Jok yang empuk dan kain pelapis dengan bahan yang adem tentunya akan memberi kenyamanan dalam berkendara, bagi pengemudi maupun penumpang. Apalagi jika berkendara jarak jauh atau perjalanan yang lama di mobil.

Tetapi tidak dipungkiri, jok mobil bisa saja rusak karena usia atau kelalaian dalam penggunaan. Masalah jok mobil biasanya seputar kain yang bolong atau sobek, dudukan yang sudah tidak empuk karena bantalan atau busanya menipis, atau per yang patah. 

Berikut beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum melakukan service jok mobil.

Perlu Kamu Tahu Sebelum Service Jok Mobil

1. Kerusakan kain pembungkus

Kerusakan kain pelapis yang bolong, retak, atau sobek bisa diperbaiki dengan mengganti kain pembungkus. Bisa juga upgrade kain pembungkus berbahan fabric menjadi kulit sintetis.

Jika kamu ingin mempertahankan orisinalitas, kamu bisa melakukan retrim. Retrim hanya menambah bagian yang rusak atau bolong. Kamu harus membawa kain sendiri yang sesuai dengan jok asli mobilmu atau bisa juga kain diambil dari bagian kolong jok. 

Service jok mobil untuk perbaikan kain pembungkus juga beragam. Bisa dengan cara dibungkus dan dijahit semi permanen, ada yang benar-benar permanen, ada juga yang hanya dibungkus seperti sarung.

Biaya untuk mengganti kain pembungkus ini bervariasi, tergantung merk kainnya. Harga kain pembungkus mulai dari satu jutaan hingga empat jutaan. Kamu bisa mendapatkan kain pembungkus dengan harga Rp1,75 jutaan dari merek Everest atau Leather Look. Jika memiliki bujet lebih, kamu juga bisa mempertimbangkan menggunakan MBtech (Rp2,5 jutaan), Murano (Rp3,5 juta), dan Vector varian Hybrid (Rp5 juta).

Harga di atas adalah harga untuk penggantian kain jok depan dan baris kedua. Untuk baris ketiga, dikenakan tambahan Rp500 ribu hingga Rp1 juta.

Jika ingin menggunakan kulit asli, harganya memang lebih mahal. Salah satu merek kain pembungkus dari Jerman adalah Autoleder yang memiliki varian Monza, Catania, Dakota, dan Nappa. Biayanya sekitar Rp6 juta sampai dengan Rp18 juta. Tetapi biasanya bahan kain ini agak sulit didapatkan.

2. Tambah busa 

Jok yang sudah kempis pasti tidak nyaman diduduki, maka dari itu biasanya akan dilakukan penambahan busa. Biaya service jok mobil untuk penambahan busa sekitar Rp800 ribu untuk hanya bagian bawah. Busa yang dipakai adalah busa kualitas bagus seperti busa bonit.

3. Per yang rusak atau patah

Jika komponen per sudah rusak atau patah, memang sudah tidak bisa diakali. Satu-satunya cara hanya mengganti komponen dengan per yang baru. Tetapi tenang saja, tidak perlu mengganti semua komponen jok mobil, kok.

Per jok ini harganya sangat bervariasi tergantung bentuknya.

Baca Juga: 4 Bengkel Jok Mobil dan Sarung Jok Mobil Terbaik untuk Anda

Cara Merawat Kain Pembungkus Jok Mobil

1. Jok mobil fabric

Merawat jok fabric sebenarnya cukup mudah. Cukup bersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner. Namun, bisa juga menggunakan cairan pembersih dengan bantuan sikat halus untuk menghilangkan noda membandel. Jangan lupa untuk mengeringkan jok mobil kamu dengan vacuum cleaner agar jok mobil kamu tidak berjamur dan berbau tidak sedap.

2. Jok mobil kulit

Seperti merawat barang lain berbahan kulit, untuk merawat atau membersihkan jok kulit juga membutuhkan perhatian ekstra. Untuk noda biasa, kamu hanya butuh lap khusus seperti microfiber untuk sekadar membersihkannya. Namun untuk noda membandel, sebaiknya kamu menggunakan cairan pembersih khusus agar tidak merusak lapisan kulitnya.

Kamu juga bisa menggunakan pelembab khusus untuk menjaga lapisan kulit dari pudar dan pecah-pecah.

3. Jok mobil kulit sintetis

Merawat dan membersihkan jok kulit sintetis lebih mudah dari jok kulit. Namun, jangan juga menyepelekan karena tetap saja ada perawatan khusus untuk membersihkan kulit sintetis. 

Kamu bisa menggunakan cairan pembersih berbahan dasar yang khusus untuk jok kulit sintetis. Lapisan kulit sintetis mudah rusak dengan bahan-bahan seperti cairan deterjen atau alkohol. Gunakan juga lap microfiber untuk hasil yang maksimal dan menyerap air lebih cepat sehingga kulit sintetis tidak lembab.

4. Jok mobil suede

Mobil-mobil premium, mobil balap, atau supercar biasanya menggunakan jok dengan bahan lapisan suede. Merawat lapisan suede memang lebih sulit dari lapisan biasa.

Untuk kamu yang menggunakan bahan suede pada jok mobil, kamu harus menggunakan cairan pembersih khusus untuk suede plus bantuan sikat halus. Kamu bisa menggosok dengan gerakan searah, tentunya dengan ekstra hati-hati agar lapisan suede tak cepat rusak.

Ada beberapa hal yang juga perlu kamu perhatikan agar jok mobil tidak cepat rusak. Tips tambahan merawat jok mobil agar tidak cepat service jok mobil.

Baca Juga: Jangan Asal Bersihkan Jok Mobil Kain, Ini Cara Gampangnya!

  • Hindari merokok di dalam mobil

Asap dan bau rokok yang menempel pada kain jok mobil membuat mobil berbau tidak sedap. Selain itu, percikan bara api rokok bisa merusak atau bahkan membuat lapisan jok dan interior kamu jadi berlubang.

  • Hentikan kebiasaan makan dan minum di dalam mobil

Makan dan minum di dalam mobil sangat tidak dianjurkan. Apalagi jika mobil sedang bergerak. Apabila tumpah, noda dari makanan dan minuman bisa menempel pada kain jok mobil. Apalagi jika jok mobilmu menggunakan fabric atau suede. Makan dan minum di dalam mobil juga bisa menimbulkan bau tak sedap pada interior mobil dan juga tumpahannya bisa mengundang serangga.

  • Hindari parkir di bawah sinar matahari langsung

Interior mobil dan warna jok mobil kamu bisa pudar apabila terlalu lama terkena paparan sinar ultraviolet dan juga panas dari matahari.

Itu tadi beberapa serba-serbi jok mobil buat kamu yang ingin service jok mobil. Semoga jok mobil kamu tetap awet ya!Jika kamu butuh servis tertentu untuk mobil kamu, kamu bisa gunakan fitur bengkel terdekat yang ada di Otoklix.com!