Dunia balap menemukan wajah baru, Jorge Martin 2023 mulai menampakkan kemampuannya setelah berhasil keluar menjadi juara di laga MotoGP awal Oktober kemarin.

Jorge Martin, pembalap Pramac Ducati merupakan pembalap pendatang baru terbaik tahun 2021 kemarin yang ikut melintas di laga MotoGP tahun 2023. 

Saat melintas di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, Martin sempat tertinggal jauh di belakang. Namun di menit-menit terakhir Martin justru keluar jadi juara dalam perlintasan yang sama.

Bahkan pembalap Ducati lainnya Francesco Bagnaia mengungkapkan kini Martin memiliki momentum baik pasca keluar menjadi juara di lintasan GP Jepang. Terlepas dari lintasan MotoGP 2023, tahukah OtoFriends Lamborghini menjadi mobil pilihan Martin?

Baca juga: Inilah Tugas Safety Car pada Ajang Balap dan Kisah Awalnya

Story Perlintasan MotoGP 2023 di Jepang

Puncak klasemen saat ini masih ditempati Bagnaia, hanya saja selisihnya dengan Martin yang bertengger di posisi kedua cukup tipis yakni 3 poin saja. 

Hal tersebut lantaran pada perlintasan di Jepang diawal Oktober 2023 Martin keluar menjadi juara kemudian disusul Bagnaia berada di posisi kedua dan Marc Marquez di posisi ketiga.

Perlintasan saat itu basah karena selama balapan hujan turun dalam volume cukup deras. Martin dan Bagnaia saling menyusul satu sama lain di menit-menit terakhir. Posisi pertama dan kedua saat itu cukup tipis diperebutkan keduanya.

Sayangnya perlintasan berakhir di lap ke-13 karena hujan deras semakin intens dan berpotensi cukup berbahaya bagi para pembalap. Sebelum balapan dihentikan, posisi pertama diduduki oleh Jorge Martin sedangkan posisi kedua Bagnaia.

Sempat direncanakan lap pemanasan akan dilakukan start ulang, akan tetapi race director memutuskan untuk menghentikan lintasan tersebut demi keamanan seluruh pembalap.

Pasalnya, kondisi medan permukaan jalan yang licin tersebut berpotensi menimbulkan kecelakaan. Umumnya pembalap yang berada di posisi pertama yang berpotensi mengalami kecelakaan saat melintasi permukaan jalan yang licin tersebut.

Walaupun sempat terjatuh saat berada di tikungan 3, 6 atau 7 akan tetapi Martin mampu mengontrol dan menguasai kendaraannya sehingga berhasil berada di posisi terdepan sebelum akhirnya pertandingan dihentikan.

Setelah mendapatkan momentum baik tersebut, Martin semakin bersemangat untuk terus berada di posisi pertama di setiap perlintasan. Perlintasan selanjutnya akan berlangsung di Sirkuit Internasional Mandalika tanggal 15 Oktober 2023.

Baca juga: Arti Downforce yang Kerap Digunakan dalam Dunia Balap

Mobil Pilihan Jorge Martin

Bukan hanya kendaraan bermotor roda 2 saja, melainkan kendaraan bermotor roda 4 yang menjadi pilihan Jorge Martin juga memiliki tenaga besar dan memang dipersiapkan menjadi mobil balap dengan berbagai penyesuaian agar bisa digunakan di jalan raya.

Martin memilih mobil Lamborghini Huracan STO generasi terbaru tahun 2021 menjadi mobil pilihannya yang dibeli seharga Rp5 miliyar saat di Italia, namun bila dijual di Indonesia di tahun yang sama bisa mencapai Rp9 mliyar sampai Rp10 miliyar.

Seperti apa kualitas mobil pilihan Martin tersebut? Tampilan luar yang cukup menonjol dan menjadi karakter mobil Lamborghini Huracan 2021 adalah kode STO yang disematkandi bagian belakang. STO sendiri merupakan singkatan dari Super Trofeo Omologato yang memiliki makna menjadi kendaraan yang dirancang sebagai mobil balap.

Meski begitu, spesifikasi Huracan STO ini justru menjadi mobil balap yang dapat digunakan pula di perlintasan jalan raya.

Bagian dapur pacunya menggunakan mesin berkapasitas 5.200 cc 10 silinder dan transmisi 7 percepatan. Tenaga maksimal yang mampu dihasilkan sebesar 632 Hp dan capaian torsi maksimal 565 Nm. Keluaran tenaga besar tersebut menyerupai Lamborghini Huracan Evo dengan torsi yang lebih rendah dari Huracan STO.

Bobot Lamborghini Huracan STO sebesar 43 kg lebih ringan dari mobil balap dan penampilan eksterior yang cukup beringas dan melesat cepat. Mobil ini mampu berkendara dengan kecepatan 100 km/jam dalam waktu 3 detik. Adapun kecepatan maksimal mobil ini bisa mencapai 310 – 325 km/jam.

Baca juga: Pengertian Ride Height dan Kegunaannya

Demikianlah informasi tentang pembalap MotoGP yang sedang naik daun saat ini, Jorge Martin, dan mobil yang menjadi pilihan Martin untuk menjadi moda transportasinya.

Gak perlu khawatir bila ingin membeli mobil balap atau mobil super car dan sport car. Sebab perawatan mobil-mobil tersebut gak jauh berbeda dengan mobil konvensional biasa seperti mobil SUV, MPV dan mobil konvensional lainnya.

Yang paling terpenting adalah rutin memanaskan mobil di pagi hari atau sebelum mobil digunakan, rutin mengganti oli mobil dan memeriksa kampas rem serta sistem pengereman secara menyeluruh.

Gak ketinggalan juga rutin membersihkan bagian eksterior mobil dan kabin mobil di salon cuci mobil agar material pembuat mobil kita terawat.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Autoclix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Pertanyaan Seputar Jorge Martin

Jorge Martin, pembalap Pramac Ducati merupakan pembalap pendatang baru terbaik tahun 2021 kemarin yang ikut melintas di laga MotoGP tahun 2023. Saat melintas di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, Martin sempat tertinggal jauh di belakang. Namun di menit-menit terakhir Martin justru keluar jadi juara dalam perlintasan yang sama.

Martin memilih mobil Lamborghini Huracan STO generasi terbaru tahun 2021 menjadi mobil pilihannya yang dibeli seharga Rp5 miliyar saat di Italia, namun bila dijual di Indonesia di tahun yang sama bisa mencapai Rp9 mliyar sampai Rp10 miliyar.

Harga Lamborghini Huracan STO 2021 saat itu dijual dengan harga Rp9 sampai Rp10 miliyar di Indonesia. Namun saat ini harga Huracan STO bekas di Jakarta mencapai Rp14,3 sampai Rp14,7 miliyar.