Bearing merupakan komponen yang memiliki peran penting dalam industri mesin dan mekanik. Secara umum, fungsi bearing yaitu mengurangi gesekan antara dua bagian yang bergerak sehingga memperlancar perputaran atau pergerakan mekanik. Penggunaan bearing sangat umum dalam berbagai aplikasi, mulai dari mesin industri hingga peralatan rumah tangga.

Pengertian Bearing

Bearing adalah bagian dari mesin yang digunakan untuk mengatur gerakan relatif antara dua komponen atau lebih dalam mesin agar bergerak sesuai dengan arah yang diinginkan. Sebagai contoh, bearing digunakan untuk menjaga agar poros mesin tetap berputar pada sumbunya dengan lancar serta memastikan komponen lain tetap berada pada jalur yang ditentukan.

Fungsi Bearing

Fungsi bearing adalah mengurangi gesekan antara dua permukaan yang saling bergerak. Tanpa adanya bearing, gesekan antara permukaan tersebut dapat menyebabkan keausan yang cepat hingga merusak komponen mesin.

Selain mengurangi gesekan, bearing juga berperan dalam menopang beban. Maka dari itu, bearing membantu mendistribusikan beban secara merata sehingga memungkinkan mesin beroperasi dengan stabil dan aman.

Jenis Bearing

Jenis Bearing

Ada banyak jenis bearing yang perlu OtoFriends ketahui, antara lain:

  • Ball Bearing

Bearing jenis bola atau ball bearing sering dipakai dalam industri otomotif atau peralatan rumah tangga. Fungsi bearing jenis ini sangat sederhana, yaitu mampu menahan beban radial atau beban putaran serta beban tekan yang datang dari samping dengan baik.

Terdapat beberapa jenis ball bearing, yakni single flow ball bearing (bantalan bola aliran tunggal), axial thrust ball bearing (bantalan bola dorong aksial), angular contact ball bearing (bantalan bola kontak sudut), dan self-aligning ball bearing (bantalan bola auto menyelaraskan diri).

  • Cartridge Bearing

Cartridge bearing adalah jenis bearing yang dirancang dengan penutup rapat dan dilengkapi seal atau karet pengunci tambahan. Fungsinya yaitu melindungi dari bearing kotoran dan serpihan lain yang dapat masuk ke dalamnya.

Seal karet juga bertugas untuk menjaga bola-bola bearing tetap berada dalam posisi yang optimal. Cartridge bearing umumnya digunakan pada gir sepeda satu roda atau unicycle dan sepeda roda dua konvensional.

  • Ball Thrust Bearing

Mirip dengan ball bearing, fungsi bearing satu ini memiliki kemampuan yang baik dalam menahan beban tekan dari samping atau thrust load. Namun, ball thrust bearing cenderung lebih ringan dengan kemampuan menahan beban yang lebih ringan.

Sebagai contoh, ball thrust bearing sering digunakan pada meja dan kursi yang dapat diputar sehingga barang-barang itu dapat bergerak atau berputar dengan lancar dan mudah.

  • Spherical Roller Bearing

Spherical roller bearing atau bantalan rol bulat merupakan jenis bantalan elemen bergulir yang dirancang untuk rotasi dengan gesekan rendah. Fungsi bearing jenis spherical roller ini yaitu mampu menahan beban berat dari samping maupun dari putaran lantaran bantalannya memiliki dua baris rol yang beroprasi pada dua jalur.

Cara Merawat Bearing

Meskipun memiliki kemampuan yang memadai, ternyata setiap jenis bearing memiliki kekuarangan. Namun, kekurangan tersebut bisa dicegah dengan cara melakukan perawatan secara rutin. Cara merawatnya yaitu:

  • Hindari Bearing dari Air dan Debu

Cara yang pertama yaitu dengan menjauhkan bearing dari air dan debu. Kedua kedua partikel tersebut akan membuat bearing mudah berkarat dan kotoran pun akan menumpuk di sela-sela komponennya. Walaupun tidak menimbulkan kerusakan yang cukup parah, air dan debu bisa membuat fungsi bearing berkurang hingga tidak bisa digunakan kembali.

  • Hindari Menerjang Jalanan yang Rusak

Saat sepeda motor melintasi jalan yang rusak atau speed trap dengan kecepatan tinggi, bearing akan mengalami tekanan berlebih. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada bentuk dan tingkat presisi bearing.

Apabila bearing sudah rusak, roda akan terasa tidak stabil hingga sulit mengendalikan stang ke kiri maupun ke kanan. Bahkan jika fungsi bearing sudah tidak optimal akan meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan.

  • Perhatikan Prosedur Pemasangan Bearing

Pastikan bahwa pemasangan bearing dilakukan dengan sempurna dan tanpa cacat. bearing yang cacat tidak dapat digunakan kembali sehingga OtoFriends harus mengeluarkan uang untuk membeli bearing baru. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan prosedur pemasangan bearing dengan cermat agar tidak mengalami kerugian.

Intinya, fungsi  bearing adalah untuk mengurangi gesekan dan menahan beban dalam berbagai aplikasi. Namun, OtoFriends harus menggunakan bearing yang sesuai agar efisiensi dan kinerjanya bisa ditingkatkan secara menyeluruh.

Pastikan juga seluruh komponen mesin kendaraan dalam kondisi terbaik. Yuk servis rutin di bengkel Otoklix. Fasilitasnya bikin nyaman dan OtoFriends gak perlu antri karena bisa booking jadwal online!

Pertanyaan Seputar Bearing

 

Apa fungsi dari bearing?

Fungsi bearing adalah untuk mengurangi gesekan antara dua permukaan yang bergerak.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan bearing?

Bearing adalah komponen mekanis yang dirancang untuk mengurangi gesekan antara dua permukaan yang bergerak satu sama lain.

Apa saja jenis jenis bearing?

Ball bearing (bearing bola), roller bearing (bearing rol), thrust bearing (bearing dorong), dan spherical bearing (bearing sferis).

Apa fungsi roller bearing?

Mengurangi gesekan antara dua permukaan yang bergerak satu sama lain dengan menggunakan rol silinder atau konis sebagai elemen bergulir.

 

References:

https://makrodigitech.com/articles/what-is-bearing-and-its-function

https://www.selasar.com/jenis-bearing/

https://anugerahjayabearing.com/merawat-bearing-agar-tetap-awet-dan-hemat.html