Chasis atau sasis merupakan istilah penyebutan untuk rangka pada mobil sebagai penunjang komponen-komponen mobil lainnya. Bila keropos, maka OtoFriends harus segera membawanya ke bengkel las mobil terdekat.

Sasis terbuat dari plat besi yang bisa karat dalam jangka waktu panjang bila tidak dirawat dan diperbaiki saat sudah berkarat. Karat ini yang membuat keropos body mobil. 

Apalagi sasis yang berada di bagian bawah mobil. Sebab, letaknya yang berada di bawah sering kali membuat sasis terkena air hujan dan genangan sehingga mempercepat terjadinya karat sampai keropos.

Bagian yang berkarat ini harus segera dipotong agar tidak menularkan penyakit karatnya pada plat besi lainnya. Berikut ini Otoklix rangkum daftar bengkel las mobil di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Baca juga: 7 Daftar Bengkel Restorasi Mobil Beserta Harganya

Daftar Bengkel Las Mobil Jabodetabek

Daftar bengkel las mobil di Jabodetabek beserta dengan alamat dan nomor kontaknya yang bisa dihubungi.

1. Bengkel K.Speed Motorsport

Alamat : WTC Mangga 2 Bursa Bengkel Blok D5 No. 10-12, Pademangan,

Jakarta Utara

Nomor telepon : 082261992525

Layanan : Body repair, servis rem, tune up, ganti oli mobil, dan inspeksi 42 titik

2. Bengkel Creation Auto Works

Alamat : Jalan Cikunir Raya No. 101, Jakamulya, Bekasi Selatan, Kota

Bekasi

Layanan : Body repair dan cuci express

3. Bengkel Tons 2000

Alamat : Jalan Raya Taman Cimanggu No.3, Tanah Sereal, Kota Bogor

Layanan : Body repair, ganti ban, ganti oli, ganti aki, tune up, servis kaki-kaki,

service AC, servis rem, servis kelistrikan, detailing, coating, service

mesin, dan home service

4. Bengkel Golden Car Care

Alamat : Jalan Raya Bogor Km.42, Cibinong, Kabupaten Bogor

Layanan : Body repair, detailing, coating, cuci hidrolik

5. Bengkel Prima Motor

Alamat : Jalan Pinang Raya No.2, RT.2/RW.2, Pondok Labu, Kecamatan

Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

12450

Nomor telepon : 081315656210

Layanan : Body repair, tune up, ganti oli, perbaikan radiator, servis AC, dinamo,

inspeksi 42 titik

6. Bengkel Garasi Cnp Service Part Body Works

Alamat : Jalan Cikunir Raya No. 4, Jakamulya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi

Layanan : Body repair, servis mesin, servis kelistrikan, servis kaki-kaki, tune up,

ganti oli

7. Bengkel Mirza Auto Care

Alamat : Jalan Raya Siliwangi No. 10, Sepanjang, Rawalumbu, Kota Bekasi

Nomor telepon : 

Layanan : Body repair, servis mesin, spooring & balancing, tune up, ganti oli

mobil

Estimasi Biaya Las Mobil

Sekalipun sasis atau plat besi pada body mobil yang berkarat tidak mempengaruhi performa mesin mobil, tetapi hadirnya karat dan keropos ini bisa mengurangi nilai tampilan mobil.

Apalagi sasis bagian bawah mobil yang sering terkena genangan air. Biasanya, untuk memperbaiki bagian mobil yang karat dan keropos, OtoMechanic harus memotong bagian tersebut dulu lalu menambalnya dengan plat besi yang baru.

Biaya las mobil sebenarnya tidak terlalu mahal. Namun, bila banyak bagian mobil yang berkarat, lecet, sampai keropos, tentu biaya las mobil jadi selangit.

Untuk setiap 10 centimeter kerusakan pada sasis mobil yang karat saja dibebankan biaya sebesar Rp150 ribu sampai Rp200 ribu, dengan tingkat kerusakan yang standar. Beda lagi bila sasis mobil keropos, maka minimal biaya yang diperlukan minimal Rp250 ribu.

Karenanya, kita harus melapisi plat besi tersebut dengan plingkut atau cat anti karat atau cat hammertone. 

Untuk hasil cat yang lebih maksimal, kita bisa menghaluskan bekas las dengan gerinda agar tidak terlalu nampak terlihat. Terakhir, tutup bagian itu dengan mengamplas sampai bersih dan menempel.

Baca juga: 8 Cara Memperbaiki Bodi Mobil Penyok

Mengapa Body Mobil bisa Karat dan Keropos?

Penyebab utama body mobil, terutama sasis mobil bisa karat hingga keropos adalah pertama disebabkan karena usia mobil, korosi, tidak menggunakan cat anti karat, dan sering membawa beban berat.

Usia mobil

Walaupun kita rutin menservis dan mencuci mobil, tetapi tidak mengurangi usia pemakaian sasis mobil. Sudah seberapa lama kita menggunakan mobil tersebut maka selama itulah usia sasis mobil. Untuk itu, diperlukan perawatan sasis mobil khusus untuk memperpanjang usianya.

Sering berkendara di medan berlumpur dan genangan air

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa sasis bagian bawah lebih cepat karat dan keropos akibat korosi yang disebabkan genangan air atau bahkan lumpur. 

Oleh karena itu, tak heran bila sering berkendara di atas medan berlumpur atau medan yang tergenang air membuat mobil cepat berkarat dan keropos.

Apakah mobil menggunakan cat anti karat?

Cat biasa untuk body mobil berfungsi untuk meningkatkan tampilan eksterior mobil agar tetap terlihat prima. Akan tetapi, ingat juga bahwa cat anti karat penting untuk mobil agar menjaga mobil dari karat dan korosi yang bisa menyebabkan keropos.

Kerapkali membawa beban berat

Setiap mobil memiliki daya angkut maksimalnya masing-masing. Walaupun mengetahuinya, tak jarang kita tetap acuh dan membawa mobil berkendara dengan beban angkut melebihi batas maksimal.

Beban berat yang dipikul mobil saat berkendara bisa mempengaruhi daya tahan sasis mobil. Semakin sering membawa beban berat maka semakin berkurang daya tahan sasis mobil sampai mudah berkarat dan keropos.

Bahkan, tidak dianjurkan penumpang seperti anak kecil melompat-lompat di dalam kabin mobil. Selain karena berbahaya juga menambah beban berat mobil yang berpengaruh terhadap daya tahan sasis mobil.

Kini, OtoFriends semakin paham dalam memperbaiki dan merawat mobil tidak hanya melulu membawanya ke bengkel mobil, tetapi rutin melakukan pengecekan ke bengkel body repair juga penting.