elegan atau sporty. Di bawah ini adalah informasi tentang jenis-jenis velg mobil yang mungkin bisa jadi pertimabngan.

  • Velg kaleng

Velg dengan bahan kaleng ini populer digunakan pada mobil niaga atau komersial, misanya truk atau mobil pick-up. Namun, ada juga mobil LCGC yang menggunakan velg ini. Pada mobil LCGC, biasanya terbuat dari aluminium dan baja, sedangkan mobil niaga terbuat dari besi. Bentuknya memang kurang menarik, tetapi harganya lebih murah.

  • Alloy wheel 

Jenis velg alloy wheel ini paling sering ditemukan. Bobotnya ringan, tetapi bisa menahan berat kendaraan dengan sangat baik. Dari sisi tampilan juga terlihat sporty dan elegan. Biasa digunakan pada jenis mobil sedan atau MPV.

  • Iron cast wheel 

Jenis velg mobil yang satu ini sering juga disebut dengan velg cetak dan velg racing. Biasanya terbuat dari besi yang dicairkan kemudian dicetak. Kualitas besinya juga bagus sehingga kokoh menahan beban kendaraan. Velg ini memiliki banyak varian namun, ada kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihannya, tampilan mobil terlihat semakin keren dan garang. Sedangkan kekurangannya adalah tarikan mobil terasa tidak bertenaga. Apalagi kalau ukuran bannya juga diperbesar atau diperkecil. Sebaiknya pertimbangkan matang-matang.

  • Spoke wheel

Velg ini terbilang unik karena ada hiasan berupa rangkaian rangka baja di sudutnya. Selain tampilannya unik, jenis ini juga kokoh menopang kendaraan dan beban penumpang. Bahkan, velg mobil ini memberikan kesan empuk meskipun mobil berjalanan di jalanan yang tidak rata.

2. Perhatikan dimensi velg

Tips kedua adalah memperhatikan dimensi velg mobil yang akan dipasang. Umumnya, ukuran velg yang ditoleransi hanya 2 – 3 inci lebih besar. Misalnya velg bawaan berdimensi 15 inci, maka maksimal yang bisa digunakan adalah 18 inci. Kalau terlalu besar, akan terasa tidak nyaman dan kurang aman. Konsumsi bahan bakar juga bisa meningkat.

3. Pemilihan ban

Tips ketiga, ban yang digunakan juga bisa jadi berubah ketika kita mengganti ukuran velg. Biasanya, jika memakai velg berukuran lebih besar, harus menggunakan ban dengan profil yang lebih tipis. Namun, dampaknya adalah terasa keras karena ban tidak bisa meredam getaran dengan baik. Hal ini bisa merusak bibir velg saat menghantam lubang. Sementara itu, kalau tapak bannya terlalu lebar atau tipis, bisa mengganggu pengendalian mobil.

4. Cek offset bawaan velg

Offset atau ET ini adalah dimensi jarak bagian tengah velg ke bagian luar. Ukuran offset memastikan velg terpasang aman dan juga tetap indah dipandang. Kalau tidak pas menentukan offset, velg bisa terlihat terlalu menjorok atau keluar ruang roda. Jadi, cek offset bawaan velg sebelum menggantinya.

6. Pilih PCD yang sesuai

Selain mengecek offset bawaan, pilih juga velg mobil yang memiliki PCD (Pitch Center Diameter) yang sesuai dengan bawaan mobil. Misalnya PCD mobil menunjukkan 4 x 100, artinya mobil menggunakan konstruksi baut sebanyak empat buah dengan jarak antar baut 100 mm.

7. Memilih warna velg

Memilih warna velg juga seringkali menjadi hal yang membingungkan. Sebaiknya, cocokkan warna velg dengan warna bodi mobil supaya kendaraan tidak terlihat aneh.

  • Warna body hitam

Kalau warna bodi mobil hitam, sebaiknya gunakan velg dengan warna yang netral, biasanya cocok juga dengan warna roda gelap atau terang. Warna aman untuk mobil hitam adalah abu-abu gelap atau terang. Tetapi, kalau merasa terlalu biasa, warna seperti putih, hijau, kuning, merah, orange, ungu, hitam doff, broze, bisa menjadi pilihan.

  • Warna body silver

Mobil berwarna silver bisa menggunakan velg berwarna putih, abu terang atau gelap, hitam, maupun bronze. Kalau mau warna yang berani, bisa juga menggunakan emas, oranye, atau merah. Namun, jangan gunakan warna yang terlalu kontras.

  • Warna body putih

Mobil putih juga banyak digunakan dan cenderung bisa memilih berbagai warna. Tetapi, karena kesan mobil putih adalah bersih dan kalem, sepertinya tidak cocok menggunakan warna yang terlalu cerah. Warna silver, bronze, atau emas bisa menjadi pilihan aman. Kalau mau sedikit berbeda, bisa gunakan kuning, biru, pink, atau fuschia.

  • Warna body abu-abu

Tidak terlalu jauh dengan silver, mobil abu-abu juga cocok menggunakan velg mobil berwarna hitam atau putih. Bisa juga menggunakan warna abu-abu, tetapi lebih terang atau lebih gelap. Pilihan lainnya adalah merah, bronze, ungu, atau pink.

  • Warna body biru

Mobil berwarna biru memang agak jarang ditemukan di jalanan. Apalagi warna biru terang. Untuk mobil biru, warna velg yang aman adalah warna-warna yang kalem, msalnya putih, hitam, atau silver. Akan tetapi, warna seperti merah atau emas juga cocok. Tampilan mobil akan terlihat semakin kece dan nmencolok.

  • Warna body merah

Warna mobil merah sering digunakan pada mobil-mobil modern. Warna bodinya sudah mencolok, jadi perlu hati-hati ketika memilih warna velg mobil. Padanan warna yang kira-kira cocok adalah gold, hitam, bronze, silver, atau chrome.

Sebaiknya, kalau warna mobil sudah mencolok, jangan gunakan warna velg yang juga mencolok. Konsultasikan dulu dengan bengkel ban dan velg agar hasilnya maksimal. Baik dari segi kecocokan warna maupun keamanan dan kenyamanan.

Artikel di atas membahas tentang tips mengganti velg mobil. Sebaiknya pikirkan matang-matang dan jangan sampai membuat keputusan yang salah. Kunjungi bengkel ban dan velg terdekat untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mengganti velg. 

Jangan lupa, selalu lakukan servis berkala agar mobil tidak hanya tampil menarik, tetapi juga terjaga performanya. Servis di Otoklix, nikmati beragam promonya!