Tekanan angin ban mobil Avanza perlu diperhatikan, apalagi jika mobil akan digunakan perjalanan jauh atau biasa digunakan setiap hari. Pasalnya, tekanan angin ban mobil yang kurang atau berlebih bisa berbahaya bagi keselamatan penumpang. 

Tekanan angin ban mobil Avanza bisa berbeda, tergantung bobot kendaraan dan ukuran ban yang digunakan. Simak di bawah ini ya.

Tekanan Angin Ban Mobil Avanza Semua Tipe

Tekanan angin ban mobil Avanza adalah 33 Psi untuk ban depan dan 36 Psi untuk ban belakang. Tetapi untuk ring 14, tekanan yang disarankan adalah 31 Psi untuk ban depan dan 35 Psi untuk ban belakang.

Akan tetapi, sebelum mengisi angin, ketahui dulu berapa tekanan angin ban mobil Avanza berdasarkan ukuran ban mobil. Sebab, mobil Avanza menggunakan ukuran ban yang berbeda. Misalnya tipe E dan G menggunakan ukuran ring 14, sedangkan tipe S dan Avanza Velon menggunakan ban mobil ring 15. 

Tekanan Ban Mobil Avanza Ring 14

Seperti yang sudah dibahas di atas, tekanan ban mobil Avanza ring 14 adalah 31 Psi (2.1 bar) untuk ban depan dan 35 Psi (2.4 bar) untuk ban belakang. Tetapi tekanan ini bisa ditambah apabila mobil mengangkut bobot yang berat, misalnya 5-7 penumpang atau membawa barang berat. Tekanannya bisa ditambah menjadi 34 Psi (2.3 bar) untuk ban depan dan 38 Psi (2.6 bar) untuk ban belakang.

Tekanan Ban Mobil Avanza Ring 15

Tipe S dan Veloz adalah tipe mobil Avanza yang menggunakan ban dengan ukuran ring 15. Ketika mobil hanya dinaiki 1,2 penumpang saja, maka bisa menggunakan ukuran tekanan ban standar yaitu 33 Psi (2.3 bar) pada ban depan dan 36 Psi (2.5 bar) pada ban belakang.

Akan tetapi, ketika dinaiki full penumpang dan ada barang bawaan lain, maka tekanan anginnya bisa ditingkatkan menjadi 34 Psi (2.3 bar) untuk ban depan dan 38 Psi (2.6 bar) untuk ban belakang. Ukuran ini juga dipakai ketika perjalanan jauh, misalnya ke luar kota dan harus melalui jalan tol.

Sebagai tambahan informasi, ini dia ukuran ban yang bisa digunakan pada mobil-mobil Avanza.

Avanza tipe E dan Tipe GAvanza tipe S dan Avanza Veloz
185/70 R14185/65 R15
195/70 R14195/60 R15
 195/65 R15
 205/60 R15
 205/65 R15

Cara Mengetahui Tekanan Angin Ban Avanza

Cara mengetahui tekanan angin ban Avanza yang ideal bisa melihat pada stiker yang ditempel pada pilar pintu pengemudi. Maka akan terlihat berapa tekanan standar ban mobil menurut ukuran ban yang digunakan.

Selain itu, ukuran tekanan angin ban yang ideal juga bisa dilihat di buku manual kendaraan ketika membeli mobil baru. Informasi tersebut biasanya ada di bab tentang ban dan spesifikasinya.

Selain menggunakan kedua cara di atas, kamu juga bisa membeli alat pengukur tekanan ban. Alat ini bisa didapat dari marketplace online, bisa juga ke toko yang menjual alat perkakas. Alat ini ada yang berupa analog, ada juga yang digital.

Pada alat yang masih menggunakan sistem analog, kamu bisa membaca jarum pada lingkaran yang berisi angka-angka. Sedangkan pada alat digital bisa dilihat langsung, bahkan angka yang ditunjukkan bisa akurat sampai di belakang koma.

Cara menggunakan alat pengukur tekanan angin

Cara menggunakan alat untuk mengukur tekanan angin juga mudah. 

1. Buka tutup pentil

2. Tusukkan alat ke pentil ban

3. Jika hasilnya berlebih, kurangi dengan cara mengempiskan ban sampai dengan ukuran ideal. Jika hasilnya kurang, maka bisa isi angin di tempat pengisian dengan pengisian yang akurat dan terpercaya.

4. Tutup pentil ban sebelum berkendara.

Bahaya Apabila Tekanan Angin Tidak Sesuai

Tekanan angin pada ban mobil yang tidak ideal bisa membahayakan penumpang. Tekanan angin sebaiknya tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah karena keduanya sama-sama berbahaya saat berkendara.

Bahaya apabila tekanan angin pada ban terlalu rendah adalah sebagai berikut:

  • Sistem pengereman tidak optimal,
  • Boros BBM,
  • Mudah terjadi aquaplaning sehingga mobil bisa slip,
  • Understeering atau oversteering,
  • Sulit parkir karena mobil sulit dikendalikan,
  • Ban menjadi cepat aus, bahkan keausannya bisa tidak merata.

Selain itu, tekanan ban yang terlalu tinggi juga bisa berbahaya bagi mobil. Salah satunya adalah mobil menjadi sulit dikendalikan. Meskipun begitu, banyak pengendara yang merasa lebih mudah melewati tikungan dengan ban mobil bertekanan tingi. Namun, risikonya juga adalah ban mobil menjadi lebih mudah slip. Berikut ini bahaya ban mobil menggunakan tekanan berlebih.

  • Pengendalian menjadi buruk karena ban yang berkontak dengan jalan lebih kecil,
  • Berkendara menjadi kurang nyaman,
  • Ban menimbulkan suara berisik,
  • Sistem suspensi mobil mengalami keausan ekstra,
  • Bagian tengah ban mobil menjadi cepat aus karena ban menggelembung,
  • Ban bisa meledak,
  • Lebih mudah mengalami kerusakan ketika menghantam trotoar atau lubang dengan keras.

Menggunakan Tekanan yang Berbeda untuk Setiap Ban

Bolehkah menggunakan tekanan yang berbeda untuk keempat ban? Misalnya, menggunakan tekanan 34 Psi untuk ban depan kanan, 30 Psi untuk ban depan kiri, ban belakang diberi tekanan 37 Psi dan 28 Psi.

Sebaiknya hal ini tidak dilakukan karena dapat mengganggu kestabilan ban. Perbedaan tekanan angin pada keempat ban yang cukup jauh itu bisa membuat laju kendaraan tidak stabil. Apalagi ketika kendaraan melaju di kecepatan tinggi.

Sedangkan ketika berkendara di kecepatan rendah, mobil menjadi sulit dikendalikan. Akan tetapi, jika perbedaannya hanya sekitar 1-2 Psi saja, tidak menjadi masalah besar. Jadi, sebaiknya lakukan pengecekan tekanan angin ban secara berkala. Disarankan untuk melakukan pengecekan setiap seminggu sekali.

Cek tekanan angin ban mobil Avanza, balancing, dan spooring bisa dilakukan di bengkel ban terdekat. Kamu bisa mengaksesnya melalui aplikasi Otoklix. Otoklix akan mencarikan bengkel terdekat dan kamu juga bisa langsung melihat harganya sesuai jenis pelayanan.

Selain itu, kamu juga bisa melihat sudah berapa banyak customer yang booking melalui aplikasi Otoklix di bengkel tersebut. Jangan khawatir, bengkel mitra Otoklix menggunakan spare part orisinal!