Menjalankan bisnis rental mobil bulanan terdengar cukup berisiko. Untuk menangani berbagai risiko rental mobil bulanan, Anda perlu melakukan beberapa kiat seperti yang akan Otoklix bahas pada artikel ini, antara lain mendaftarkan asuransi, memilih mobil yang tepat, berlangganan bengkel tepercaya, memasang GPS, hingga melakukan pencatatan administrasi secara rapi.

Kiat-kiat tersebut bisa membantu Anda dalam menjalankan bisnis rental mobil bulanan. Tujuannya untuk meminimalkan risiko dan juga meningkatkan keuntungan. Selain membahas kiatnya, Otoklix juga akan membahas keuntungan menjalankan bisnis rental mobil bulanan.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix for Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix for Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda!
Banner

Baca juga: 11 Tips Memulai Usaha Rental Mobil

5 Tips Menjalankan Bisnis Rental Mobil Bulanan

Menjalankan usaha rental mobil bulanan punya risiko cukup tinggi. Salah satu ancamannya adalah keberadaan oknum yang memalsukan dokumen untuk jaminan lalu membawa kabur mobil. Risiko lainnya adalah kemungkinan terjadinya kecelakaan ketika mobil sedang disewa.

Oleh sebab itu, ini dia beberapa tips yang bisa Anda simak untuk menjalankan bisnis rental mobil bulanan.

1. Mendaftarkan mobil ke asuransi

Tips pertama adalah mendaftarkan mobil ke pihak asuransi. Jaminan asuransi bisa meng-cover kecelakaan yang menyebabkan kerusakan mobil hingga kehilangan mobil. Anda bisa mengajukan klaim saat terjadi kerusakan mobil akibat kecelakaan maupun saat mobil hilang.

Memang biaya yang harus dikeluarkan untuk asuransi mobil tidak sedikit, tetapi asuransi mobil merupakan bentuk investasi dalam manajemen bisnis Anda. 

2. Memilih mobil yang biaya perawatannya murah

Dalam menjalankan bisnis rental mobil bulanan, Anda juga perlu memilih mobil yang tepat. Kriteria pertama yang bisa jadi pertimbangan antara lain memilih jenis kendaraan favorit masyarakat, misalnya memilih MPV dengan kapasitas penumpang banyak, mobil dengan performa mumpuni, atau mobil dengan desain yang stylish.

Selanjutnya, Anda bisa memilih kendaraan dengan biaya perawatan yang rendah dan suku cadang yang gampang dicari. Manfaat dari memilih mobil tersebut adalah untuk menekan biaya operasional. Contoh mobil yang paling banyak tersedia di rental adalah Avanza atau Xenia. Selain bisa menampung banyak penumpang dan biaya perawatannya rendah, harga beli mobil ini juga tidak terlalu tinggi.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix for Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix for Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda!

3. Berlangganan bengkel

Tips menjalankan rental mobil bulanan berikutnya adalah berlangganan bengkel. Anda bisa bekerja sama dengan bengkel tepercaya. Tujuannya agar Anda lebih mudah dalam melakukan perawatan atau perbaikan saat terjadi kerusakan pada mobil.

Berlangganan bengkel membuat Anda mengenal kualitas montir yang menangani dan juga biaya servis bisa lebih hemat karena sudah jadi pelanggan. Selain itu, pilih juga bengkel yang punya suku cadang lengkap dan terjamin asli. Salah satu kiat memilih bengkel langganan adalah bergabung dengan Otoklix for Business.

Baca juga: Penting! Format dan Contoh Kwitansi Rental Mobil

4. Lengkapi mobil dengan GPS tracker

Mobil yang disewa bulanan membuat pemilik lebih sulit memonitor kendaraan. Oleh sebab itu, sebaiknya pasang GPS tracker pada mobil. Anda juga bisa melengkapinya dengan kamera. GPS tracker berfungsi untuk menghindari risiko kehilangan. Sedangkan memasang kamera bisa membantu Anda mengetahui penyebab dan pihak mana yang bertanggung jawab ketika terjadi masalah di lalu lintas.

5. Administrasi yang rapi

Tips terakhir adalah memastikan administrasi terkelola dengan rapi. Data konsumen dan kendaraan sebaiknya dicatat dengan baik. Selain itu, Anda juga harus memastikan dokumen konsumen lengkap ketika menyewa mobil, meliputi data diri penyewa, bukti pembayaran, dan lainnya.

Dokumen yang tercatat dengan baik membuat Anda bisa melacak penyewa mobil kalau tidak dikembalikan pada waktu yang sudah ditentukan. Dokumen yang tercatat lengkap juga bisa membantu memudahkan polisi dalam pencarian ketika terjadi tindakan kriminal.

Keuntungan Bisnis Rental Mobil

Setelah memahami tips menjalankan rental mobil bulanan, Otoklix juga akan membahas keuntungan apa saja dari menjalankan bisnis ini. Simak keuntungannya berikut.

1. Memungkinkan dengan modal kecil

Bisnis rental mobil bisa dimulai dengan modal kecil. Jadi, kalau Anda berpikir butuh modal besar untuk bisnis rental mobil adalah anggapan yang keliru. Anda bisa memanfaatkan mobil mitra atau kredit mobil. Kredit mobil hanya butuh uang muka sekitar Rp5 juta hingga Rp10 juta. Selanjutnya bisa langsung dipakai untuk usaha.

Anda bisa memanfaatkan hasil sewa mobil untuk menutupi biaya perawatan dan cicilan mobil. Tipsnya, tidak perlu cari mobil dengan harga yang mahal dan berukuran besar.

Selain kredit mobil, Anda juga bisa bekerja sama dengan mitra yang punya unit kendaraan. Tugas Anda adalah menghubungkan pemilik dengan penyewa. Kalau pengelolaan berjalan baik, Anda bisa memajukan bisnis rental mobil Anda.

Baca juga: Keuntungan Rental Mobil untuk Driver Online, Ini Persyaratannya

2. Keuntungan menggiurkan

Keuntungan bisnis rental mobil juga bisa dikatakan menggiurkan. Sebab, saat ini rental mobil tidak hanya dipakai untuk keperluan pribadi, tetapi sebagai aset bisnis. Mobil yang Anda sewakan bisa dipakai oleh mitra taksi online atau disewakan kepada korporasi untuk kebutuhan perusahaannya.

Untuk 1 unit mobil Toyota Avanza dengan tenor cicilan 48 bulan saja, Anda bisa mendapat keuntungan sekitar Rp3,5 juta per bulan. Dengan catatan mobil disewakan selama 25 hari per bulan dengan biaya sewa harian Rp400 ribu. Hasil sewanya bisa dipakai sebagai biaya angsuran, servis, hingga biaya aksesori.

Agar rental mobil makin laris dan membawa keuntungan lebih banyak, Anda bisa menerapkan strategi pemasaran. Misalnya memberikan paket rental sesuai dengan target calon pelanggan Anda.

3. Jangkauan pasar luas

Persaingan bisnis rental mobil bulanan memang cukup ketat, tetapi bukan tetap mungkin jangkauan pasarnya luas. Apalagi Anda bisa bermitra dengan driver taksi online maupun menyewakan sebagai mobil operasional perusahaan. Selain itu, Anda juga bisa menyewakan kepada perusahaan atau pengusaha saat ada penyelenggaran event.

4. Mudah dikelola

Rental mobil bulanan juga termasuk mudah dijalankan. Anda bisa menjalankannya dari rumah sehingga punya waktu yang fleksibel bersama keluarga. Selain itu, kalau Anda punya mobil pribadi, Anda bisa menyerahkan mobil ke jasa rental untuk disewakan dan bisa dapat keuntungan. Dengan begitu, Anda bisa melakukan bagi hasil dengan pihak rental.

5. Penanganan risiko memadai

Rental mobil juga punya penanganan risiko yang memadai. Tujuannya untuk menghindari risiko seperti mobil rusak, hilang, atau dibawa kabur. Anda bisa meminta identitas seperti KTP, fotokopi SIM A, dan juga bisa membuat surat perjanjian peminjaman mobil. 

Selain itu, daftarkan mobil Anda pada program asuransi. Anda juga bisa meminta deposit atau memasang GPS pada mobil. Sediakan juga jasa sopir bagi penyewa yang tidak ingin menyetir sendiri. Keberadaan sopir membuat Anda lebih mudah mengatur bisnis rental mobil bulanan.

Bagaimana cara merawat mobil operasional rental mobil bulanan Anda agar administrasi lebih rapi? Kini Otoklix menyediakan layanan khusus Otoklix for Business.

Otoklix for Business adalah partner terpercaya dalam perawatan kendaraan operasional dan manajemen fleet.

Dengan 600+ bengkel mitra di seluruh Indonesia, garansi 14 hari, layanan pelanggan yang responsif, dan harga kompetitif, Otoklix berfokus pada efisiensi dan keandalan operasional kendaraan bisnis Anda di seluruh Indonesia. Selain itu, terdapat layanan unggulannya seperti, Home Service, Layanan Antar Jemput Gratis, dan Emergency Handling.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix for Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix for Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda!

Pertanyaan Seputar Rental Mobil Bulanan


Biaya sewa mobil Avanza selama sebulan berkisar Rp3,3 jutaan. Sedangkan untuk masa sewa 3 bulan berkisar Rp3,2 juta per bulan dan masa sewa 6 bulan biayanya Rp3,1 juta per bulan. Di sisi lain, biaya sewa Toyota Innova per bulan adalah Rp5 jutaan.


Toyota Calya bisa disewa bulanan dengan harga Rp4,75 juta untuk transmisi manual. Sedangkan transmisi matik disewakan dengan harga Rp5,25 juta. Sedangkan biaya sewa per harinya berkisar Rp300 ribu.


Konsumsi BBM Daihatsu Sigra manual terbilang sangat irit. Hasil pengujian menunjukkan 28 km/liter pada kecepatan konstan 60 km/jam.