Penyebab setir mobil berat harus segera diketahui untuk mengantisipasi masalah kemudi sulit dikontrol. Sayangnya, karena lumrah terjadi, masih banyak pengendara yang tidak menyadari bahwa penyebab setir mobil berat datang menghampiri. Padahal masalah ini berisiko jika dibiarkan, dan akan menyulitkan ketika OtoFriends melakukan manuver mobil. 

Baca juga: Cara Memegang Setir Mobil yang Benar Kunci Aman Berkendara

Mengantisipasi risiko kecelakaan, berikut Otoklix rangkum informasi lengkap mengenai penyebab setir mobil berat yang harus diketahui. Simak penjelasannya di bawah ini!

6 Penyebab Setir Mobil Berat

Masalah penyebab setir mobil berat umumnya disebabkan oleh power steering yang bermasalah. Namun, ada juga beberapa penyebab lainnya, yaitu:

1. Ban mobil kempes

Penyebab setir mobil berat yang umum terjadi adalah akibat ban mobil kempes. Jika tekanan angin berkurang, maka bisa dipastikan kinerja power steering akan lebih berat dan sulit di kontrol. Alhasil, OtoFriends akan sulit melakukan manuver mobil di tikungan. Mengantisipasi hal ini terjadi, penting untuk selalu memperhatikan tekanan ban sebelum dan sesudah berkendara.

2. Cairan power steering bocor

Bagi OtoFriends yang belum tahu, power steering merupakan sistem yang membantu pengendara untuk mengemudikan mobil. Sistem ini terhubung pada roda dan kemudi. Apabila cairan power steering bocor, risiko kemudi tidak kembali setelah diputar untuk berbelok bisa saja terjadi. Hal ini sungguh mengganggu dan membahayakan, pasalnya setir hanya bisa berbelok pada satu sisi saja.

3. Oli power steering habis

Oli power steering habis bisa menjadi penyebab setir mobil berat terjadi. Pasalnya, untuk bisa bergerak sempurna, steering mobil membutuhkan oli sebagai pelumasnya. Jika oli habis atau berkurang dari takaran yang diperlukan, bisa dipastikan gerakan putaran kemudi akan terhambat karena tidak memiliki tekanan hidrolik yang cukup untuk meringankan putaran setir. 

4. Power steering belt bermasalah

Penyebab setir mobil berat lainnya adalah power steering belt yang bermasalah. Komponen power steering belt memiliki peranan penting untuk memompa oli supaya menghasilkan tekanan, sehingga kemudi bisa berputar sempurna. Jika power steering belt rusak atau bermasalah, gerakan putar kemudi akan terasa lebih berat dari biasanya.

Baca juga: Fungsi Komponen Setir Mobil dan Jenis Sistem Kemudi Mobil

5. Rack steer rusak

Jika OtoFriends pernah membongkar komponen rack steer dan memasangnya tidak sesuai dengan setelan pabrik, maka bisa jadi itu adalah penyebab setir mobil berat terjadi. Pemasangan terlalu kencang atau bahkan terlalu longgar setelah proses pembongkaran dapat membuat setir menjadi berat dan sulit dikontrol.

Perlu diketahui, masalah rack steer rusak juga bisa terjadi jika OtoFriends sering berkendara di jalanan berlubang. Gesekan antar komponen bisa menjadi penyebab rack steer menjadi aus yang kemudian menjadi masalah penyebab setir mobil berat terjadi.

6. Komponen long tie rod rusak

Komponen long tie rod berperan untuk meredam getaran dari ban ke stir mobil. Apabila getaran sampai terasa, tentu akan mengganggu keamanan dan kenyamanan OtoFriends dan penumpang. Terbayang apabila komponen ini mengalami kerusakan, tidak hanya keamanan dan kenyamanan terganggu, tapi kemudi juga akan sulit dikontrol karena adanya getaran.

7. Menggunakan komponen mobil palsu

Sering melakukan servis atau perbaikan di bengkel? Pastikan OtoFriends selalu berhati-hati dan memastikan bahwa setiap penggantian komponen atau spare part selalu menggunakan komponen yang asli. Jangan asal dalam memilih bengkel servis karena berisiko membuat komponen mobil menjadi rusak. 

Baca juga: Servis Stir Mobil, Ini Bagian yang Perlu Dicek dan Biayanya

OtoFriends bisa menggunakan layanan booking servis dari Otoklix. Otoklix bermitra dengan 2000+ bengkel umum mobil pilihan di Jabodetabek dan 20.000+ mobil telah ditangani. Kualitas pelayanan sama dengan kualitas bengkel resmi, namun harga bisa diketahui di awal booking.

Cara Mengatasi Penyebab Setir Mobil Berat

Sudah tahu berbagai penyebab setir mobil berat, lantas bagaimana cara tepat untuk memperbaikinya? Ada beberapa hal yang bisa OtoFriends lakukan, yaitu:

  1. Rutin mengecek tekanan angin ban
  2. Atur ulang kondisi setir dengan melakukan spooring dan balancing
  3. Rutin melakukan penggantian oli power steering
  4. Melakukan servis di bengkel rekanan Otoklix untuk mengganti komponen yang rusak
  5. Pastikan memilih bengkel servis yang menyediakan suku cadang asli

Tips Perawatan Setir dan Cara Mencegah Penyebab Setir Mobil Berat Terjadi

Sudah pernah mengalami masalah penyebab setir mobil berat, ada beberapa hal yang bisa OtoFriends lakukan untuk mencegah masalah tersebut datang kembali. Salah satunya adalah dengan menghindari berkendara di jalanan berlubang, menjaga kapasitas beban mobil, melakukan penggantian suspensi mobil yang rusak, rutin melakukan perawatan dan servis rutin setiap 6 bulan sekali, dan tidak lupa untuk melakukan wheel alignment setiap 20 ribu kilometer. Hal ini akan membantu OtoFriends untuk menjaga kualitas putar setir mobil tetap dalam kondisi normal.

Baca juga: Penyebab Stir Mobil Bunyi Saat Jalan Rusak dan Berbelok

Pastikan OtoFriends selalu berkendara aman dan nyaman ketika berkendara. Jangan ragu bertanya atau menghubungi kami apabila ingin melakukan konsultasi terkait penyebab setir mobil berat pada mobil OtoFriends. 

Otoklix, Your Trusted Automotive Partner!

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Setir Mobil Berat

Masalah penyebab setir mobil berat umumnya disebabkan oleh power steering yang bermasalah. Namun, ada juga beberapa penyebab lainnya, seperti ban kempes dan kebiasaan berkendara di jalanan berlubang.

Rutin mengecek tekanan angin ban, melakukan spooring dan balancing, mengganti oli power steering, dan melakukan servis di bengkel tepercaya bisa menjadi solusi tepat untuk mengatasi penyebab setir mobil berat.

Ada beberapa komponen mobil yang harus diperiksa ketika penyebab setir mobil berat terjadi. Komponen terpenting iala power steering yang merupakan komponen pembantu untuk menghubungkan setir ke roda mobil.