Mobil susah menyala dapat menjadi salah satu indikasi fuel pump mobil bermasalah. Pasalnya, fuel pump mobil memiliki peran penting dalam kinerja mesin mobil, sehingga dapat memberikan pengaruh besar apabila terjadi gangguan atau kerusakan. Berperan dalam memompa bahan bakar dari tangki penampungan ke ruang pembakaran, fuel pump mobil akan rentan alami kerusakan apabila dalam proses mengalirkan bahan bakar, terdapat kotoran atau endapan yang menghalangi. Oleh sebab itu, OtoFriends harus rutin melakukan pemeriksaan mesin mobil untuk dapat memastikan bahwa fuel pump mobil masih bekerja dalam kondisi yang baik.

Baca juga: Mengenal Servis Berkala Pada Mobil yang Tak Boleh Diabaikan

Jenis dan Cara Kerja Fuel Pump Mobil

Memahami cara kerja fuel pump mobil akan membantu OtoFriends untuk dapat menjaga mesin mobil tetap bekerja dengan baik. Sesuai jenis kendaraan, ada dua jenis fuel pump mobil yang harus OtoFriends ketahui, fuel pump mobil karburator dan fuel pump mobil injeksi. Perbedaannya hanya terletak pada proses pengaliran bahan bakar. Fuel pump mobil karburator mengalirkan bahan bakar dari tangki ke karburator mobil, sedangkan pada mesin mobil injeksi, fuel pump mobil mengalirkan bahan bakar ke injektor untuk kemudian diubah menjadi energi. 

Berdasarkan cara kerjanya, fuel pump mobil juga terbagi dua. Fuel pump mobil mekanik, dan fuel pump mobil elektrik. Sesuai dengan namanya, fuel pump mobil mekanik memiliki cara kerja memanfaatkan gerak mekanik atau putaran mesin dalam mengalirkan bahan bakar. Terdapat katup yang akan membuka ruang saat mesin berputar, kemudian bahan bakar akan tersedot dan masuk ke ruang pembakaran untuk kemudian diolah menjadi energi. Sedangkan fuel pump mobil elektrik bekerja dengan memanfaatkan energi listrik dari baterai untuk dapat menyedot dan menyalurkan bahan bakar ke ruang pembakaran. 

Tanda Fuel Pump Mobil Bermasalah

Secara umum, fuel pump mobil yang rusak akan berujung pada kondisi mobil yang sulit untuk dinyalakan. Beberapa tanda yang harus OtoFriends pahami agar mesin mobil tidak berujung pada kerusakan akibat fuel pump mobil yang bermasalah, antara lain:

1. Lampu Indikator Injeksi Menyala Terus

Ciri pertama fuel pump mobil bermasalah adalah lampu indikator injeksi di bagian dashboard mobil yang terus menyala. Beruntunglah jika OtoFriends sering memperhatikan dashboard sehingga dapat langsung melakukan perbaikan fuel pump mobil yang bermasalah. Namun jika tidak, pastikan bahwa OtoFriends peka dan paham setiap fungsi dari lampu atau komponen dashboard. Hal tersebut akan membantu OtoFriends untuk segera mengetahui jika ada sesuatu yang tidak beres dengan kondisi dan kinerja mesin mobil yang OtoFriends miliki.

Baca juga: Apa Saja Arti Lampu Indikator Pada Mobil? Ini Penjelasannya

2. Adanya Bau Gosong di Bagian Mesin Mobil

Mencium bau gosong pada mesin mobil? Lebih baik OtoFriends waspada dan segera lakukan servis untuk mengecek setiap komponen mesin mobil. Bau gosong yang muncul dari mesin mobil secara tiba-tiba dapat menjadi salah satu indikasi adanya masalah dengan fuel pump mobil. Bau gosong timbul karena adanya sekring yang gosong akibat kotoran dari bahan bakar yang mengendap. Alhasil, kinerja fuel pump mobil menjadi terhambat dan butuh tenaga ekstra untuk menyedot bahan bakar dan mengalirkannya ke tangki pembakaran.

3. Asap Knalpot Mengeluarkan Bau Menyengat

Sekring gosong dan fuel pump mobil butuh tenaga ekstra untuk menyedot bahan bakar, tentu akan menyebabkan proses pembakaran bensin atau bahan bakar menjadi tidak sempurna. Alhasil, asap mobil akan mengeluarkan bau bensin yang menyengat. Jika sudah seperti itu, segera bawa ke bengkel terdekat agar fuel pump mobil yang bermasalah dapat segera ditangani. 

Cara Mencegah Kerusakan Fuel Pump Mobil

Masing-masing jenis fuel pump mobil tentu memiliki cara perawatan dan pembersihan yang berbeda. Kenali dulu mesin mobil yang OtoFriends miliki agar bisa melakukan perawatan untuk mencegah fuel pump mobil alami gangguan atau kerusakan. Karena terdiri atas beberapa bagian komponen yang rumit, ada baiknya untuk melakukan servis rutin dan menyerahkan perawatan serta pengecekkan pada ahlinya di bengkel terdekat, sehingga OtoFriends hanya perlu melakukan tindakan pencegahan agar fuel pump mobil dapat terus bekerja secara maksimal.

1. Jangan Biarkan Bahan Bakar Habis

Melakukan pengisian bahan bakar saat bahan bakar mobil benar-benar habis dapat membuat fuel pump mobil menjadi bermasalah. Hal tersebut dikarenakan, fuel pump mobil tidak dapat bekerja menyedot bahan bakar yang harus segera disalurkan ke ruang pembakaran. Jadi, lakukanlah pengisian bahan bakar setidaknya saat bahan bakar masih tersisa seperempat di tangki penampungan, agar fuel pump mobil dapat tetap bekerja secara maksimal.

2. Lakukan Servis Mobil Rutin

Fuel pump mobil dapat rusak dan terganggu apabila terdapat kotoran atau endapan yang menempel dari bahan bakar yang kotor. Melakukan servis rutin di bengkel rekanan OtoKlix dapat menjadi salah satu tindakan pencegahan agar fuel pump mobil dapat selalu bekerja maksimal karena kebersihan pompa tentu akan selalu terjamin. 

Mintalah untuk melakukan pengurasan tangki bahan bakar saat melakukan servis kendaraan. Tangki bahan bakar yang dikuras secara rutin akan membantu proses pembersihan kotoran menjadi lebih efisien, sehingga bahan bakar dalam tangki selalu terjamin kebersihannya. 

Baca juga: 11 Alasan Mesti Pakai Aplikasi Bengkel Mobil Otoklix

Itulah hal penting yang harus OtoFriends ketahui terkait fuel pump mobil agar mesin mobil dapat tetap terjaga dan tidak sulit untuk dinyalakan. OtoFriends dapat mencari bengkel tepercaya di OtoKilx untuk melakukan booking servis dengan lebih mudah. 100 persen refund, jika harga booking berbeda dengan harga di lokasi. 

Pertanyaan Seputar Fuel Pump Mobil

Fuel pump mobil bertugas untuk memompa bahan bakar mobil ke tangki mesin. Sehingga, jika fuel pump mobil rusak, bahan bakar tidak dapat tersalurkan dengan baik, alhasil mobil pun akan sulit untuk berjalan.

Fuel pump mobil bermasalah ditandai dengan beberapa hal. Lampu indikator injeksi yang menyala terus, adanya bau gosong pada mesin mobil, dan bau menyengat dari asap knalpot. Jika tanda fuel pump mobil bermasalah tersebut sudah terlihat, segera lakukan pemeriksaan dan bawa ke bengkel untuk servis dan perbaikan.

Jika tanda fuel pump mobil bermasalah sudah terlihat, OtoFriends dapat menggunakan aplikasi OtoKlix untuk menemukan lokasi bengkel servis terdekat dari lokasi OtoFriends berada. Lakukan booking servis lebih mudah di aplikasi OtoKlix.