Bagi seseorang yang bekerja di bidang pertambangan, perkebunan, atau proyek-proyek besar, umumnya akan mendapatkan fasilitas berupa mess karyawan. 

Mess karyawan adalah salah satu fasilitas yang diberikan perusahaan untuk karyawannya berupa tempat tinggal yang bisa ditempati secara gratis. 

Tujuan dari pembangunan mess karyawan adalah untuk memudahkan mobilitas karyawan dalam bekerja. Apalagi jika lokasi pekerjaan di tempat yang jauh dari keramaian, misalnya di area perkebunan, pertambangan, dan lain sebagainya. 

Berikut ini beberapa informasi terkait mess karyawan, contoh mess yang biasa digunakan, hingga kelebihan dan kekurangannya. 

Contoh Mess Karyawan

Bangunan dari mess pekerja ini berbeda-beda. Namun, umumnya memiliki desain yang sama, seperti ModSnap, ModPack, dan Modmulti K House. Berikut ini contoh mess karyawan dan penjelasannya.

1. ModSnap

ModSnap adalah contoh mess karyawan yang bangunannya seperti kontainer box. Bangunan mess jenis ini biasanya tidak permanen dan bisa dibongkar pasang serta mudah dipindah ke lokasi lain. 

Contoh mess karyawan seperti ini umumnya digunakan di area pertambangan atau area proyek yang berpindah-pindah. 

Meskipun terlihat panas, namun bangunan mess ini tetap nyaman dan bisa menahan kondisi panas maupun hujan. 

2. ModPack

Contoh mess karyawan berikutnya adalah ModPack yang dibangun dengan bahan knock down baja ringan. Jadi, proses pembangunannya akan lebih cepat.

Tipe ModPack ini juga biasanya dibuat untuk rumah sakit modular, asrama, hingga kantor proyek. 

3. Modmulti K House

Modmulti K House dibangun dengan knock down baja ringan dan dilengkapi dengan atap serta dinding sandwich panel. 

Contoh mess karyawan tipe ini cukup fleksibel dan mudah jika akan diperluas atau menggabungkan bangunan di sebelahnya.

Beberapa perusahaan yang sudah menetap biasanya juga memberikan mess karyawan seperti rumah atau kos-kosan dengan bangunan yang permanen. 

Kelebihan Mess Karyawan

Selain bisa menghemat pengeluaran untuk sewa tempat tinggal, berikut ini kelebihan mess karyawan yang perlu diketahui.

1. Jarak ke Kantor Dekat

Tentunya Anda sudah tahu realitanya bekerja di ibu kota di mana untuk jarak dari rumah ke lokasi pekerjaan bisa memakan waktu selama 2-3 jam. 

Apabila sudah tersedia mess karyawan, Anda akan diuntungkan dengan jarak yang dekat dengan lokasi kerja. Sehingga, Anda bisa beristirahat dengan nyaman dan produktivitas bekerja pun meningkat. Karyawan jadi lebih fokus bekerja, sehingga target-target perusahaan bisa tercapai dengan baik. 

2. Hubungan dengan Antar Karyawan Semakin Erat

Tinggal di mess karyawan juga akan membuat hubungan dengan rekan kerja semakin erat. Di waktu-waktu senggang, Anda bisa berdiskusi dengan rekan kerja untuk membahas berbagai hal, mulai dari pekerjaan dan hal-hal lain yang bisa meningkatkan produktivitas. 

Selain itu, hubungan yang akrab dengan rekan kerja juga akan berdampak baik pada pekerjaan, di mana Anda dan rekan kerja semakin kompak dan bisa menyelesaikan target dengan baik. 

3. Keamanan Terjamin

Dari segi keamanan, mess karyawan juga sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih. Jadi, Anda tidak perlu khawatir ada barang yang hilang saat sedang pergi bekerja.

Biasanya, mess karyawan sudah dilengkapi dengan kamera CCTV serta sistem lock door yang canggih dan aman.

4. Kebutuhan Sudah Dipenuhi

Selain menghemat biaya tempat tinggal, di mess karyawan juga biasanya sudah dipenuhi kebutuhan-kebutuhan karyawan, seperti kasur, lemari, meja, paket internet, makan sehari-hari, obat-obatan, hingga keperluan pribadi lainnya. 

Anda tinggal membawa baju dan keperluan pribadi saja saat mendapatkan mess karyawan. Sisanya, akan dipenuhi oleh perusahaan. 

Kekurangan Mess Karyawan

Meskipun banyak keuntungan yang didapatkan saat mendapatkan mess karyawan, ada juga beberapa kekurangan dari mess karyawan, seperti berikut ini:

1. Fasilitas Seadanya

Kekurangan dari mess karyawan yang pertama adalah fasilitas yang seadanya. Selain itu, beberapa fasilitas juga terkadang rusak karena bekas digunakan oleh karyawan sebelumnya.

Ada beberapa perusahaan yang mungkin memperhatikan hal ini. Namun, ada juga perusahaan yang mungkin tidak memperdulikannya. 

2. Tidak Fleksibel

Pada mess karyawan, biasanya dibuat beberapa aturan tertentu. Misalnya, jadwal makan, jadwal masuk ke dalam mess.

Jadi, aturan ini membuat karyawan tidak fleksibel. Misalnya karyawan masih belum lapar, namun karena adanya aturan jadwal makan, mau tidak mau harus makan. 

3. Privasi Terbatas

Kekurangan mess karyawan berikutnya adalah privasi yang terbatas. Hal ini karena karyawan harus berbagi beberapa hal, seperti kamar mandi, dapur, dan fasilitas lainnya.

Terkadang, beberapa perusahaan juga menempatkan 2-3 karyawannya dalam satu kamar mess yang membuat karyawan tidak bebas melakukan sesuatu.

Selain memberikan fasilitas berupa mess karyawan, biasanya perusahaan juga memberikan fasilitas berupa mobil dinas yang bisa digunakan untuk kebutuhan operasional perusahaan. 

Untuk menjaga performa mobil dinas tetap bagus, Anda bisa mendaftar layanan servis mobil dinas Otoklix for Business

Otoklix for Business ini merupakan layanan terbaru dari Otoklix yang membantu perusahaan dalam merawat mobil operasional, sehingga performanya tetap bagus dan optimal. 

Tak perlu khawatir karena Otoklix for Business menggunakan suku cadang asli. Bahkan, perusahaan bisa hemat hingga 30% dibandingkan dengan servis di bengkel resmi. 

Anda juga akan mendapatkan garansi servis selama 14 hari. Tertarik? Yuk, segera daftar layanan Otoklix for Business sekarang juga!

Percayakan servis mobil perusahaan pada layanan Otoklix for Business. Layanan servis lengkap dan lokasi bengkel tersebar di seluruh Indonesia. Hubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut.

Pertanyaan seputar Mess Karyawan

Biasanya mess karyawan diberikan secara cuma-cuma karena merupakan fasilitas penunjang. Namun, beberapa perusahaan memang ada yang meminta tarif mess dengan harga sewa yang lebih murah.

Karyawan yang tidak tinggal di mess akan diberikan pilihan berupa tunjangan sebagai pengganti fasilitas mess karyawan.

Biasanya, perusahaan akan memberikan fasilitas seperti makanan dan obat-obatan. Namun, hal ini bergantung pada kebijakan perusahaan.