Agar mobil kinclong seperti baru, kamu bisa melakukan nano coating mobil. Selain membuat tampilan mobil jadi seperti baru, manfaat nano coating mobil yakni untuk melindungi body mobil dari goresan, debu, dan paparan sinar matahari. 

Nano coating mobil adalah salah satu jenis perawatan mobil dengan cara melapisi body mobil menggunakan cairan khusus yang ukurannya sangat kecil atau nano. 

Lapisan nano coating mobil ini terkenal lebih awet dibandingkan dengan cat mobil biasa. Hal ini karena nano coating mobil menggunakan teknologi terbaru dengan tingkat kerapatan yang tinggi.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai beberapa manfaat nano coating mobil, kelebihan dan kekurangannya, hingga biaya pemasangannya. 

Manfaat Nano Coating Mobil

Nano coating mobil merupakan lapisan yang terdiri dari partikel nano-skala yang membentuk ikatan kimia dengan permukaan mobil, menciptakan lapisan yang tahan lama dan mengkilap. Berikut adalah beberapa manfaat dari nano coating mobil:

1. Melindungi Mobil dari Goresan

Lapisan nano coating mobil memiliki tingkat kerapatan yang cukup tinggi, sehingga bisa melindungi mobil dari goresan dengan optimal. 

Selain itu, nano coating mobil juga bisa memberikan efek kilau pada cat mobil dan membuat tampilan mobil jadi lebih kinclong. 

2. Efek Daun Talas

Lapisan nano coating mobil memiliki sifat hidrofobik, di mana lapisan ini bekerja seperti daun talas yang menolak air, sehingga bagian permukaan mobil tetap kering dan mobil kinclong.

Efek daun talas ini juga bermanfaat dalam menjaga cat mobil agar tidak cepat pudar dan kusam. 

Seperti yang kita ketahui, efek air hujan yang menempel pada permukaan mobil bisa menyebabkan cat mobil memudar, mengelupas, bahkan memicu munculnya jamur. 

3. Melindungi Mobil dari Kotoran

Manfaat berikutnya dari nano coating mobil adalah melindungi mobil dari kotoran yang menempel atau self cleaning effect.

Debu dan kotoran yang menempel akan mudah dibersihkan, sehingga proses pembersihan dan pencucian mobil tidak membutuhkan waktu lama. 

4. Melindungi dari Paparan Sinar Matahari

Selain melindungi dari air dan kotoran, nano coating mobil juga bisa melindungi mobil dari paparan sinar matahari. 

Perlu diketahui jika mobil yang terus menerus terkena sinar matahari secara langsung bisa menyebabkan cat mobil memudar bahkan mengelupas. 

Biaya Nano Coating Mobil

Biaya nano coating mobil di bengkel umumnya cukup mahal. Hal ini tentunya sebanding dengan teknologi serta perlindungan yang didapat. 

Untuk mobil ukuran small, biaya coating mobil mulai dari Rp1,9 sampai Rp4,5 juta. Sedangkan untuk mobil-mobil besar dan mewah, biayanya bisa mencapai Rp 8 juta.

Biaya ini bergantung pada ukuran mobil serta jenis lapisan yang digunakan. Semakin sedikit lapisan yang digunakan, maka harganya pun semakin murah. 

Meskipun mahal, namun hal ini sebanding dengan manfaat yang didapatkan, ya. Nano coating mobil bisa bertahan selama 3-5 tahun dibandingkan waxing yang hanya bertahan selama 3-6 bulan. 

Bengkel Otoklix juga memiliki layanan nano coating mobil yakni 360 Detailing dan 360 Protection dengan harga mulai dari Rp2,9 jutaan. 

Layanan ini termasuk untuk detailing bagian eksterior dan interior, detailing mesin, nano coating, hingga ada gratis perawatan sebanyak 2 kali.

Kelebihan dan Kekurangan Nano Coating Mobil

Sebelum memasang nano coating mobil, sebaiknya kamu memahami apa saja kelebihan dan kekurangannya. Jadi, bisa menjadi pertimbangan agar sesuai dengan kebutuhan. 

Kelebihan nano coating

  • Nano coating bisa melindungi lapisan mobil dari goresan, kotoran, debu, hingga paparan sinar matahari.
  • Daya tahan nano coating mobil lebih baik dibandingkan wax atau sealant, yakni mencapai 3-5 tahun.
  • Mobil yang dipasang nano coating mobil akan lebih mudah dirawat karena mobil gampang dibersihkan, tampilannya pun jadi makin kinclong.
  • Nano coating bisa menghemat biaya jangka panjang untuk perawatan mobil. 

Kekurangan nano coating

  • Proses pengerjaan nano coating mobil cukup rumit, sehingga apabila terjadi kesalahan sedikit akan membuat hasilnya jadi jelek. 
  • Apabila mobil sering digunakan apalagi di tempat yang cuacanya cukup ekstrem, tentunya bisa membuat lapisan nano coating cepat pudar. 
  • Lapisan nano coating biasanya sulit saat akan dihapus.
  • Untuk pemasangan nano coating mobil mahal, mencapai jutaan rupiah. Hal ini karena prosesnya cukup rumit.

Adakah Efek Samping dari Nano Coating Mobil?

Meskipun ada banyak keunggulan dari nano coating mobil, namun tetap ada efek samping yang muncul. Apa saja?

1. Muncul reaksi kimia

Salah satu efek samping yakni adanya reaksi kimia yang terjadi. Sebab, beberapa produk dari nano coating ini bisa saja berinteraksi dengan lapisan cat atau bahan-bahan lain yang malah membuat permukaan mobil jadi rusak. 

Jadi, sebaiknya sebelum mengaplikasikan nano coating mobil, OtoFriends harus berkonsultasi dengan profesional. 

2. Warna terlalu mengkilap

Efek samping berikutnya adalah warna mobil jadi terlalu mengkilap dan mencolok. Kilau berlebihan ini juga dapat menyebabkan silau, terutama saat berkendara di bawah sinar matahari terang.

3. Kesalahan pemasangan

Pemasangan nano coating mobil cukup rumit. Oleh sebab itu, apabila ada salah pemasangan, maka bisa menyebabkan munculnya goresan atau baret.

Bukannya jadi bagus, tampilan mobil malah jadi tidak menarik, bahkan cat mobil bisa ikut rusak. 

Mengingat, proses pemasangan nano coating rumit dan harganya mahal, OtoFriends jangan asal memilih bengkel, ya. Pastikan memilih bengkel terpercaya dan profesional. 

Sebagai pilihan, OtoFriends bisa memilih bengkel Otoklix yang menyediakan layanan detailing termasuk pemasangan nano coating mobil. 

Tenang saja karena melakukan perawatan atau perbaikan mobil di Otoklix ada garansi selama 14 hari. Jadi, jika terjadi apa-apa, OtoFriends bisa membawanya kembali ke bengkel selama garansi masih berlaku. 

Booking servis mobil lewat Aplikasi Otoklix bisa hemat sampai 50% dibandingkan bengkel resmi. Kamu juga bisa sekaligus cek harga servis mobil sebelum ke bengkel.

Pertanyaan seputar Manfaat Nano Coating Mobil

Nano coating bisa melindungi lapisan mobil dari goresan, kotoran, debu, hingga paparan sinar matahari.

Nano coating mobil bisa bertahan selama 3-5 tahun dibandingkan waxing yang hanya bertahan selama 3-6 bulan.

Untuk mobil ukuran small, biaya coating mobil mulai dari Rp1,9 sampai Rp4,5 juta. Sedangkan untuk mobil-mobil besar dan mewah, biayanya bisa mencapai Rp 8 juta.