Setiap usaha butuh administrasi yang tertata. Begitu juga dengan rental mobil. Jasa rental mobil hadir untuk memberikan kemudahan dalam pengalaman berkendara. Contoh kwitansi rental mobil berikut ini bisa membantu Anda pemilik bisnis untuk memberikan keamanan bagi pelanggan.

Mari kita simak pengertian, manfaat, kelebihan dan kekurangan, serta contoh kwitansi rental mobil.

Pengertian dan Manfaat Kwitansi Sewa Mobil

Kwitansi atau nota sewa mobil adalah dokumen yang mencatat rincian transaksi layanan sewa mobil. Di dalamnya terdapat beragam informasi antara lain mobil yang disewa, lama waktu sewa, biaya sewa, hingga nominal yang harus dibayar. Selain itu ada juga informasi kondisi mobil, akankah ada kerusakan atau tidak, jarak yang sudah ditempuh, jadwal pengembalian, dan juga lokasi tempat pengembalian.

Banner

Bagi Anda pemilik rental mobil sebaiknya jaga kwitansi-kwitansi tersebut sebaik mungkin sebab bisa dijadikan barang bukti saat terjadi perselisihan antara pelanggan dan pihak pemilik rental mobil.

Selain sebagai bukti pembayaran, manfaat lain dari kwitansi rental mobil juga memberikan informasi syarat dan ketentuan serta biaya tambahan yang berlaku. Namun, meskipun kwitansi rental mobil penting bagi kedua belah pihak, ternyata belum sepenuhnya penyedia jasa rental mobil membuat bukti pembayaran ini. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu contoh kwitansi rental mobil.

Kelebihan dan Kekurangan Kwitansi Sewa Mobil

Sebelum memahami contoh kwitansi rental mobil, Anda juga perlu memahami kelebihan dan kekurangan kwitansi rental mobil.

Kelebihan kwitansi rental mobil

  • Memberikan pemahaman kepada pelanggan tentang syarat dan ketentuan sewa mobil dengan lebih mudah.
  • Bisa memberikan perlindungan kepada pelanggan atas kerugian yang tidak diinginkan.
  • Memudahkan pihak jasa rental mobil untuk mengatur sistem pemesanan dan transaksi.
  • Mengantisipasi kesalahan komunikasi antara pelanggan dan pihak penyedia jasa.
  • Memberikan kepastian biaya, waktu sewa, dan ketentuan lainnya. 
  • Membangun kepercayaan dan hubungan baik antara pelanggan dan penyedia jasa.

Baca juga: Keuntungan Rental Mobil untuk Driver Online, Ini Persyaratannya

Kekurangan kwitansi rental mobil

Meskipun banyak keuntungannya, ternyata ada juga kekurangan dari adanya kwitansi rental mobil.

  • Kemungkinan terjadi kesalahan pada sistem transaksi sehingga pembuatan nota juga bisa salah.
  • Beberapa pihak penyedia jasa sewa mobil bisa kurang teliti dalam pembuatan kwitansi.
  • Tidak semua penyedia jasa rental mobil memakai nota sewa mobil.
  • Kemungkinan terjadi kelalaian dalam pengarsipan nota.
  • Kemungkinan ada biaya tambahan yang tidak dicantumkan pada kwitansi.

Format Kwitansi Rental Mobil

Pada dasarnya setiap kwitansi punya format yang mirip, tetapi harus menyesuaikan kebutuhan. Contoh kwitansi rental mobil punya dua sisi, dibuat rangkap, dan ada format isi kwitansinya.

Punya dua sisi

Kwitansi sewa mobil punya dua sisi. Sisi kanan dan kiri punya fungsi yang berbeda. Sisi kiri biasanya berukuran lebih kecil daripada sisi kanan dan diberikan kepada pihak penyedia jasa sewa mobil. Sedangkan sisi kanan akan diberikan kepada pihak yang menyewa mobil.

Kwitansi diberikan kepada kedua belah pihak setelah proses pembayaran selesai. Oleh sebab itu, barang bukti ini tidak boleh hilang dan tersimpan yang asli hingga proses transaksi selesai dilakukan.

Punya rangkap

Kwitansi sewa mobil memiliki model rangkap. Bagian asli diberikan kepada peminjam mobil dan arsipannya disimpan oleh pihak rental. Arsip ini penting bagi pemilik rental untuk mencatat laporan keuangan tiap bulannya.

Baca juga: 11 Tips Memulai Usaha Rental Mobil

Format kwitansi bagian isi

Isi yang merupakan informasi pada contoh kwitansi rental mobil harus lengkap. Sebab, kwitansi berfungsi sebagai bukti pembayaran yang sah. Oleh sebab itu, terdapat tempat untuk mengisi nama lengkap sesuai KTP.

Selanjutnya tersedia tempat untuk membubuhkan informasi nominal uang sewa. Sertakan angka dan terbilang penyebutan nominal uangnya. Kemudian, ada tempat untuk menulis keterangan. Biasanya keterangan yang diisi adalah perjanjian sewa mobil dengan metode DP 50% dan baru dilunasi saat mobil dikembalikan.

Selanjutnya ada informasi hari dan tanggal peminjaman dan pengembaliannya. Sebab, ada biaya tambahan kalau terlambat mengembalikan kendaraan.

Sebagai gambaran, isi contoh kwitansi rental mobil adalah sebagai berikut.

NoInformasiKeterangan
1Nama pelangganNama lengkap sesuai dengan KTP.
2No.identitas pelangganNomor identitas sah seperti pada KTP maupun SIM.
3No telepon pelangganNomor telepon aktif yang bisa dihubungi.
4Tanggal dan waktu sewaTanggal dan waktu mulai dan berakhirnya sewa mobil.
5Detail kendaraanInformasi jenis kendaraan dan nomor polisi.
6Biaya rentalTotal biaya sewa mobil yang perlu dibayarkan oleh penyewa.
7Syarat dan ketentuanDetail syarat dan ketentuan yang perlu dipatuhi pelanggan selama meminjam mobil.

Informasi lainnya

Selain informasi di atas, cantumkan juga informasi lainnya seperti logo, alamat, nomor telepon. Kemudian, nama pekerja yang melayani pelanggan tersebut juga perlu dicantumkan. Selain itu, nomor transaksi pada hari itu juga perlu dicantumkan. Fungsinya untuk memudahkan saat merekap data.

Siapkan juga tempat untuk ditandatangani oleh kedua belah pihak. Kalau perlu, siapkan juga cap perusahaan.

Baca juga: Manfaat Servis Mobil Operasional dengan Otoklix for Business

Gambar Contoh Kwitansi Rental Mobil

Berikut ini adalah beberapa contoh kwitansi rental mobil dalam bentuk gambar.
Contoh kwitansi sewa mobil 1


Contoh kwitansi rental mobil 6

Contoh kwitansi rental mobil 9

Itu dia manfaat, pentingnya, format, hingga contoh kwitansi rental mobil. Selain memberikan kepastian kepada kedua pihak, pembukuan kwitansi yang baik juga bisa membantu perusahaan mengelola anggaran.

Solusi lain untuk memudahkan perusahaan mengelola administrasi dan anggaran adalah bergabung dengan Otoklix for Business. Otoklix for Business membantu perusahaan dalam mengelola administrasi dalam hal perawatan mobil operasional maupun mobil rental.

Servis yang ditawarkan bengkel Otoklix berkualitas dengan harga 30% lebih hemat daripada bengkel resmi. Selain itu, terdapat garansi 14 hari. Keuntungan lain dari Otoklix for Business adalah layanan antar jemput, home service, dan pelayanan yang responsif.

Install aplikasi Otoklix di PlayStore untuk kemudahan booking servis, mengetahui lokasi bengkel terdekat, dan servis tanpa antri. Selain via aplikasi, bisa juga booking via Whatsapp OtoBuddy di nomor 0811-9200-25.

Pertanyaan Seputar Contoh Kwitansi Rental Mobil


Syarat dokumen saat mau sewa mobil antara lain KTP, NPWP, KK, dan juga fotokopi PBB (pajak bumi dan bangunan). Surat kepemilikan rumah atau mengontrak, rekening listrik dan telepon, dan BPKB kendaraan sepeda motor juga biasanya dibutuhkan.


Rental mobil adalah penyedia layanan penyewaan kendaraan harian, bisa kontrak menggunakan driver atau lepas kunci.


Menurut Pasal 1564 KUHP Perdata menyatakan bahwa penyewa bertanggung jawab atas segala kerusakan yang terjadi selama masa sewa, kecuali penyewa bisa membuktikan kerusakan bukan terjadi karena kesalahannya.