Cari tahu contoh kuesioner kepuasan pelanggan termasuk aktivitas bisnis yang cukup krusial supaya Anda dapat membuat kuesioner kepuasan pelanggan sendiri untuk bisnis.

Kuesioner kepuasan pelanggan ini berfungsi bukan hanya mengetahui produk atau jasa mana yang menjadi favorit pelanggan, melainkan juga bisa menjadi tolok ukur bisnis untuk melakukan pembaruan bisnis termasuk regulasi bisnis bila saran dan kritik yang diajukan pelanggan berkaitan dengan pelayanan karyawan.

Gak asal-asalan dapat membuat kuesioner kepuasan pelanggan. Harus ada format khusus yang paten sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, mari simak contoh kuesioner kepuasan pelanggan berikut ini dan cara membuatnya.

Banner

Baca juga: Skill dan Tugas Customer Service Profesional

Pengertian Kuesioner Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan adalah kondisi di mana pelanggan merasa puas setelah membeli dan menggunakan produk atau jasa perusahaan Anda. Secara spesifik belum ada yang bisa mendeskripsikan bagaimana rasa puas yang dimaksud.

Akan tetapi, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan misalnya saja seperti fungsi dan kualitas produk itu sendiri, harga yang ditawarkan, perbandingan produk dengan kompetitor hingga merasa puas dengan pelayanan karyawan perusahaan.

Berangkat dari sana maka bisa disimpulkan bahwa kuesioner kepuasan pelanggan merupakan survey yang berisi pertanyaan yang ditujukan kepada pelanggan untuk memberikan nilai terhadap produk dan pelayanan perusahaan.

Adapun 4 indikator sederhana yang bisa dijadikan tolok ukur kepuasan pelanggan antara lain:

  • Pelanggan membeli dan menggunakan produk Anda secara terus-menerus
  • Pelanggan merekomendasikan produk kepada orang lain
  • Pelanggan mengungkapkan rasa puasnya secara langsung dengan memberikan review bagus
  • Pelanggan berekspektasi terhadap kemajuan produk atau jasa Anda.

Kenapa penting membuat kuesioner atau survey kepuasan pelanggan? Karena Anda dapat meningkatkan kualitas produk dan pelayanan bisnis sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan konsumen produk Anda secara langsung.

Dengan begitu, semakin Anda mempertimbangkan harapan dan kebutuhan pelanggan maka semakin besar rasa pelanggan merasa didengar oleh perusahaan sehingga menciptakan rasa loyal pelanggan dengan tetap menggunakan produk perusahaan Anda.

Baca juga: Panduan dan Cara Mengatasi Komplain Pasien di Rumah Sakit

Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan

Supaya Anda mendapatkan informasi yang akurat dan berpengaruh langsung terhadap peningkatan bisnis atau produk Anda, maka dari itu Anda perlu mempertimbangkan format dan pertanyaan yang akan diajukan kepada pelanggan. Berikut ini contoh-contoh kuesioner kepuasan pelanggan berdasarkan industrinya.

1. Contoh Kuesioner Kepuasan Konsumen terhadap Produk Makanan

Beberapa elemen penting yang bisa Anda tanyakan kepada konsumen setelah mengonsumsi produk makanan perusahaan Anda yakni kualitas rasa makanan, harga makanan, perbandingan rasa dengan harga yang ditawarkan, desain tata letak makanan atau desain kemasan hingga pelayanan karyawannya.

Berikut ini contoh kuesioner kepuasan konsumen terhadap produk makanan cepat saji, antara lain sebagai berikut:

  • Apakah desain kemasan produk makanan cepat saji rapi? Jawaban : Setuju/Kurang Setuju/Tidak Setuju
  • Apakah harga makanan terjangkau dan sebanding dengan rasanya? Jawaban: Setuju/Kurang Setuju/Tidak Setuju
  • Apakah rasa makanan tersebut enak? Jawaban : Setuju/Kurang Setuju/Tidak Setuju
  • Apakah pelayanan karyawan perusahaan sopan, ramah dan memuaskan? Jawaban : Setuju/Kurang Setuju/Tidak Setuju
  • Apakah Anda akan merekomendasikan produk ini kepada orang lain? Jawaban : Setuju/Kurang Setuju/Tidak Setuju

2. Contoh Survey Kepuasan Pelayanan terhadap Pelanggan Belanja Online

Industri e-commerce yang sedang maju saat ini juga tetap perlu membuat survey kepuasan pelanggan. Khusus belanja online, poin penting yang umum ada di survey kepuasan pelanggan antara lain komentar tentang kualitas produk, harga produk, perbandingan antara harga dan kualitas produk hingga pelayanan customer service dan security tim ekspedisi.

Berikut ini contoh survey kepuasan pelayanan terhadap pelanggan belanja online, antara lain sebagai berikut:

  • Apakah harga produk sesuai dengan kualitas? Jawaban : Setuju/Kurang Setuju/Tidak Setuju
  • Apakah produk yang Anda terima merupakan barang original berkualitas terbaik? Jawaban : Setuju/Kurang Setuju/Tidak Setuju
  • Apakah customer service memberikan informasi dan pelayanan dengan tepat dan benar? Jawaban : Setuju/Kurang Setuju/Tidak Setuju
  • Apakah promo yang toko tawarkan menarik? Jawaban : Setuju/Kurang Setuju/Tidak Setuju
  • Apakah Anda akan merekomendasikan produk dan toko kami kepada orang lain? Jawaban : Setuju/Kurang Setuju/Tidak Setuju

3. Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Jasa Aplikasi

Sementara itu, contoh kuesioner kepuasan pelanggan terhadap pelayanan jasa adalah jasa penyedia aplikasi sesuai dengan kemajuan teknologi dan sistem digitalisasi saat ini.

Adapun poin-poin yang umum ada pada kuesioner kepuasan pelanggan jasa aplikasi yakni mengenai fitur yang ada pada aplikasi, apakah aplikasi tersebut user friendly, hingga bagaimana tampilan user atau user interface (UI).

Berikut ini contoh kuesioner kepuasan pelanggan terhadap pelayanan jasa aplikasi, antara lain sebagai berikut:

  • Apakah aplikasi ini mudah dipelajari dan digunakan? Jawaban : Setuju/Kurang Setuju/Tidak Setuju
  • Apakah tampilan user interface aplikasi ini mudah dipahami? Jawaban : Setuju/Kurang Setuju/Tidak Setuju
  • Apakah aplikasi ini dapat memudahkan pekerjaan Anda? Jawaban : Setuju/Kurang Setuju/Tidak Setuju
  • Apakah Anda akan merekomendasikan aplikasi ini kepada orang lain? Jawaban : Setuju/Kurang Setuju/Tidak Setuju

Baca juga: Otoklix for Business Utamakan Respons Cepat untuk Masalah Mobil Klien

Demikianlah contoh kuesioner kepuasan pelanggan sesuai industrinya yang bisa Anda ikuti contoh formatnya sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Jika perusahaan Anda sedang mencari bengkel khusus yang bisa merawat dan memelihara mobil operasional perusahaan, Anda bisa mempercayakannya kepada Bengkel Otoklix.

Bengkel Otoklix memiliki program khusus Otoklix for Business yang diperuntukkan khusus untuk pelanggan perusahaan yang perlu merawat seluruh kendaraan operasional perusahaannya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Otoklix for Business, silakan download aplikasi Otoklix. Anda juga bisa menghubungi Tim OtoBuddy melalui WhatsApp 0811-920-025.

Pertanyaan Seputar Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan :


Kuesioner kepuasan pelanggan merupakan survey yang berisi pertanyaan yang ditujukan kepada pelanggan untuk memberikan nilai terhadap produk dan pelayanan perusahaan.


Indikator kepuasan pelanggan antara lain pelanggan membeli dan menggunakan produk Anda secara terus-menerus, pelanggan merekomendasikan produk kepada orang lain, pelanggan mengungkapkan rasa puasnya secara langsung dengan memberikan review bagus, dan pelanggan berekspektasi terhadap kemajuan produk atau jasa Anda.


Beberapa elemen penting yang bisa Anda tanyakan kepada konsumen setelah mengonsumsi produk makanan perusahaan Anda yakni kualitas rasa makanan, harga makanan, perbandingan rasa dengan harga yang ditawarkan, desain tata letak makanan atau desain kemasan hingga pelayanan karyawannya.