Penggunaan mobil dalam jangka waktu tertentu perlu penggantian suku cadang guna menjaga kondisi setiap bagian kendaraan tetap awet dan sehat. Sebab, komponen yang ada di mobil memiliki usia pakai. 

Oleh karena itu, mobil memerlukan perawatan berkala guna mengecek setiap komponen masih berfungsi dengan baik atau perlu diganti. Jangan sampai mobil mengalami kendala dulu baru ke bengkel. 

Jika ingin mengganti suku cadang mobil, OtoFriends bisa membelinya di toko onderdil mobil terdekat. Namun sebelum membeli, pahami dulu tips memilih toko onderdil mobil supaya suku cadang yang didapatkan bukan barang palsu. 

Baca Juga: Surga Onderdil, Bengkel Sparepart Mobil Jakarta Sekitarnya

Tips Memilih Toko Onderdil Mobil

1. Cari Referensi 

Sebelum berangkat untuk mencari toko onderdil mobil, ada baiknya OtoFriends mencari referensi dahulu dari berbagai sumber, baik melalui internet, forum otomotif atau rekomendasi kerabat. Pastikan toko onderdil mobil yang disambangi menjual suku cadang mobil yang bagus dan sesuai dengan harga pasaran. 

2. Datangi Beberapa Toko

Setelah mencari beberapa referensi, OtoFriends juga perlu mendatangi beberapa toko. Hal ini sebagai perbandingan harga yang ditawarkan masing-masing toko. 

3. Pastikan Suku Cadang Asli

Sebelum memutuskan untuk membeli suku cadang mobil yang dibutuhkan, pastikan barang ditawarkan oleh toko tersebut asli alias original atau genuine part. Meski banyak suku cadang palsu yang dijual di toko onderdil mobil, menggunakan barang asli tentu lebih baik untuk menjaga kesehatan komponen kendaraan. 

Sebagai referensi, berikut rekomendasi toko onderdil mobil terdekat di Jakarta. 

Rekomendasi Toko Mobil Onderdil Terdekat

1. Pusat Onderdil Atrium Senen

Di toko onderdil mobil satu ini OtoFriends tak akan merasa kesulitan untuk cari parkiran karena tempatnya yang ada di atas area parkir gedung atau di rooftop. Selain itu, pusat onderdil mobil Atrium Senen juga cukup nyaman karena berada di ruangan ber-AC dan tempatnya bersih.

Variasi suku cadang dan aksesoris mobil di sini lengkap. Hampir semua merek dan jenis suku cadang tersedia di pusat onderdil mobil Atrium Senen.

Bila berminat ke toko onderdil Atrium Senen, berikut alamat lengkapnya, Parkiran Atrium Senen, Jalan Senen Raya, Jakarta Pusat.

2. Mega Glodok Kemayoran (MGK) Kemayoran 

Rekomendasi lain toko onderdil mobil yang juga masih berada di Jakarta adalah bursa onderdil Mega Glodok Kemayoran (MGK). Seperti namanya, tempat ini terletak di Kemayoran, Jakarta Pusat.

MGK kerap menjadi tujuan bagi setiap pemilik kendaraan karena tempat ini dianggap sebagai toko sparepart mobil Jakarta yang paling lengkap dan murah. Selain menjual suku cadang, MGK ini kerap dijadikan tempat acara bagi komunitas mobil dan penggila modifikasi.

3. Pusat Onderdil Basement Blok M Mall

Selanjutnya, ada toko onderdil mobil yang terletak di wilayah Jakarta Selatan. Saat ingin berkunjung ke Blok M Mall dan parkir di area basement, OtoFriends akan menemukan banyak toko yang menjual berbagai suku cadang mobil. 

Harga yang ditawarkan juga tergolong terjangkau karena masih bisa ditawar baik untuk barang dan jasa. Kawasan onderdil yang ada di Blok M Mall basement ini buka hampir setiap hari dengan jam operasional 10.00 WIB sampai 19.00 WIB.

Baca Juga: Rekomendasi Bengkel Mobil Terdekat, dan Jenis Servisnya

4. Pasar Otomotif Duren Sawit

Beralih ke wilayah Jakarta Timur, ada Pasar Otomotif Duren Sawit yang juga menjual banyak suku cadang mobil. Menariknya, Pasar Otomotif Duren Sawit juga terdapat beberapa bengkel yang menawarkan jasa servis, perbaikan, dan pemasangan suku cadang yang baru dibeli.

5. Pasar Onderdil Cipete

Pasar Onderdil Cipete Fatmawati atau biasa disebut Pasar Kolong juga menyediakan berbagai suku cadang mobil. Bahkan, di sini juga masih menyediakan onderdil untuk mobil tua beberapa merek yang sudah tidak ada APM-nya.

Selain itu, di Pasar Kolong juga menyediakan jasa pasang setelah OtoFriends sudah membeli suku cadangnya. Untuk biaya, Pasar Kolong tergolong memiliki harga terjangkau  karena OtoFriends bisa menawar dengan penjualnya. 

6. Pusat Onderdil Asem Reges

Terakhir, ada Pusat Onderdil Asem Reges yang berlokasi di Taman Sari, Jakarta Barat. Toko onderdil satu ini sudah terkenal sejak era 1980-an sebagai sentra penjualan suku cadang dan aksesoris mobil maupun motor. 

Namun, tak sedikit onderdil yang ditawarkan di lokasi ini merupakan barang bekas pakai. Oleh karena itu, OtoFriends harus berhati-hati saat memilih berbagai suku cadang di lokasi ini.

Supaya suku cadang terpasang dengan baik, jangan lupa untuk melakukan pemasangan di bengkel terpercaya. Gunakan fitur booking online dan temukan bengkel terdekat melalui aplikasi OtoKlix.