Mengingat oli sangat penting bagi mobil, maka dari itu kamu perlu mencari oli di toko yang tepercaya. Saat ini banyak oli oplosan atau oli palsu yang dijual murah. Maka dari itu, kamu perlu berhati-hati ketika memilih toko oli mobil.

Ini dia 5 rekomendasi toko oli terbaik dan bagaimana tips memilih toko oli terdekat dan terbaik.

Rekomendasi Toko Oli Mobil

1. Butik Oli Mobil

Tempat ganti oli yang recommended pertama adalah Butik Oli Mobil. Toko ini berlokasi di Jakarta Utara. Fasilitas di toko ini sangat lengkap, seperti free Wi-Fi, ruang tunggu yang bersih dan ber-AC, ada TV kabel, charger HP, sofa, sampai dengan camilan makan dan minuman yang gratis. Pengunjung ditawari air putih, teh, kopi, bahkan sampai cendol. Toko ini mendapat ratusan ulasan di Google. Butik Oli Mobil buka jam 8 pagi dan tutup jam 5 sore. 

Alamat: Jalan Boulevard Artha Gading Blok A7A No.1, RT.18/RW.8, Kelapa Gading Barat, Kecamatan Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

2. Bright Olimart

Siapa yang tidak kenal dengan Bright Olimart? Outlet oli ini bisa kita temui di SPBU-SPBU Pertamina. Selain memiliki berbagai macam pelumas, Bright Olimart juga menjual suku cadang kendaraan, aki, ban, angin nitrogen, dan aksesoris kendaraan seperti pengharum mobil, shampo mobil. Selain itu juga dapat menangani jasa servis ringan mobil.

Bright Olimart memiliki ruang tunggu yang nyaman dan terstandarisasi, terdapat free Wi-Fi, camilan, minuman ringan, majalah, charger HP, dan TV. Jadi kamu bisa menunggu dengan nyaman saat sedang melakukan ganti oli.

Bright Olimart memiliki tiga tipe outlet, yaitu reguler, modular, dan enduro express.

Alamat: Jalan Abdul Muis No.68, RT.4/RW.3, Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10160

3. Merdeka Motor Olimart

Salah satu toko oli yang direkomendasikan di daerah Jakarta Barat adalah Merdeka Motor Olimart. Pelayanan di tempat ganti oli ini sangat memuaskan dengan ruang tunggu yang nyaman. AC-nya dingin dan tersedia minuman ringan. Kamu bisa menemukan oli yang lengkap di sini. 

Pelayanan lain di bengkel ini adalah tune up, ganti oli, dan servis rutin. Yang tidak kalah penting, mekaniknya berpengalaman dan harga terjangkau. Setelah mobil diservis bisa langsung cuci mobil hidrolik.

Alamat: Jalan Kemanggisan Utama Raya No.16, RT.7/RW.8, Kemanggisan, Kec. Palmerah, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11480

4. OLIEKU Supermarket Oli

Bengkel oli ini adalah salah satu yang direkomendasikan karena oli yang dijual lengkap dan harganya terjangkau. Selain itu, kamu bisa berdiskusi dengan staf maupun pemilik bengkel yang ramah. Lokasi Olieku Supermarket Oli berada di Kembangan, Jakarta Barat.

Alamat: Jalan Meruya Ilir Raya No 20A Kebon Jeruk, RT.11/RW.6, Meruya Utara, Kecamatan Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11620

5. Waroeng Oli

Untuk kamu yang menjadi toko oli sekitar Jakarta Pusat, Waroeng Oli bisa menjadi pilihan. Toko ini buka pukul 9 pagi sampai dengan 5 sore. Pemilik bengkel ini ramah dan komunikatif. Kamu juga bisa melakukan negosiasi harga dan berdiskusi tentang permasalahan oli dengan pemiliknya.

Alamat: Pasar Mobil Kemayoran Blok C No. 1, Jalan Industri Raya, RW.10, Kemayoran, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10620

Tips Memilih Toko Oli

Biasanya banyak ditemukan oli murah dengan harga yang tidak masuk akal dijual di toko online. Kita jadi bertanya-tanya, apakah oli yang dijual asli atau palsu? Maka dari itu, selain toko-toko yang direkomendasikan di atas, ini dia tips memilih toko oli mobil agar kamu tidak salah memilih toko. 

1. Memiliki reputasi baik

Bengkel dengan reputasi baik dan direkomendasikan oleh banyak orang biasanya sudah terbukti menjual oli yang asli dan memberikan pelayanan yang prima. Maka dari itu, tidak heran bengkelnya selalu ramai pelanggan. Kamu juga bisa menggali informasi dari rekomendasi teman, kerabat, keluarga, dan sebagainya.

2. Kualitas oli yang dijual

Banyak jenis dan merek oli yang bisa kamu pilih. Berbagai jenis dan merk itu pasti memiliki kualitas yang berbeda dengan harga yang berbeda pula. Untuk menguji kualitas oli, kamu bisa mencoba menggunakan oli selama satu bulan. Jika memang mobil terasa nyaman dikendarai setelah ganti oli di toko oli tersebut, berarti oli yang dijual adalah asli.

3. Harga terjangkau

Sebelum mendatangi toko oli terdekat, sebaiknya kamu mengetahui kisaran harga oli di pasaran. Harga yang dijual di toko sebaiknya tidak terlalu tinggi atau terlalu murah.

4. Lokasi terdekat

Jarak adalah salah satu hal yang penting untuk mencari tempat ganti oli. Oleh karena itu, temukanlah toko oli yang jaraknya dekat dengan lokasimu, misal dekat dengan tempat tinggal.

5. Waktu operasional panjang

Bengkel ganti oli lebih baik memiliki waktu operasional yang panjang, bahkan ada pula bengkel oli yang buka 24 jam.

6. Pelayanan yang ramah

Mendatangi toko oli dengan pelayanan staf dan pemilik yang ramah tentunya sangat menyenangkan. Tidak hanya membeli oli, kamu juga bisa melakukan diskusi seputar masalah oli. Jika sudah cocok dengan pelayanannya, sebaiknya kamu meminta kontak seperti nomor WA atau nomor telepon, jadi kamu bisa menanyakan stoknya terlebih dahulu untuk penggantian berikutnya.

7. Memiliki ruang tunggu yang nyaman

Mengganti oli memang tidak lama, tetapi menjadi tidak nyaman apabila toko oli tidak memiliki ruang tunggu yang nyaman. Saat ini telah banyak outlet oli dengan ruang tunggu ber-AC, memiliki fasilitas Wifi, TV kabel, dan juga menyediakan makanan dan minuman ringan.

Tanda Mobil Perlu Ganti Oli

1. Lampu indikator oli menyala

Segera menepi dan cek oli dengan dipstick apabila lampu indikator oli menyala

2. Mesin terdengar kasar ketika dinyalakan

Cek oli apabila mesin terdengar kasar saat dinyalakan atau saat sedang berkendara.

3. Oli mesin mobil berwarna hitam

Oli mesin yang menghitam menjadi tanda bahwa mobil telah digunakan melebihi jarak tempuh yang ditentukan.

4. Mesin tidak responsif

Mesin tidak responsif bisa disebabkan oleh mesin mobil yang terlalu panas. Segera cek oli mesin apabila keadaan ini terjadi.

5. Asap mobil berubah warna

Asap mobil yang berubah warna menjadi asap putih pekat adalah tanda ada oli yang masuk ke ruang pembakaran.

Biaya Ganti Oli

Rata-rata harga biaya penggantian oli berkisar Rp50 ribu – Rp750 ribuan tergantung dengan jenis mobil, jenis oli dan lokasi bengkel yang dituju.

Keuntungan Ganti Oli di Toko Oli

1. Pencegahan Kerusakan Komponen Lain

Jika terjadi kerusakan, mekanik dapat memprediksi penanganan yang tepat agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

2. Bengkel Menyediakan Garansi

Semua mitra toko oli atau bengkel Otoklix telah menyediakan garansi terhadap setiap perbaikan mobil, termasuk dengan layanan penggantian oli.

Itu tadi informasi seputar toko oli yang direkomendasikan di Jakarta serta tips memilih toko oli.

Selain mendatangkan langsung toko-toko oli yang direkomendasikan tadi, sebenarnya kamu bisa booking jadwal ganti oli terlebih dahulu melalui Otoklix, lho!
Caranya mudah, cukup daftar akun di Otoklix.com dan pilih menu Oli. Selanjutnya, kamu akan direkomendasikan bengkel terdekat. Yang pasti, oli di bengkel mitra Otoklix dijamin orisinal dengan harga yang kompetitif pula!