Untuk memastikan keoptimalan fungsi dan peran kendaraan dinas perusahaan, perusahaan perlu memperhatikan perawatan kendaraan dinas. Mengingat hampir seluruh mobilitas perusahaan bergantung pada objek investasi perusahaan satu ini.

Keberhasilan suatu perusahaan bukan hanya menghasilkan produk berkualitas saja, melainkan perusahaan perlu memastikan distributor produk berjalan dengan baik sehingga penyebaran dan pemasaran produk lebih luas. Di sanalah pentingnya kehadiran kendaraan dinas operasional perusahaan.

Artikel ini akan menguraikan pentingnya kendaraan dinas dan SOP perawatan kendaraan operasional perusahaan. SImak ulasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: SOP Perawatan Mobil Dinas Terlengkap dan Tips Memilih Bengkel

Mengenal Peran dan Fungsi Kendaraan Dinas

Pengertian tentang kendaraan dinas telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Alat Angkutan Darat Bermotor Dinas Operasional di Lingkungan Kementerian Kesehatan.

DI dalam aturan tersebut tertulis bahwa alat angkutan darat bermotor dinas operasional atau kendaraan dinas operasional merupakan kendaraan bermotor yang dipakai untuk menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi.

Lebih lanjut lagi, pemahaman tentang kendaraan dinas ini juga dijabarkan dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 16/Permen-KP/2020 tentang Tata Kelola Penggunaan Kendaraan Dinas di Lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Di dalam peraturan tersebut tertulis bahwa kendaraan dinas operasional merupakan kendaraan bermotor selain kendaraan dinas jabatan yang dipakai untuk menunjang tugas dan fungsi organisasi.

Berdasarkan pengertian tersebut maka kendaraan dinas merupakan kendaraan khusus operasional perusahaan, organisasi atau lembaga pemerintah yang digunakan oleh pegawai atau anggota organisasi tersebut untuk menunjang tugas dan fungsi tiap-tiap divisi dalam organisasi.

Adapun peran dan fungsi kendaraan operasional bagi perusahaan, antara lain:

  • Moda transportasi untuk mempermudah pegawai atau anggota organisasi dalam mobilitas sehari-hari
  • Moda transportasi untuk mendukung seluruh aktivitas bisnis perusahaan seperti distribusi produk, menjalin kerja sama dengan partner bisnis dan aktivitas bisnis lainnya.
  • Moda transportasi juga bisa menjadi alat periklanan atau aktivitas marketing dengan memasangkan produk-produk perusahaan.

Kendaraan operasional termasuk salah satu aset investasi perusahaan yang cukup berharga dan perlu mendapatkan perawatan dan pemeliharaan sehingga menghasilkan kondisi performa yang baik saat akan digunakan.

Baca juga: 5 Tips Pengelolaan Mobil Kantor Agar Berfungsi Maksimal

Kenapa Perawatan Kendaraan Dinas Penting?

Perawatan atau pemeliharaan kendaraan adalah rangkaian aktivitas memeriksa, membersihkan hingga memastikan seluruh komponen mobil dalam kondisi baik sehingga efisiensi penggunaan kendaraan semakin optimal dengan menekan potensi kerusakan komponen mobil dan durasi perbaikan mobil.

Dampak yang akan terjadi saat Anda menyepelekan jadwal rutin servis mobil, biaya servis yang semakin besar karena kerusakan mobil sudah menumpuk dan merembet ke komponen lain hingga komponen mesin mobil. Bila hal tersebut terjadi, Anda perlu mempersiapkan biaya servis cukup besar. 

Lain halnya bila perusahaan rutin melakukan servis mobil secara berkala, maka kerusakan sekecil apapun akan terdeteksi dan dapat segera tertangani sehingga Anda dapat menekan biaya servis mobil dan durasi perbaikan mobil jadi lebih singkat.

Akan tetapi, bila perusahaan sedang mencari bengkel mobil khusus yang dapat merawat dan memperbaiki kendaraan operasional perusahaan, maka Bengkel Otoklix menawarkan layanan khusus yang cukup menguntungkan bagi perusahaan.

Bengkel Otoklix melalui layanan Otoklix for Business membantu perusahaan untuk merawat dan memperbaiki mobil dinas operasional perusahaan dengan harga kompetitif.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Otoklix for Business, silahkan download aplikasi Otoklix. Anda juga bisa menghubungi Tim OtoBuddy melalui WhatssApp 0811-920-025.

Baca juga: Rincian Biaya Perawatan Mobil Dinas Terlengkap

Jenis-Jenis Perawatan Kendaraan Dinas

Menelaah pentingnya peran kendaraan dinas dan perawatan kendaraan dinas ini, sebenarnya perawatan kendaraan penting untuk dilakukan. 

Perawatan kendaraan yang dimaksud terdiri dari 2 jenis perawatan yakni perawatan ringan dan perawatan berat, seperti servis tune up.

Sebelum melakukan servis mobil tingkat berat dengan tingkat kerusakan tinggi, ada baiknya Anda melakukan perawatan ringan agar mengetahui bila terjadi kerusakan komponen mobil, khususnya komponen krusial.

Berikut ini aktivitas servis mobil standar yang harus dilakukan pemilik mobil, antara lain:

  • Rutin ganti oli mobil, idealnya waktu ganti oli mobil setiap mobil menempuh jarak tempuh 10.000 kilometer atau setara dengan 6 bulan pemakaian tergantung pemakaian masing-masing pemilik kendaraan.
  • Rutin memeriksa pelumasan mobil, minyak pelumasan yang perlu Anda ganti secara rutin antara lain pelumasan pada sistem pengereman mobil, power steering, hingga pelumasan untuk sistem transmisi.
  • Rutin memeriksa kondisi aki mobil beserta dengan kabelnya agar korosi dan bentuk kerusakan lainnya cepat terdeteksi.
  • Rutin memeriksa kondisi ban mobil. Memastikan ban mobil memiliki tekanan sesuai standar agar terhindar dari kecelakaan akibat ban bocor atau meletus.
  • Rutin memeriksa komponen mobil lainnya seperti lampu mobil, AC mobil, knalpot mobil hingga kinerja wiper mobil.

Demikianlah informasi tentang pentingnya perawatan kendaraan dinas dan SOP pemeliharaan kendaraan dinas. Semoga informasi tersebut bermanfaat sehingga kendaraan dinas operasional perusahaan selalu dalam keadaan prima dan dapat digunakan jangka panjang.

Pertanyaan Seputar Perawatan Kendaraan Dinas :


Perawatan atau pemeliharaan kendaraan adalah rangkaian aktivitas memeriksa, membersihkan hingga memastikan seluruh komponen mobil dalam kondisi baik sehingga efisiensi penggunaan kendaraan semakin optimal dengan menekan potensi kerusakan komponen mobil dan durasi perbaikan mobil.


Fungsi kendaraan dinas antara lain sebagai moda transportasi untuk mendukung seluruh aktivitas bisnis perusahaan, termasuk di dalamnya mempermudah pegawai atau anggota organisasi dalam mobilitas sehari-hari sesuai pekerjaannya.


Jenis-jenis perawatan kendaraan dinas antara lain dengan rutin ganti oli mobil, memeriksa sistem pelumasan kendaraan, rutin memeriksa aki mobil, rutin memeriksa aki mobil, hingga rutin memeriksa komponen mobil lainnya seperti lampu mobil dan AC mobil.