Baret pada kaca mobil memang sangat mengganggu, ya. Untuk mengatasinya, OtoFriends bisa loh mencoba kompon penghilang baret kaca mobil. Tapi, apakah OtoFriends sudah tahu bagaimana cara menggunakannya?

Kompon penghilang baret kaca mobil sendiri terbuat dari bahan-bahan kimia yang terbukti ampuh untuk menghilangkan baret pada kaca mobil. 

Yuk, simak pengertian hingga cara pemakaian kompon penghilang baret kaca mobil ini agar hasilnya bisa maksimal dan kaca mobil kinclong lagi.

Apa Itu Kompon Penghilang Baret Kaca Mobil?

Beberapa dari kamu mungkin belum tahu apa itu kompon. Kompon sendiri merupakan bahan kimia berbentuk krim berwarna putih yang bisa mengikis permukaan benda, termasuk kaca mobil yang baret. 

Cara kerja kompon yakni seperti amplas, di mana kompon bisa menghaluskan benda yang baret atau tergores.

Memang, jika hanya menggunakan kompon saja hasil baret pada kaca mobil tidak akan hilang dengan sempurna atau mulus. Perlu ditambahkan treatment lain seperti menggunakan polish dan wax agar hasilnya lebih kinclong lagi. 

OtoFriends bisa dengan mudah menemukan kompon, baik di toko perlengkapan mobil atau membelinya di e-commerce. 

Cara Pemakaian Kompon Penghilang Baret Kaca Mobil

Penggunaan kompon ada tata caranya agar hasilnya bisa mulus maksimal. Yuk, simak cara pemakaian kompon yang benar berikut ini agar kaca mobil OtoFriends kembali kinclong. 

1. Cari Kaca Mobil yang Tergores

Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan mencari terlebih dahulu bagian kaca mobil yang tergores. 

Setelah ditemukan, bersihkan bagian kaca yang baret atau tergores menggunakan lap microfiber atau dengan air. Pastikan kaca mobil sudah benar-benar bersih dan juga kering, ya. 

2. Aplikasikan Kompon pada Kaca Mobil

Setelah semuanya bersih dan kering, OtoFriends bisa langsung mengaplikasikan kompon pada kaca mobil yang baret.

Oleskan krim yang ada pada kompon, kemudian gosok area kaca mobil yang baret menggunakan aplikator seperti spons atau kain dengan gerakan memutar dan sedikit ditekan. Ulangi proses kompon ini hingga hasilnya bagus atau baret sudah tidak terlihat lagi. 

3. Bersihkan Kaca Mobil

Selanjutnya, bersihkan kaca mobil dengan kain microfiber yang sudah dibasahi dengan air. Bersihkan sampai kaca sudah terlihat kinclong dan jangan lupa untuk mengeringkannya. 

4. Lanjut dengan Polish Agar Hasil Maksimal

Seperti yang sudah disebutkan di atas, agar hasil kompon bisa mulus dan kinclong, sebaiknya tambahkan treatment lanjutan menggunakan polish dan juga wax. Pemolesan dengan polish ini bisa membuat kaca mobil jadi lebih mulus dan juga mengkilap. 

Harga Kompon Penghilang Baret Kaca Mobil

Harga kompon penghilang baret kaca mobil bervariasi, ada yang murah yakni mulai dari Rp6 ribuan sampai yang mahal, yakni mencapai Rp400 ribuan. Mengutip dari laman Lifepal, berikut ini harga kompon mobil berdasarkan mereknya.

Merek Kompon MobilHargaBerat
Kit Rubbing CompoundRp10.12460 gram
Catco CompoundRp6.000150 gram
Valo Heavy Cutting CompoundRp199.100250 ml
DIamond CompoundRp124.900270 gram
Kit Grand Prix Premium CompoundRp42.300275 ml
Turtle Wax Rubbing CompoundRp70.000550 gram
3M Perfect It Ii Rubbing CompoundRp445.0001 kg

Nah, OtoFriends bisa membeli kompon penghilang baret mobil sesuai dengan kebutuhan, ya. Sebaiknya baca dulu beberapa review kompon terbaik yang bagus untuk menghilangkan baret kaca mobil.

Penghilang Kaca Mobil Baret Lainnya

Selain menggunakan kompon, OtoFriends juga bisa menggunakan bahan-bahan lainnya untuk menghilangkan kaca mobil yang baret. Berikut ini daftarnya:

1. Pasta Gigi

Bahan pertama yang bisa digunakan adalah pasta gigi. Kamu bisa langsung mengoleskan pasta gigi pada bagian kaca yang baret atau tergores dan gosok menggunakan kain bersih. 

Perlu diingat jika pasta gigi mungkin tidak seampuh penggunaan kompon untuk menghilangkan baret pada kaca mobil. Pasta gigi biasanya hanya bisa mengatasi untuk menghilangkan kaca yang lecet ringan saja. 

2. Cerium Oxide

Berikutnya, OtoFriends juga bisa menggunakan cerium oxide. Bentuk dari cerium oxide adalah bubuk poles yang bisa dibeli di toko peralatan mobil atau e-commerce.

Penggunaan cerium oxide ini pun tidak jauh berbeda dengan kompon, yakni dengan membersihkan kaca terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan menggosok bagian kaca yang tergores dengan campuran air dan cerium oxide.

3. Amonia

Berikutnya ada cairan amonia yang bisa menghilangkan baret pada kaca mobil. Tapi, kamu harus berhati-hati ya karena cairan amonia ini termasuk cairan yang keras, sehingga tidak boleh berlebihan dan harus sesuai takaran.

Agar aman, campurkan setengah ons amonia dengan setengah liter air. Kemudian poleskan pada kaca mobil yang baret. 

Nah, itu dia informasi terkait kompon dan cara penggunaannya untuk menghilangkan baret pada kaca mobil. 

Selain memperhatikan bagian eksterior mobil, jangan lupa juga untuk merawat bagian dalam mesin mobil agar performanya tetap bagus, ya. Pastikan OtoFriends rutin melakukan ganti oli hingga tune up mobil. 

Ganti oli di bengkel Otoklix murah, loh! Mulai dari Rp89 ribu per liter. Selain itu, ada jaminan garansi hingga 14 hari. Kalau OtoFriends booking di Aplikasi Otoklix, bisa lebih murah sampai 50%! Yuk, bawa mobil kamu ke bengkel Otoklix terdekat.

Perawatan mobil semakin mudah lewat aplikasi Otoklix! Kamu bisa pantau hasil inpeksi mobil dan ada pengingat otomatis buat servisnya. Booking lewat aplikasi Otoklix juga lebih murah hingga 50%. Yuk, download Aplikasi Otoklix sekarang.

Pertanyaan seputar Kompon Penghilang Baret Kaca Mobil

Bisa apabila goresan yang muncul adalah goresan halus saja.

Bisa, bahkan banyak orang yang merekomendasikan untuk melakukan kompon pada kaca mobll yang baret.

Kompon mobil juga bisa digunakan untuk menghilangkan jamur yang muncul di kaca mobil. Caranya dengan menggosok area yang berjamur menggunakan lap bersih dan oleskan kompon.