Remote mobil tidak berfungsi dapat disebabkan oleh beberapa hal. Jika itu terjadi, OtoFriends tidak perlu khawatir karena ada banyak solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Remote mobil memiliki berbagai fungsi seperti mempermudah dalam mengunci dan membuka pintu. Benda ini bisa menjadi andalan untuk menyalakan alarm pada mobil. Namun, apa jadinya jika ada masalah seperti tidak bisa mengunci pintu secara otomatis? Mari simak penyebab remote mobil tidak berfungsi beserta solusinya berikut ini.

Baca juga: Mesin Mobil Terdiri dari Banyak Komponen Penting, Apa Saja?

Penyebab Remote Mobil Tidak Berfungsi

Penggunaan remote mobil kini sudah sangat lumrah mengingat manfaat serta fungsinya. Sayangnya, remote mobil kerap kehilangan kendali bahkan mengalami kerusakan lainnya yang membuat kita tidak bisa membuka pintu kendaraan. Maka dari itu, ketahui apa saja penyebabnya agar masalah dapat teratasi dan remote berfungsi kembali.

1. Baterai remote mobil habis

Remote mobil yang kamu gunakan sehari-hari untuk mempermudah dalam menggunakan serta menjaga keamanan mobil menggunakan tenaga dari baterai. Seperti baterai pada remote TV maupun AC, baterai pada remote mobil juga akan habis seiring dengan berjalannya waktu dan seringnya penggunaan.

2. Frekuensi terganggu

Sebagai informasi, remote mobil bekerja dengan memanfaatkan frekuensi jaringan yang telah dikonfigurasi sedemikian rupa. Apabila koneksi jaringan frekuensi tersebut terganggu, gelombang radio penghantar perintah tidak akan sampai ke receiver. Hal itulah yang kemudian membuat remote mobil tidak berfungsi sebagai mestinya.

3. Receiver remote mobil dalam keadaan rusak

Receiver adalah komponen remote mobil yang berfungsi untuk menerima gelombang yang diberikan ketika salah satu tombolnya ditekan. Komponen ini nantinya akan menginterpretasikan perintah yang diberikan seperti mengunci pintu mobil. Jika ada kerusakan, perintah yang diberikan tidak akan bisa dijalankan sehingga remote mobil tidak berfungsi.

4. Terdapat kerusakan pada komponen remote

Selain kerusakan pada receiver, remote mobil tidak berfungsi juga bisa disebabkan karena kerusakan pada komponen lainnya. Remote hanya akan bekerja apabila semua komponennya berjalan dengan baik. Maka dari itu, apabila terjadi kerusakan pada salah satu komponen lain, remote mobil mungkin tidak dapat berfungsi.

Baca juga: Kelistrikan Mobil Bermasalah? Ini Rekomendasi Bengkel Kelistrikan Mobil

5. Remote terlalu sering disimpan dalam saku

OtoFriends sering menyimpan remote mobil dalam saku? Ternyata itu menjadi salah satu alasan kenapa remote mobil tidak berfungsi. Ketika berada di dalam saku bisa membuat remote tertekan, sehingga jangan heran apabila terjadi kerusakan.

Tips Mengatasi Remote Mobil Tidak Berfungsi

Jangan panik ketika remote mobil tidak berfungsi seperti biasanya. Sebab, OtoFriends bisa melakukan servis remote sendiri di rumah. Bagaimana caranya? Simak beberapa tips di bawah ini.

Baca juga: 8 Cara Service Remote Alarm Mobil, Bisa Hemat Ratusan Ribu

Periksa baterai remote

Jika remote mobil tidak berfungsi, sebaiknya lakukan pengecekan baterai. OtoFriends bisa mengenali apakah baterai sudah habis atau tidak dengan melihat lampu remote. Lampu remote yang tidak menyala bisa menjadi pertanda atau indikasi untuk segera mengganti baterai. Baterai merupakan sumber tenaga utama dari remote mobil itu sendiri. Maka dari itu, segera mengganti baterai tersebut agar fungsi remote mobil bisa digunakan kembali.

Periksa fungsi setiap tombol remote mobil

Selain mengecek baterai, OtoFriends juga perlu mengecek tombol remote untuk mengetahui apakah tombol tersebut masih berfungsi atau tidak. Apabila ada tombol tertentu yang tidak berfungsi padahal baterai remote sudah diganti, kerusakan mungkin terjadi di bagian tombolnya. Coba buka remote dan lihat apabila ada kabel yang kendur atau lepas.

Periksa frekuensi di sekitar mobil

Gangguan frekuensi yang menyebabkan remote mobil tidak berfungsi biasanya hanya bersifat sementara dan tidak akan mempengaruhi performanya ketika berada di daerah lain. Agar tetap bekerja dengan normal, hindari area dengan gelombang elektromagnetik tinggi yang dapat mengganggu frekuensi remote mobil.

Servis remote ke bengkel

Upaya terakhir yang dapat OtoFriends lakukan jika cara sebelumnya tidak kunjung membuahkan hasil yaitu dengan membawa remote ke bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekan. Biaya servisnya tentu akan bervariasi tergantung lokasi bengkel berada. Oleh karena itu, ada baiknya kita mencari informasi terkait biaya terlebih dahulu.

Fungsi Remote Mobil

Meski berukuran kecil, remote mobil punya banyak fungsi yang memudahkan pemilik mobil. Mobil-mobil keluaran terbaru biasanya dilengkapi dengan teknologi canggih yang memudahkan penggunanya untuk mengunci atau membuka pintu secara otomatis tanpa harus memasukkan kunci ke lubangnya. Bahkan, pintu mobil bisa terbuka dan tertutup dengan sendirinya menggunakan remote mobil dari jarak jauh sekalipun.

Jika OtoFriends perhatikan, terdapat tombol bergambar speaker yang merupakan alarm mobil. Tombol tersebut akan mengeluarkan bunyi seperti alarm atau pengingat ketika dipencet. Kita juga bisa memanfaatkan tombol tersebut untuk menemukan letak mobil.

Melihat fungsinya yang bisa dikatakan cukup penting, remote mobil yang tidak bisa diatasi dengan cara-cara di atas perlu mendapatkan penanganan dari ahlinya. Segera bawa ke bengkel. Kamu bisa mencari bengkel terdekat melalui aplikasi Otoklix, lho! Temukan 1000+ bengkel umum dengan harga transparan seperti yang tertera di aplikasi saat melakukan booking untuk servis kendaraan.

Pertanyaan Seputar Remote Mobil Tidak Berfungsi

Pintu mobil yang tidak bisa dikunci dengan remote ada kemungkinan terjadi kerusakan pada remote itu sendiri.

Sama seperti remote pada umumnya, remote mobil juga memakai baterai yang memiliki masa pemakaian tertentu.

Remote mobil yang tiba-tiba tidak berfungsi dapat disebabkan oleh baterai yang habis, terganggunya frekuensi remote, hingga yang paling parah adalah kerusakan pada receiver mobil.