Umumnya biaya perawatan mobil dinas akan tercatat sebagai biaya pemeliharaan aset perusahaan atau instansi. Perusahaan dan instansi perlu mempertimbangkan standar kendaraan dinas yang tepat sesuai kebutuhan operasional dan estimasi besaran biaya perawatan dan pemeliharaannya.

Merawat dan memelihara kendaraan dinas merupakan langkah penting untuk menjaga aset perusahaan tetap berfungsi dan dapat digunakan. 

Sekalipun mobil menjadi salah satu aset yang tidak akan bertambah nilainya, akan tetapi dengan kehadiran kendaraan dinas tersebut maka kegiatan operasional perusahaan atau instansi lebih efektif berjalan.

Banner

Ada banyak contoh biaya pemeliharaan kendaraan yang bisa Anda temukan di internet. Salah satunya artikel ini yang akan membahas tentang rincian biaya perawatan mobil dinas dan Standar Biaya Masukan (SBM) pemeliharaan kendaraan roda 4.

Baca juga: Cara dan Tips Perawatan Mobil Dinas Terlengkap

Pengertian biaya perawatan dan pemeliharaan mobil dinas

Biaya pemeliharaan atau maintenance cost merupakan biaya khusus yang diperuntukkan untuk memelihara aset perusahaan atau instansi agar aset tersebut dapat berfungsi dengan optimal. Biaya pemeliharaan mencakup biaya untuk merawat gedung, peralatan atau mesin, kendaraan, sistem informasi dan aset perusahaan lainnya.

Adapun biaya pemeliharaan kendaraan adalah anggaran khusus yang dibuat perusahaan untuk memelihara dan merawat kendaraan dinas, seperti mengganti spare part, biaya servis rutin bulanan, hingga biaya perbaikan kendaraan dinas.

Secara umum, berikut ini contoh biaya pemeliharaan kendaraan, meliputi:

  • Biaya perawatan mobil dinas, seperti biaya servis rutin bulanan atau biaya servis mesin mobil.
  • Biaya perbaikan mobil dinas, merupakan biaya untuk memperbaiki kerusakan tingkat berat pada mobil.
  • Biaya penggantian suku cadang, merupakan biaya khusus untuk membeli spare part atau suku cadang baru.

Perusahaan atau instansi yang memutuskan untuk memiliki kendaraan dinas, khususnya mobil, wajib mempersiapkan estimasi biaya perawatan dan pemeliharaan kendaraan tersebut agar kendaraan dapat bekerja dengan optimal dalam kurun waktu yang panjang.

Dengan begitu, kegiatan operasional perusahaan atau instansi akan berjalan lebih efektif dan efisien lagi.

Baca juga: Intip Biaya Service Mobil Berdasarkan Jenis Perawatannya

Rincian biaya perawatan mobil dinas

Pemilik mobil memiliki kewajiban untuk melakukan servis mobil rutin secara berkala pada kelipatan jarak tempuh tertentu,seperti 10.000 km, 20.000 km, 40.000 km, 60.000 km dan seterusnya.Setiap kelipatan jarak tempuh tersebut memiliki perlakuan servis yang berbeda-beda.

Sebagai contoh setiap kelipatan jarak tempuh 5.000 km atau setara dengan pemakaian 3-4 bulan tergantung pemakaiannya, pemilik mobil wajib mengganti beberapa komponen seperti kampas rem mobil, oli mesin mobil, filter oli dan memeriksa cairan pelumas pada mobil lainnya.

Pada jarak tempuh kelipatan 10.000 km, mekanik akan memeriksa lebih banyak komponen mobil lainnya seperti oli transmisi dan oli mesin mobil, minyak rem, air radiator, aki mobil, kopling, tekanan angin, power steering, filter udara dan idle mesin. 

Berikut ini rincian lengkapnya untuk beberapa komponen penting yang sering diperiksa saat servis mobil, meliputi:

Oli transmisi dan mesin mobil

Umumnya pemilik mobil dapat mengganti oli transmisi saat mobil telah menempuh jarak 30.000 km atau setara 2-3 tahun pada pemakaian normal. 

Namun jarak tempuh ini tergantung pemakaian mobil dan anjuran pabrik mobil.  Biaya yang perlu Anda persiapkan mulai dari Rp300 ribuan hingga jutaan rupiah.

Sedangkan oli mesin sendiri memerlukan biaya mulai dari Rp500 ribu hingga Rp2 jutaan untuk satu kali penggantian. 

Harga oli mesin mobil tergantung merek yang Anda gunakan. Kemudian penggantian filter oli mobil memerlukan biaya servis antara Rp25 ribu – Rp100 ribuan tergantung dari jenis mobil.

Kampas rem dan kopling

Untuk mengganti kampas kopling, biaya yang dipersiapkan cukup besar yakni berkisar antara Rp1,5 jutaan sampai Rp3 jutaan tergantung ukuran dan merek kampasnya. 

Sama halnya dengan kampas kopling, kampas rem mobil juga memerlukan biaya yang cukup besar. Kendati demikian, usia pakai kampas rem jauh lebih panjang daripada komponen lainnya.

Aki mobil

Umumnya Anda perlu mengganti aki mobil saat usia pemakaiannya telah mencapai 3-4 tahun. Untuk harga aki mobilnya sendiri yang paling murah mulai dariRp700 ribuan sampai jutaan rupiah.

Filter udara

Selanjutnya filter udara pada mobil. Anda perlu mengganti filter udara setelah mobil menempuh jarak 20.000 km. Harga filter udara mulai dari Rp250 ribu – Rp1 jutaan tergantung ukuran filter yang akan Anda beli.

Adapun filter udara khusus kabin bisa Anda ganti setelah komponen tersebut memiliki usia pakai minimal 1 tahun. Harga filter udara kabin ini lebih murah yakni mulai dari Rp50 ribuan – Rp200 ribuan.

Karet wiper

Tahukah Anda bahwa karet wiper mobil memiliki batas usia maksimal pemakaian? Alat yang berfungsi untuk menjaga jarak pandang pengendara selama berkendara ini memiliki usia pakai maksimal selama 3 tahun. 

Setelah itu, Anda perlu menggantinya dengan yang baru. Harga karet wiper mulai dari Rp100 ribuan – Rp1 jutaan tergantung jenis dan ukuran.

Ban mobil

Komponen mobil yang cukup krusial untuk menunjang keselamatan saat berkendara yakni ban mobil. Idealnya ban mobil memiliki batas usia pemakaian antara 2-3 tahun tergantung bagaimana cara pengendara menggunakan mobil tersebut.

Adapun harga ban mobil sendiri beragam, mulai dari Rp600 ribuan hingga Rp3 jutaan. Selain itu, Anda perlu mempersiapkan biaya khusus untuk melakukan spooring dan balancing. Biaya servis ban mobil ini sekitar Rp300 ribuan.

Sebaiknya membeli mobil dinas yang masih baru agar Anda mendapatkan diskon atau gratis servis mobil pada periode tertentu. Umumnya dealer akan memberikan gratis servis selama beberapa periode atau pada jarak tempuh tertentu, termasuk penggantian suku cadang. 

Bengkel servis mobil dinas unggulan

Jangan sampai Anda tergiur dengan murahnya biaya perawatan mobil dinas hanya demi mengirit anggaran perusahaan atau instansi. Sebab, potensi kerusakan yang lebih parah akan menanti Anda.

Otoklix for Business jadi pilihan Anda untuk merawat dan memelihara mobil dinas dan operasional perusahaan. Biaya servis yang ditawarkan Otoklix cukup kompetitif, Anda bisa hemat hingga 30% dari biaya servis di bengkel mobil resmi.

Bengkel Otoklix memberikan jaminan mekanika andal dan peralatan serta spare part mobil terlengkap. Tak sulit menemukan bengkel ini sebab lebih dari 200 bengkel Otoklix telah tersebar di seluruh Indonesia.

Gimana cara bookingnya? Sangat mudah, Anda dapat melakukan booking servis secara online.

Baca juga: Intip Mobil Dinas DPR Toyota Crown Royal Saloon, Minat Beli?

Rincian biaya operasional mobil dinas

Selain biaya perawatan mobil dinas, perusahaan juga perlu mempersiapkan estimasi biaya operasional mobil dinas. Berapa anggaran yang perlu dipersiapkan dan bagaimana rincian biaya operasional mobil dinas? Berikut ulasannya.

Bahan bakar mobil

Biaya operasional pertama yang wajib dipersiapkan adalah bahan bakar mobil (BBM). Cari tahu berapa harga BBM terbaru yang berlaku di daerah Anda. Berlaku sejak Mei 2023, berikut ini harga BBM terbaru 2023 di DKI Jakarta, antara lain:

  • Pertalite Rp10.000 per liter.
  • Pertamax Rp13.300 per liter.
  • Pertamina Dex Rp14.600 per liter.
  • Dexlite Rp13.700 per liter.
  • Pertamax Turbo Rp15.000 per liter.
  • Pertamina Bio Solar Rp6.800 per liter.

Misalnya mobil Anda biasa menggunakan Pertamax Turbo. Kebutuhan bensin untuk satu hari perjalanan dinas sebesar 3 liter, maka dalam 1 hari Anda membutuhkan biaya BBM sebesar Rp45 ribu.

Biaya tersebut dapat Anda kalikan selama 20 hari kerja sehingga estimasi biaya BBM dalam satu bulan sebesar Rp900 ribu.

Tagihan tol

Anggaran khusus jalan tol ini bersifat fleksibel tergantung apakah mobil dinas Anda biasa melalui jalan tol apa tidak. Namun, Anda tetap harus menganggarkan biaya tagihan jalan tol dalam satu bulan sebagai estimasi biaya operasional.

Perpanjangan dan pajak STNK

Selanjutnya biaya perpanjangan dan pajak STNK yang wajib perusahaan atau instansi bayarkan pada periode tertentu, pajak STNK setiap satu tahun sekali sedangkan perpanjang STNK setiap 5 tahun sekali. Besaran biaya pajak dan perpanjangan STNK bisa Anda lihat pada STNK kendaraan Anda.

Pertanyaan Seputar Biaya Perawatan Mobil Dinas

Biaya perawatan mobil dinas adalah anggaran khusus yang dibuat perusahaan untuk memelihara dan merawat kendaraan dinas, seperti mengganti spare part, biaya servis rutin bulanan, hingga biaya perbaikan kendaraan dinas.

Untuk merawat mobil, biasanya komponen yang akan dicek dan diperbaiki tergantung jarak tempuh mobil. Misalnya setiap jarak tempuh 10.000 km pemilik mobil wajib mengganti oli mesin dan transmisi mobil.

Anda dapat mempercayakan bengkel Otoklix untuk merawat dan memperbaiki mobil dinas. Biaya servis yang ditawarkan sangat terjangkau yakni lebih murah 30% dari biaya servis di bengkel resmi namun dengan jaminan spare part asli dan mekanika yang andal.