Seorang karyawan yang mendapatkan hak istimewa menggunakan mobil dinas untuk keperluan operasional instansi atau perusahaan, perlu mengetahui kewajibannya untuk rutin melakukan perawatan mobil dinas. Perawatan mobil dinas menjadi salah satu prosedur penggunaan kendaraan dinas.

Mobil operasional atau mobil dinas menjadi salah satu alat operasional untuk memenuhi kepentingan bisnis. Saat mobil tersebut rusak, maka roda perekonomian perusahaan akan terganggu. Oleh karena itu, penting bagi pemilik mobil dinas untuk rutin melakukan perbaikan atau perawatan mobil dinas.

Banner

Artikel ini akan membahas seputar tata cara dan tips pemeliharaan dan perawatan mobil dinas lengkap. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Arti Kode dan Aturan Plat Mobil Dinas

Fungsi mobil dinas

Mobil operasional kedinasan merupakan kendaraan khusus yang dibeli atau disewa instansi atau perusahaan dan digunakan oleh pegawai atau yang bertanggung jawab agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya. 

Oleh karena itu, tak heran bila mobil dinas menjadi salah satu aset berharga perusahaan atau instansi. Adapun fungsi mobil dinas, antara lain:

  • Sebagai kendaraan operasional yang memudahkan pegawai untuk melaksanakan tugas dan fungsinya.
  • Menjadi benefit atau bonus atau intensif bagi pegawai.
  • Perusahaan atau instansi dapat mengambil keuntungan dengan dengan menyediakan iklan berbayar pada mobil tersebut.

Baca juga: Intip Mobil Dinas DPR Toyota Crown Royal Saloon, Minat Beli?

Tata cara perawatan dan pemeliharaan mobil dinas

Mengingat mobil yang Anda gunakan merupakan mobil dinas perusahaan, ada perlakuan khusus saat akan memelihara atau memperbaiki mobil tersebut. Anda harus mencari tahu bagaimana SOP pemeliharaan kendaraan roda 4 yang berlaku di perusahaan atau instansi Anda.

Misalnya saja apakah perawatan dan pengelolaan kendaraan dinas menjadi tanggung jawab pejabat yang berwenang sehingga Anda dapat menjadwalkan servis mobil pada penanggung jawab tersebut. Ataukah pegawai dapat memperbaiki dan melakukan servis mobil secara mandiri di bengkel pilihan Anda.

Secara garis besar, SOP pemeliharaan kendaraan dinas harus berdasarkan surat jalan atau surat pengajuan permohonan pemeliharaan atau perbaikan mobil dinas. Pejabat yang berwenang akan mengevaluasi kebutuhan pemeliharaan tersebut termasuk estimasi biaya servis mobil dinas.

Kemudian surat jalan atau surat pengajuan pemeliharaan tersebut akan ditandatangani oleh pejabat yang lebih tinggi lagi.

Tak lupa Anda perlu mencatat bagian mobil mana saja yang mengalami perbaikan atau perawatan mobil dinas. Catat pula rincian biaya servis mobil untuk menunjang laporan keuangan.

Baca juga: Mobil Dinas Polri Terbaru! Dari Mitsubishi Hingga Ford Ranger

Tips merawat mobil dinas

Merawat dan memelihara mobil dinas cukup mudah. Anda hanya perlu rutin mengganti oli mobil secara berkala sesuai aturannya. Idealnya pemilik mobil wajib mengganti oli mobil setelah mobil menempuh jarak 3000-5000 mil. 

Rutin mengganti oli secara berkala dapat mencegah kerusakan pada mesin mobil dan membuat mesin tersebut lebih awet untuk digunakan.

Kemudian periksakan juga minyak pelumas pada mobil. Misalnya saja seperti cairan atau pelumas pada bagian rem mobil, power steering atau cairan transmisi. Termasuk cairan yang terdapat pada aki mobil atau baterai dan kabel. Apabila komponen tersebut tidak rutin dibersihkan maka berpotensi menimbulkan korosi.

Selain itu,Anda perlu rutin memeriksa keseimbangan ban mobil. Apakah ban mobil memiliki ketebalan dan tekanan yang ideal atau berkurang. Beberapa kasus kecelakaan disebabkan ketidakseimbangan pada bagian kaki-kaki mobil khususnya ban mobil.

Perawatan mobil dinas sederhana lainnya adalah dengan mengganti lampu mobil saat padam atau memeriksa fungsi wiper mobil supaya dapat menjaga jarak pandang aman Anda saat berkendara.

Tips menemukan bengkel mobil khusus mobil dinas

Untuk membantu mempermudah Anda menemukan bengkel terbaik agar mobil dinas dapat terawat, sebaiknya pilih bengkel yang memiliki mekanik andal dan berpengalaman. 

Lebih lanjut lagi, Anda juga perlu memastikan bahwa bengkel tersebut memiliki peralatan bengkel lengkap dan kebutuhan spare part yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan mobil Anda bila perlu mengganti spare part.

Yang terpenting, bengkel tersebut memiliki harga yang cukup kompetitif dibandingkan bengkel mobil lainnya. Salah satu bengkel terpercaya yang bisa Anda percaya adalah bengkel Otoklix

Otoklix memiliki lebih dari 200 bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia dengan harga yang kompetitif hingga 30% dari harga servis bengkel mobil resmi.

Keunggulan lainnya yakni kemudahan booking servis. Anda cukup menghubungi satu nomor saja, maka Anda dapat memperbaiki dan merawat mobil dinas Anda sesuai dengan kebutuhan.

Pertanyaan Seputar Perawatan Mobil Dinas

Mobil operasional kedinasan merupakan kendaraan khusus yang dibeli atau disewa instansi atau perusahaan dan digunakan oleh pegawai atau yang bertanggung jawab agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya.

Tata cara perawatan mobil dinas untuk instansi atau perusahaan berbeda-beda. Namun secara garis besar, biasanya untuk merawat mobil dinas Anda perlu mengajukan surat pengajuan permohonan perbaikan atau perawatan mobil dinas yang akan dievaluasi dan disetujui oleh pejabat yang bertanggung jawab akan aset perusahaan atau instansi.

Perawatan mobil dinas cukup mudah yakni rutin ganti oli mobil secara berkala, periksa kondisi aki mobil, ban mobil, sistem pengereman, hingga fungsi lampu mobil dan wiper. Dengan begitu, Anda bisa memastikan bahwa kondisi mobil tersebut selalu prima.