Salah satu hal yang perlu diperhatikan dari komponen penggerak mobil adalah masa pemakaian ban mobil. Ya, ban mobil pun ada waktu kadaluarsanya dan pada waktunya harus diganti dengan yang baru. Lantas, berapa rata-rata masa pakai ban mobil yang wajar?

Secara umum, ban pada kendaraan baru atau ban pengganti berkualitas tinggi biasanya bisa bertahan hingga 50.000 mil. Akan tetapi, ada banyak faktor yang akan bisa mempengaruhi masa pakai ban apa pun dan secara substansial dapat mempersingkat masa pakainya. 

Apa saja yang bisa mempengaruhi usia masa pakai ban mobil? Simak penjelasannya di bawah ini!

Hal yang Mempengaruhi Usia Ban Mobil

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi lama singkatnya usia ban mobil:

1. Intensitas berkendara

Pada dasarnya ban akan mengalami keausan secara alami. Namun, semakin sering dikendarai maka semakin cepat pula ban mobil aus. Apalagi kalau ban tersebut sering melewati kondisi jalan dan cuaca yang buruk. 

Namun, bukan berarti ban yang jarang dipakai lebih baik dari yang sering dipakai. Ban yang jarang dipakai, seperti ban serep memang memiliki tapak yang lebih baik, tidak mudah aus. Akan tetapi, tetap mengalami penuaan yang mempengaruhi integritas struktural ban, membuatnya lebih lemah, karena ban juga perlu digerakkan agar bahan kimia di dalam karet ban tetap efektif.

2. Kondisi jalan 

Mengemudi di jalan dengan kondisi buruk seperti berlubang, di perlintasan rel bergradasi buruk, jalan tidak beraspal, dsb dapat menyebabkan misalignment dan kerusakan suspensi yang mempengaruhi keausan ban.

Jika perjalanan harian kamu sering melalui jalan dengan salah satu atau semua kondisi buruk tersebut, pastikan untuk selalu membuat jadwal suspensi tahunan, penyelarasan roda kendaraan, dan pemeriksaan ban rutin.

3. Kondisi cuaca

Mengemudi dalam kondisi cuaca buruk seperti di daerah sering hujan atau rawan banjir, atau di waktu siang hari di saat sedang panas-panasnya, dapat menyebabkan ban cepat aus karena harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan traksi.

Membeli ban yang dirancang khusus tahan di nyaris cuaca cuaca dapat memberi pengemudi ukuran traksi dan kontrol ekstra (artinya keamanan yang lebih besar) sekaligus memberikan treadwear yang baik. Jadi bijaklah dalam memilih ban mobil, sesuaikan dengan daerah dan cuaca yang sering kamu lalui.

4. Kebiasaan mengemudi yang buruk

Kebiasaan mengemudi yang buruk seperti mengebut, menikung jalan (menikung dengan tajam), dan suka mengerem mendadak dapat meningkatkan tekanan pada ban. Hal itu kemudian dapat menyebabkan ban cepat aus. Pengemudi dapat memperpanjang umur ban mereka secara signifikan dengan menghindari gaya mengemudi yang agresif seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

5. Intensitas perawatan 

Faktor penting terakhir adalah soal seberapa sering kamu memeriksa dan merawat ban mobilmu sendiri.

Adapun hal-hal yang perlu diperiksa adalah ini ada tidaknya tanda-tanda kerusakan, menjaga tingkat tekanan udara, dan menjaga agar ban tetap sejajar dan dirotasi. Tanpa perawatan yang tepat, umur ban dapat berkurang hingga setengahnya – bahkan lebih, dalam beberapa kasus.

Waktu yang Tepat Mengganti Ban Mobil

Jika tanda-tanda di bawah ini terlihat jelas pada ban Anda, mungkin sudah saatnya untuk menggantinya:

1. Kedalaman tapak ban rendah

Kedalaman tapak ban yang rendah bisa menjadi pertanda bahwa ada yang salah pada ban mobil kamu.  Bila keausan terjadi pada bagian dalam atau luar bahu ban artinya ban sudah tidak sejajar. 

Bila keausan terjadi pada ujung baju ban artinya ban kurang angin, perlu dirotasi atau keduanya. Bila keausan terjadi pada bagian tengah ban mungkin kempes atau mengalami akselerasi yang sangat keras. Bila tapak ban botak artinya mobil kamu mengalami masalah suspensi.

2. Berkurangnya kenyamanan kendaraan

Jika mobilmu kurang nyaman saat dibawa berkendara seperti mengalami getaran (terutama jika baru baru dinyalakan), atau ban terlalu berisik (dan semakin meningkat), mungkin ada yang salah pada ban mobilmu.

Mungkin itu pertanda ban mobilmu tidak seimbang, tidak aus dengan benar, atau memiliki masalah struktural. Dalam beberapa kasus, hal tersebut dapat mempengaruhi keselamatan, jadi segera periksakan ban mobilmu ke ahlinya.

3. Ban berumur lebih dari 3 tahun 

Bila ban mobilmu sudah berusia lebih dari 3 tahun, ada baiknya segera diganti. Namun, bila kamu tak tahu berapa usia ban mobilmu, coba cek kode DOT atau nomor kelayakan dari Departemen Transportasi AS yang berada di dinding samping ban.

Cari huruf ‘DOT’ diikuti dengan sebelas atau dua belas huruf dan angka. Pada ban yang dibuat setelah tahun 2000, empat digit terakhir menandakan minggu dan tahun pembuatan. Jadi, ban dengan kode ‘3618’ artinya dibuat pada minggu ke-36 tahun 2018. Ban dengan kode yang terdiri dari 3 digit saja berarti ban tersebut dibuat sebelum tahun 2000 dan harus diganti.

Tips Memperpanjang Usia Ban Mobil

Biaya perawatan ban terbilang tidak murah, namun menjadi salah satu yang paling penting demi menjaga keselamatan dan kinerja berkendara. Untuk kedua alasan itu, penting untuk merawatnya dengan benar.

Intinya: perawatan dan kebiasaan mengemudi yang baik membantu pengemudi dan penumpang tetap aman, sekaligus bisa menghemat uang dengan memperpanjang usia ban tersebut. Berikut tips sederhana untuk memperpanjang usia ban:

1. Perbaiki gaya mengemudi

Masa pemakaian ban dapat berkurang hingga setengahnya saat ban tersebut kerap dipaksa mengerem mendadak dan mengalami akselerasi agresif dari posisi diam. Untuk itu, hindari tailgating untuk mengurangi kebutuhan akan mengerem mendadak. 

Cara lain bisa dengan melonggarkan throttle saat menarik diri dari posisi berhenti untuk mengurangi ketegangan pada ban dan meningkatkan keausan.

Selain itu, coba untuk memperlambat laju kendaraan sebelum tikungan tajam demi mengurangi tekanan pada ban, seperti halnya menghindari lubang dan trotoar yang rusak jika memungkinkan. 

2. Rutin memeriksa dan merawat ban mobil

Cara lain untuk memperpanjang umur ban adalah dengan merawat kendaraan dan ban dengan benar. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan sendiri adalah memeriksa tekanan udara dan kedalaman tapak ban. 

Sedangkan, untuk keseimbangan dan keselarasan ban perlu mendatangi montir di bengkel-bengkel terdekat secara rutin. Cari bengkel terdekat lewat aplikasi Otoklix. Sebab, dari aplikasi tersebut kamu bisa melakukan booking service dengan mudah tanpa perlu mengantre lagi di bengkel. Bahkan, kamu bisa melihat harga service dan ban yang kamu butuhkan.

Terakhir, pastikan untuk merotasi ban secara berkala. Perawatan sangat penting agar ban dapat bekerja dengan baik dan bertahan lebih lama.

Nah, demikianlah pembahasan seputar masa pemakaian ban mobil. Jangan lupa cek berkala dan segera ke bengkel ganti ban mobil jika sudah diperlukan.