Tekanan ban mobil kerap diabaikan bagi para pemilik kendaraan. Padahal, tekanan ban mobil perlu dijaga agar tetap ideal. Lantaran, ada pengaruhnya terkait kenyamanan dan bahkan terhadap keselamatan selama berkendara.

Ban yang tekanan anginnya kurang dari level idealnya, bisa memicu kerusakan pelek mobil, memperlambat respon pengereman, bahkan berisiko membuat ban lebih mudah pecah saat dikendarai. Sedangkan, ban dengan tekanan angin yang berlebih, bisa mempercepat keausan ban, sehingga mengurangi daya cengkram. Alhasil, bisa sangat berbahaya, bila kendaraan dibawa melaju kencang, bisa menyebabkan kecelakaan. 

Nah, untuk itu penting untuk mengetahui tekanan ban mobil yang ideal. Pada artikel kali ini, OtoCrew akan membahas tekanan ban mobil ring 15 saja.

Berikut uraian selengkapnya:

Tekanan Ban Mobil Ring 15 yang Ideal

Tekanan ban mobil ring 15 berbeda-beda tergantung jenis mobilnya. Beberapa mobil yang menggunakan ban ukuran ring 15 di antaranya Nissan Grand Livina,  Toyota Avanza Veloz, Honda Mobilio, Honda Freed, Nissan March, Mitsubishi Xpander, Mitsubishi Mirage, dan Chevrolet Spin.

Ukuran tekanan ban pada Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Chevrolet Spin idealnya berkisar antara 31-35 psi. Sedangkan, pada mobil jenis hatchback seperti Toyota Yaris atau Honda Jazz, tekanan angin yang ideal antara 28-33 psi.

Ukuran tekanan ban mobil itu juga bisa berbeda-beda tergantung ukuran bannya. Selain itu, berbeda pula antara ban depan dan belakangnya. Berikut daftar lengkap ukuran tekanan ban mobil ring 15 yang ideal:

Ukuran BanTekanan Angin Ban DepanTekanan Angin Ban Belakang
175/55 R1530-32 psi30-32 psi
175/60 R1530-32 psi30-32 psi
175/65 R1530-32 psi30-32 psi
185/55 R1530-33 psi30-33 psi
185/60 R1530-33 psi30-33 psi
185/65 R1530-33 psi30-33 psi
195/50 R1530-33 psi32-35 psi
195/55 R1530-33 psi32-35 psi
195/60 R1530-33 psi33-36 psi
195/65 R1530-33 psi33-36 psi
235/70 R1530-33 psi33-36 psi

Baca juga: Catat! Segini Ukuran Angin Ban Mobil yang Ideal dan Aman

Cara Mengecek Tekanan Ban Mobil

Kendati sudah mengetahui ukuran ideal tekanan ban mobil ring 15, akan tetapi OtoFriends juga harus bisa mengecek sendiri tekanan mobil masing-masing. Hal ini penting, untuk memastikan tekanan ban mobil OtoFriends sudah ideal, kurang atau malah berlebih. Berikut cara mengukurnya:

  1. Menggunakan Indra Penglihatan

Upaya pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan indra penglihatan masing-masing. Begini langkah-langkahnya:

  • Perhatikanlah bentuk ban mobil masing-masing. Bila tampak kembung, artinya tekanan ban mobil kamu lebih dari batas idealnya. Sebaliknya, bila tampak kempes, artinya kurang angin dan perlu ditambah. 
  • Jika masih kurang yakin, coba pukul ban mobil dengan kaki, palu, atau kayu balok. Bila ban berbunyi sangat keras dan memantulkan pukulan, maka tekanan ban lebih dari batas idealnya. Sebaliknya, bila saat dipukul ban berbunyi lirih dan tidak menimbulkan pantulan, artinya kurang angin.

Baca juga: Tekanan Angin Ban Mobil yang Ideal, Waspada Bahaya Salah Ukuran

  1. Menggunakan Alat Pengukur Tekanan Ban Mobil

Upaya selanjutnya lebih akurat lagi karena memakai alat khusus pengukur tekanan ban. Ada yang berbentuk analog, ada juga yang digital. Perbedaan antara kedua alat tersebut adalah pada alat pengukur tekanan ban digital terdapat fitur tambahan yaitu perhitungan angka numerik, jadi hasilnya lebih detail saja hingga titik koma.

Begini cara mengukur tekanan ban mobil dengan alat pengukur baik analog maupun digital:

  • Buka tutup pentil ban
  • Arahkan ujung alat ke ujung pentil ban mobil
  • Pastikan keduanya terpasang dengan tepat dan kuat, agar angin dalam ban tidak bocor
  • Alat pengukur tekanan ban mobil secara otomatis akan mengeluarkan ukuran tekanan ban mobil OtoFriends

Bila hasilnya tekanan ban mobil lebih dari ukuran idealnya, maka kurangi angin dalam ban tersebut sampai mencapai level ideal. Sebaliknya, bila kurang, segera tambahkan angin ke dalam ban mobil.

OtoCrew merekomendasikan untuk dilakukan pengukuran saat ban mobil dalam keadaan dingin. Lantaran, ukuran ban biasanya kurang akurat saat dalam keadaan panas. Namun, bila terpaksa melakukan pengukuran dalam keadaan panas, maka OtoFriends bisa menambahkan angin pada ban sebanyak 1 psi.

Nah, itu tadi penjelasan seputar ukuran tekanan ban mobil ring 15 yang ideal beserta cara mengeceknya. Jangan lupa, lakukan pengecekan rutin minimal sekali dalam sebulan, demi menjaga performa ban. Sebab, biasanya bakal terjadi penurunan tekanan angin pada ban dalam waktu sebulan. Bila belum yakin dengan hasil pemeriksaan ukuran angin sendiri, kamu bisa kunjungi ban bengkel terdekat. Kamu bisa menemukan bengkel terdekat lewat aplikasi Otoklix

Selain mempermudah pencarian lokasi bengkel, melalui aplikasi tersebut kamu juga bisa melakukan booking service dengan mudah tanpa perlu mengantri lagi di bengkel. Bahkan, kamu bisa melihat harga service dan ban yang kamu butuhkan.