Mitsubishi Outlander Sport masuk ke Indonesia sekitar tahun 2012. Hadir dalam tiga tipe (GLX, GLS, dan PX), mobil crossover tersebut langsung mencuri perhatian masyarakat karena memiliki desain sporty dan dinamis. Selain itu, konsumsi BBM Outlander Sport juga dikenal irit. Simak selengkapnya!

Konsumsi BBM Outlander Sport

Untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar minyak (BBM), Mitsubishi melakukan perbaikan secara khusus pada bagian CVT. Hal itu dilakukan dengan cara memperluas rasio gigi. Sehingga, Outlander Sport bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga 5 persen.

Konsumsi Outlander Sport sekitar 16,6 km/liter untuk model 2WD (model JC08). Sementara, untuk model 2WD dan 4WD M mampu mencapai standar efisiensi bahan bakar 10 persen lebih tinggi.

Baca juga: Murah, Segini Biaya Perawatan Mitsubishi Outlander Sport

Spesifikasi Mobil Mitsubishi Outlander Sport

1. Eksterior

Selain irit BBM, tampilan eksterior Mitsubishi Outlander Sport juga tampak sporty dan dinamis. Mobil produksi Jepang tersebut memiliki desain hidung jetfighter ala Mitsubishi Lancer EVO. Terdapat tarikan garis lurus di bagian kap mobil yang sudah terintegrasi dengan grill depan.

Karena memiliki desain yang compact, Outlander Sport bisa digunakan dengan mudah dan praktis dalam menjelajahi medan perkotaan. Selain itu, mobil ini juga memiliki headlamp sepasang disertai Super Wide HID yang bisa memberikan penerangan jalan yang baik pada malam hari.

Sementara itu, pada sisi samping tampak desain sporty mulai dari bagian atap yang kian rendah ke belakang. Outlander Sport juga tampak gagah dengan lekukan tajam di pintu samping, serta penggunaan velg 17 inchi dibalut ban berukuran 215/60 R17. Untuk menambah kesan macho, Outlander Sport versi facelift menggunakan model velg 5 palang ganda.

2. Interior

Di bagian interior, Outlander Sport tampak mewah dengan nuansa sporty. Hal itu didukung oleh penggunaan material berkualitas tinggi pada jok, bahan dashboard, hingga tampilan informasi di pengemudi atau di fitur hiburan. Sementara, di bagian tengah terdapat Head Unit touchscreen berukuran 7 inci. Fitur tersebut dapat mendukung USB port, konektivitas Bluetooth, dan wireless sebagai fitur multimedia.

Kemudian, steering wheel menggunakan model 3-spoke yang digunakan pada Pajero Sport dan dibekali Audio Control dan paddle shifter. Untuk tipe Mitsubishi Outlander Sport PX, terdapat panoramic roof yang dapat menambah kesan mewah interior.

Outlander Sport juga tergolong nyaman untuk digunakan bepergian jauh. Di bagian jok belakang, misalnya, terdapat ruang yang cukup lega. Sementara, di baris kedua, ruang kaki dan kepala memang relatif sempit karena kursi yang tegak.

Sementara, pada tipe PX, jok Outlander Sport sudah dibalut dengan kulit berwarna hitam. Begitu pula dengan steering wheel dan tuas transmisi.

Baca juga: Bengkel Mobil Mitsubishi, Pilih Bengkel Resmi atau Umum?

3. Performa mesin

Mitsubishi Outlander Sport dibekali mesin 2.0L 4B11 MIVEC DOHC dengan konfigurasi 4 silinder segaris 16 katup yang bertenaga. Tenaga yang dihasilkan mencapai 148 PS pada putaran mesin 6000 rpm, torsi maksimum 197 Nm pada putaran mesin 4200 rpm. Kemudian, tenaga disalurkan ke roda depan lewat transmisi manual 5-percepatan dan CVT INVECS III with Sports Mode.

Walaupun transmisi otomatis menggunakan CVT, transmisinya tetap terasa responsif saat kickdown, apalagi kalau memanfaatkan paddle shift. Untuk mesin 2000 cc, konsumsi BBM Mitsubishi Outlander Sport memang tergolong irit dan bisa menempuh jarak 15 km untuk 1 liter untuk perjalanan luar kota.

Selain itu, handling Mitsubishi Outlander Sport juga cukup baik untuk sebuah crossover walaupun gejala body roll masih terasa saat menikung. Akan tetapi, hal itu masih bisa dimaklumi karena ground clearance-nya yang tinggi masih cukup untuk bermanuver. Suspensi yang digunakan pun tergolong empuk, alhasil bantingannya terasa nyaman dan bisa meredam guncangan saat melibas jalanan rusak dan berlubang.

Baca juga: Harga Otoklix Paket Servis Tune Up Mobil Besar Terbaru

Konsumsi BBM Outlander Sport memang terbilang irit. Namun, jangan lupa untuk selalu memastikan mobil dalam kondisi prima. Agar performa mobil tetap terjaga, OtoFriends bisa melakukan perawatan mobil secara rutin di bengkel terdekat melalui aplikasi Otoklix. Lakukan booking secara online, lalu datang ke bengkel sesuai jadwal. Dapatkan berbagai penawaran menarik lainnya!

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Konsumsi BBM Outlander Sport

Konsumsi Outlander Sport sekitar 16,6 km/liter untuk model 2WD (model JC08).Sementara, untuk model 2WD dan 4WD M mampu mencapai standar efisiensi bahan bakar 10 persen lebih tinggi. Mitsubishi telah melakukan perbaikan secara khusus pada bagian CVT. Hal itu dilakukan dengan cara memperluas rasio gigi. Sehingga, Outlander Sport bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga 5 persen.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memutuskan untuk memberhentikan produksi Outlander Sport pada awal 2021 lalu, tepatnya di bulan Februari. Sebab, selama enam tahun terakhir, mobil tersebut hanya mampu terjual kurang dari 1.000 unit.

Outlander Sport tidak produksi lagi karena sepi peminat. Seperti diketahui, mobil SUV ini hadir di Indonesia pada tahun 2012, sementara penjualan terakhirnya dilakukan pada tahun 2020.