Mobil yang terbakar tentu menjadi permasalah yang merugikan dan membahayakan jiwa. Peristiwa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti masalah pada komponen di dalam mobil, hingga kecelakaan dengan benturan yang cukup keras. 

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh pengemudi untuk menghindari kemungkinan mobil terbakar sendiri. Mengenali penyebabnya lebih dini akan meminimalisir kemungkinan kerusakan komponen mobil yang dapat menyebabkan kebakaran. 

    Lantas apa saja pemicu yang bisa membuat mobil terbakar? Simak ulasannya berikut ini.

    Baca Juga: Penyebab Mesin Mobil Overheat dan Solusi Mengatasinya

    Penyebab Mobil Terbakar 

    1. Mesin Mobil Overheat

    Salah satu penyebab mobil terbakar adalah suhu yang di atas rata-rata (overheat). Overheat merupakan kondisi suhu mesin mobil lebih tinggi dari normalnya. Pada umumnya suhu kerja mesin adalah 60-95 derajat celcius.

    Sebenarnya, mesin mobil sudah dirancang agar mampu mengatur suhu sehingga kondisi panas di luar tidak akan membuat mesin mengalami overheat. Namun adanya masalah pada beberapa komponen mesin bisa menyebabkan mobil overheat dan terbakar. 

    Suhu ekstrem pada mobil dikhawatirkan bisa menimbulkan percikan api di ruang mesin. Akibatnya, percikan api melebar hingga menyebabkan kebakaran pada seluruh mesin dan mobil berpotensi meledak. 

    2. Bahan Bakar Bocor

    Kebocoran bahan bakar disebut berpotensi menjadi biang masalah terbakarnya sebuah mobil. Hal ini cukup masuk akal mengingat sifat bahan bakar mudah terbakar.

    Jadi, pastikan penutup lubang atau sisi manapun pada penampungan oli atau bensin tak ada kebocoran. Sebab, kebocoran atau cipratan oli atau bensin yang keluar dapat membahayakan, terlebih jika bertemu dengan api. 

    3. Kerusakan Aliran Listrik Mobil

    Penyebab lainnya dari mobil kebakaran adalah kerusakan aliran listrik. Kondisi juga bisa menjadi penyebab mobil terbakar saat parkir maupun sedang dikendarai.

    Kerusakan aliran listrik pada mobil berpotensi memunculkan timbunan gas hidrogen yang ada pada bagian mesin terdalam. Gas tersebut dapat memicu mobil terbakar. 

    Sistem kelistrikan mobil tersebar hampir ke seluruh bagian mobil. Jadi, apabila satu bagian listrik mengalami kerusakan bisa menyebabkan kebakaran mobil. 

    4. Modifikasi yang Berlebihan

    Penggemar modifikasi mobil biasanya tak hanya merubah penampilan luar atau bodi saja. Mesin dan komponen dalam juga diganti.

    Namun, terkadang penggemar modifikasi mengganti komponen yang tidak sesuai, alih-alih mendapatkan kinerja mobil lebih tinggi. Sayangnya, penggantian yang tidak sesuai standar tersebut justru menimbulkan keberatan suplai daya.

    Akibatnya terdapat ketidakseimbangan pada kinerja komponen mobil sehingga berpotensi menyebabkan kebakaran. Watt yang terlalu besar akan membuat aki terkuras dan memicu munculnya panas berlebih (overheat). 

    5. Kecelakaan

    Tak sedikit kejadian kecelakaan lalu lintas yang berujung pada terjadinya kebakaran. Hal ini terbilang wajar karena pada saat kecelakaan ada banyak komponen mobil yang mengalami kerusakan akibat benturan keras. 

    Oleh karena itu, mengemudilah dengan hati-hati. Pilih juga mobil yang sudah memiliki sistem keamanan, seperti fitur Anti Lock Braking System (ABS), airbag, dan Electronic Brake Distribution (EBD).

    Baca Juga: Mesin Mobil Cepat Panas? Ini Penyebab dan Solusinya

    Cara Mengatasi Mobil Terbakar

    1. Matikan Mesin

    Jika saat diperjalanan OtoFriends menemukan mobil yang sudah berasap atau mengeluarkan percikan api segeralah menepi dan berhenti. Setelah itu, matikan mesin supaya kebakaran tidak menjalar ke komponen lainnya. 

    Mematikan mesin mobil adalah langkah yang tepat karena komponen juga otomatis berhenti. Sebab, saat mesin mobil hidup, penyaluran bahan bakar terus aktif. 

    2. Menjauh dari Mobil yang Terbakar

    Jika sudah menghentikan mobil dan mematikan mesin di tempat yang aman, segera evakuasi diri dan juga penumpang lainnya. Jauhi mobil setidaknya pada jarak 45 meter supaya lebih aman jika tiba-tiba mobil meledak. 

    3. Gunakan APAR

    Saat mobil mengeluarkan asap dan proses evakuasi, gunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Jenis APAR yang paling cocok digunakan untuk mobil adalah APAR Powder (Dry Chemical Powder atau Serbuk). 

    Apar dengan media Powder ini dapat digunakan untuk kategori kelas kebakaran ABC atau Multipurpose, serta bisa digunakan baik di dalam maupun luar ruangan.

    4. Hubungi Pertolongan 

    Perlu dicatat, penggunaan APAR merupakan pertolongan pertama. Jika api yang keluar dari mesin mobil kian membesar, segera panggil pertolongan, seperti pemadam kebakaran. 

    Di Indonesia, Dinas Pemadam Kebakaran bisa dihubungi melalui nomor 113 atau 1131.

    Artinya, OtoFriends perlu memahami bagaimana agar mobil tidak terbakar. Berikut cara menghindari mobil supaya tidak terbakar yang sudah Otoklix rangkum.

    Baca Juga: Kenali 3 Jenis Peredam Panas Mobil yang Bagus dan Cara Pasangnya

    Cara Menghindari Mobil Tidak Terbakar

    1. Jangan Berkendara saat Mesin Overheat

    Seperti dijelaskan sebelumnya, mesin overheat menjadi penyebab utama mobil terbakar. Oleh karena itu, segeralah menepi dan mematikan mobil yang suhunya mulai di atas rata-rata. 

    Tunggu sampai mesin mobil kembali dingin. Jangan biarkan berkendara saat mobil overheat karena berpotensi pula merusak komponen lainnya. 

    2. Gunakan Suku Cadang yang Sesuai dengan Mobil

    Apabila OtoFriends salah satu penggemar modifikasi, perlu dipahami bahwa setiap mobil memiliki standar dari pabrik, baik dari bodi, maupun mesin. Oleh karena itu, gunakan berbagai komponen yang sesuai dengan mobil.  

    Hal tersebut guna menjaga komponen mobil dari kebakaran akibat gesekan komponen yang tidak sesuai dengan ukuran. 

    3. Selalu Sedia APAR

    Selanjutnya, jangan lupa untuk selalu sedia APAR untuk mengantisipasi apabila mobil tiba-tiba mengeluarkan tanda ingin terbakar. APAR bisa dijadikan alat untuk evakuasi sementara supaya api tidak cepat membesar.  

    4. Melakukan Perawatan Secara Rutin

    Langkah terakhir agar komponen mesin mobil tetap sehat adalah dengan melakukan perawatan di bengkel secara rutin. Jangan biarkan komponen diendapi kotoran hingga menyebabkan kerusakan. 

    Oleh karena itu, lakukan service secara rutin di bengkel kesayangan OtoFriends yang dapat ditemukan dengan mudah di aplikasi Otoklix. OtoFriends juga bisa melakukan booking secara online untuk service agar menghemat waktu. 

    Pertanyaan Seputar Penyebab Mobil Terbakar

    Suhu ekstrem pada mobil dikhawatirkan bisa menimbulkan percikan api di ruang mesin. Akibatnya, percikan api melebar hingga menyebabkan kebakaran pada seluruh mesin dan mobil berpotensi meledak.

    Sebenarnya, mesin mobil sudah dirancang agar mampu mengatur suhu sehingga kondisi panas di luar tidak akan membuat mesin mengalami overheat. Namun adanya masalah pada beberapa komponen mesin bisa menyebabkan mobil overheat dan terbakar.

    Kebocoran atau cipratan oli atau bensin yang keluar dapat membahayakan, terlebih jika bertemu dengan api.