Penyebab knalpot keluar asap hitam berbeda dengan penyebab knalpot keluar asap putih. Masalah ini muncul dan menjadi pertanda adanya kerusakan pada karburator dan ruang bakar mesin mobil.

Jika masalah ini terjadi pada OtoFriends, jangan panik karena tentu ada beberapa hal yang bisa OtoFriends lakukan. Berikut Otoklix rangkum informasi lengkapnya.

Baca juga: 9 Cara Mengatasi mobil Keluar Asap Putih dan 5 Penyebabnya

Penyebab Knalpot Keluar Asap Hitam

Perlu diketahui, penyebab knalpot keluar asap hitam dapat dibedakan berdasarkan jenis bahan bakarnya. Jika mobil OtoFriends berbahan bakar bensin, bisa jadi masalah bersumber pada sensor dan filter ruang bakar.

Tapi jika bahan bakar mobil OtoFriends adalah diesel, bisa dipastikan penyebab knalpot keluar asap hitam bersumber dari filter yang tersumbat dan kinerja sensor yang buruk. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

Penyebab Knalpot Keluar Asap Hitam untuk Mobil Bensin

1. Filter Kotor

Penyebab pertama ialah kotornya filter oksigen. Kotoran yang menghalangi masuknya udara bersih ke ruang mesin akan mempengaruhi kinerja kontrol emisi. Alhasil, bahan bakar tidak tercampur dengan baik.

Bahayanya, filter oksigen mobil yang kotor, jika tidak dibersihkan dan dibiarkan dalam jangka waktu yang lama dapat memperpendek umur busi. Alhasil, muncul berbagai macam permasalahan lainnya, seperti mobil tersendat dan tidak bertenaga. 

2. Sensor Oksigen Buruk

Penyebab knalpot keluar asap hitam yang kedua adalah sensor oksigen mobil yang buruk. Terganggunya kinerja sensor oksigen ini biasanya disebabkan oleh konsumsi adanya kerak karbon yang menempel pada ujung sensor. Alhasil, sensor oksigen tidak bekerja maksimal.

Jika dibiarkan, masalah kerusakan sensor oksigen ini akan berakibat fatal dan berdampak pada borosnya penggunaan bahan bakar serta sulit start mesin mobil.

Penyebab Knalpot Keluar Asap Hitam untuk Mobil Diesel

1. Filter Udara Tersumbat

Pada mobil diesel, mesin mobil bekerja membakar bahan bakar untuk mengeluarkan CO2 dan air. Jika filter udara tersumbat, maka kinerja mesin akan terganggu dan hanya bisa mengeluarkan sebagian CO2 dan air. Alhasil, asap hitam akan muncul dari knalpot. 

Kerusakan filter udara ini biasa disebabkan oleh kotoran-kotoran yang menempel. Rutin melakukan pengecekan dan servis rutin bisa OtoFriends lakukan di bengkel rekanan Otoklix, untuk mengantisipasi masalah dan penyebab knalpot keluar asap hitam dari mobil OtoFriends terjadi.

2. Sensor Airflow Buruk

Satu lagi penyebab knalpot keluar asap hitam dari mobil diesel adalah buruknya kinerja sensor mass airflow. Sensor ini bekerja memastikan campuran bahan bakar sudah tepat. Udara yang masuk ke mesin juga sudah sesuai.

Jika kinerja airflow buruk, bisa dipastikan sensor tidak dapat mendeteksi jumlah campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar. Alhasil mesin mobil bisa mengeluarkan asap hitam karena ada bahan bakar yang tidak terbakar dengan baik.

Baca juga: Penyebab Mobil Terbakar dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Mobil Keluar Asap Hitam

Sama halnya dengan masalah knalpot keluar asap putih, penyebab knalpot keluar asap hitam umumnya biasa terjadi dan dapat diatasi dengan membawa mobil OtoFriends ke bengkel terdekat untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan.

Ada beberapa komponen yang harus di cek antaralain karburator, ruang silinder, sistem injeksi, filter dan sensor. Beberapa komponen tersebut memiliki pengaruh besar menjadi penyebab knalpot keluar asap hitam. 

Jika penyebab knalpot keluar asap hitam muncul di perjalanan dan menimbulkan mobil jalan tersendat, OtoFriends tidak perlu khawatir. Cukup tepikan mobil di pinggir jalan dan pasang lampu hazard serta tanda darurat dengan jarak setidaknya 30 meter dari belakang mobil OtoFriends.

Hubungi nomor resmi layanan darurat derek dari Jasa Marga apabila mobil OtoFriends mengalami masalah penyebab knalpot keluar asap hitam di jalan tol. OtoFriends juga bisa segera membawa mobil OtoFriends ke tempat aman seperti di rumah atau ke bengkel untuk pengecekkan dan mengistirahatkan mesin mobil.

Baca juga: Cara Mengatasi Mobil Ngebul Tanpa Bongkar Mesin

Selalu lakukan servis rutin untuk mengecek kondisi komponen mesin mobil, sehingga sumber masalah dan penyebab knalpot keluar asap hitam dapat diatasi dengan lebih mudah. Segera lakukan booking servis di aplikasi Otoklix untuk pengalaman servis mobil tepercaya. 

Otoklix adalah aplikasi booking servis mobil yang memudahkan kita menemukan bengkel umum terdekat maupun layanan seperti ganti oli, ganti ban, tune-up, ganti aki, body repair, servis AC, detailing, hingga cuci mobil.

Bermitra dengan 2000+ bengkel umum mobil pilihan di Jabodetabek, 20.000+ mobil telah ditangani. Servis di bengkel kategori OtoSelect bergaransi 30 hari setelah pengerjaan.

Hubungi kami untuk konsultasi pengecekan dan perbaikan. Harga transparan karena diberi tahu di awal booking. 100% refund jika harga di lokasi berbeda dengan harga booking.

Otoklix, Your Trusted Automotive Partner.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Penyebab Knalpot Keluar Asap Hitam

Sama halnya dengan masalah knalpot keluar asap putih, penyebab knalpot keluar asap hitam umumnya biasa terjadi dan dapat diatasi dengan membawa mobil OtoFriends ke bengkel terdekat untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan.


Mobil yang mengeluarkan asap putih biasa disebabkan oleh oli pada mesin mobil, sedangkan penyebab knalpot keluar asap hitam biasa disebabkan oleh sistem karburator yang terganggu karena adanya kotoran pada komponen-komponen ruang bakar mesin mobil.


Penyebab knalpot keluar asap hitam biasa disebabkan oleh sistem karburator yang terganggu karena adanya kotoran pada komponen-komponen ruang bakar mesin mobil. Ada beberapa komponen yang harus di cek antaralain karburator, ruang silinder, sistem injeksi, filter dan sensor. Beberapa komponen tersebut memiliki pengaruh besar menjadi penyebab knalpot keluar asap hitam.