Oli adalah salah satu elemen penting dari kendaraan bermotor yang mendukung peningkatan kinerja mesin dalam menjalankan tugasnya. Selain berperan sebagai pelumas, oli juga berguna untuk perawatan dan pemeliharaan mesin motor matic agar kinerjanya tetap optimal.

Secara umum, pelumas mesin dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu oli untuk kendaraan otomatis (matic) dan oli untuk kendaraan manual. Namun jika OtoFriends hanya memiliki kendaraan roda dua otomatis, berikut beberapa rekomendasi oli motor matic terbaik di pasaran!

Apa Fungsi Oli?

Sebelum melangkah ke rekomendasi oli motor matic, ada baiknya OtoFriends mengetahui dulu apa saja sih fungsi penting dari oli. Ini penjelasannya:

  • Mencegah Karat

Korosi dapat timbul akibat percampuran polusi dan air yang menempel pada mesin. Oleh karena itu, minyak pelumas berperan dalam memberikan lapisan perlindungan menyeluruh pada setiap komponen mesin. Lapisan yang terbentuk dari minyak pelumas akan melindungi komponen-komponen tersebut dari partikel polusi yang berpotensi merusak.

  • Mendinginkan Mesin

Semua minyak pelumas termasuk oli motor matic akan mengabsorpsi panas dari komponen-komponen di dalam mesin mobil dan mengalirkannya ke sistem pendingin seperti radiator untuk menjaga suhu mesin tetap terkendali.

  • Perekat Komponen Mesin

Oli mesin memainkan peran yang sangat vital dalam menjaga kekuatan rekat antar komponen dalam mesin. Minyak pelumas tersebut akan membentuk lapisan pada setiap permukaan komponen mesin dan meminimalisir kerenggangan setiap komponen di dalamnya.

  • Sebagai Pelumas

Fungsi utama dari oli yaitu sebagai pelumas mesin. Secara rinci, oli akan membuat gerakan tiap komponen di dalam mesin menjadi lebih ringan agar mesin dapat bekerja secara optimal.  

Mengapa Oli Motor Harus Rutin Diganti? 

Mengganti oli motor perlu dilakukan secara berkala agar mesin  dapat berfungsi dengan baik. Apalagi jika minyak pelumas tersebut sudah berubah warna menjadi cokelat atau biru dengan konsistensi yang pekat.  

Jika sudah berubah warna, maka oli sudah bercampur dengan zat-zat pembakaran dan harus segera diganti agar daya lumasnya tidak menurun sampai membuat mesin aus. Kondisi fisik oli yang memburuk pun dapat mengakibatkan penurunan daya hantar panas, yang pada gilirannya menyebabkan penyebaran panas pada mesin menjadi tidak merata.

Bedanya Oli Motor Matic dan Manual

Di bawah ini terdapat beberapa perbedaan antara oli motor matic dengan oli motor manual, yaitu:

  • Fungsi Oli

Oli motor matic berperan dalam pelumasan mesin dan transmisi gigi. Sementara oli motor manual hanya berfungsi sebagai pelumas mesin motor.

  • Kekentalan Oli

Oli motor manual cenderung memiliki kekentalan yang lebih tinggi dibandingkan dengan oli motor matic. Perbedaan ini disebabkan oleh fungsi ekstra oli motor manual dalam mengatur kopling secara presisi. Sedangkan oli motor matic tugasnya hanya melindungi mesin motor sehingga memiliki kekentalan yang lebih rendah.

  • Kode Oli

Kedua jenis oli sama-sama menggunakan standar Japanese Automotive Standards Association (JASO). Namun, ada kode lain yang membedakannya. Oli motor manual menggunakan kode JASO MA, menandakan keberadaan aditif untuk menjaga kopling tetap presisi.

Sementara itu, oli motor matic memiliki kode JASO MB, menunjukkan keberadaan Molibdenum yang meningkatkan tingkat pelumasan pada mesin.

10 Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik

Berikut beberapa rekomendasi motor matic terbaik untuk kendaraan kesayangan OtoFriends:

  1. AHM Oil SPX2

Bagi kamu pengguna motor matic merek Honda, menggunakan oli dengan tipe AHM Oil SPX2 menjadi solusi terbaik karena bisa melapisi permukaan logam mesin secara optimal.

Harga: Rp60.000

  1. Advance 4T AX7 Scooter

Memiliki kandungan Shell Active Cleansing, oli ini diklaim dapat membersihkan mesin dari kotoran berlebih bahkan saat digunakan dalam perjalanan jarak jauh.

Harga: Rp59.000

  1. Scooter LE 4T 10W-30  

Scooter LE 4T  dilengkapi dengan teknologi HC-Tech, yang tidak hanya mengurangi emisi tetapi juga memberikan perlindungan maksimal untuk mesin.

Harga: Rp63.000

  1. POWER1 Ultimate Matic 10W-30

Castrol POWER1 Ultimate adalah produk dengan formula 5-in-1 yang mempertahankan kinerja mesin dalam kondisi optimal meskipun berkendara jarak jauh.

Harga: Rp64.000

  1. Total Hi-Perf 4T Scooter 10W-30

Oli motor matic satu ini memanfaatkan teknologi Durability Improver untuk mengurangi pembentukan endapan dan oksidasi sehingga mesin lebih bersih dan tahan lama.

Harga: Rp75.000

  1. Ultratec Matic  

Federal Oil Ultratec Matic dilengkapi Heat Protection Formulation yang bisa menjaga suhu tetap stabil dan membantu mencegah ausnya mesin.

Harga: Rp31.500

  1. Silkolene Scoot 4 MB

Oli motor matic satu ini dirancang untuk memberikan perlindungan maksimal sejak mesin dihidupkan hingga kondisi tenaga puncak sekaligus menjaga suhu tetap stabil.

Harga: Rp55.000

  1. Eni i-Ride Moto 4T Matic ID

OtoFriends dapat menjelajahi jalanan tanpa khawatir mesin yang cepat panas berkat kombinasi teknologi aditif baru yang terkandung dalam oli ini.

Harga: Rp49.000

  1. Action Matic 10W-30

Oli motor matic satu ini memiliki kandungan sintetis yang membuat masa pakainya tahan lama.

Harga: Rp73.500

  1. SuperMoto Matic 10W-30

Dengan teknologi 3 Way Protection Shields, oli motor matic satu ini diklaim mampu melindungi mesin dengan tingkat keausan yang berkurang hingga 57%.

Harga: Rp57.500

Itulah beberapa rekomendasi oli motor matic yang akan menjaga performa kendaraan kesayangan OtoFriends. Nah, kalau kamu punya pertanyaan seputar oli untuk motor matic-mu, yuk konsultasi langsung dengan OtoBuddy melalui media WhatsApp di nomor 0822-9837-8787!

Pertanyaan Seputar Oli Motor

Oli motor matic yg bagus merk apa? 

Ada banyak merk oli motor matic yang memiliki kualitas terbaik, seperti Castrol, Mobil 1, Shell, Yamalube, Motul, dan Federal Oil

Oli Matic 10W-30 untuk motor apa?

Oli Matic 10W-30 biasanya digunakan untuk motor matic atau scooter matic

Apa saja jenis oli motor matic? 

Jenis oli motor matic terbagi tiga, yaitu oli mineral, oli sintetis, dan oli semi-sintetis

Oli 10W-30 merk apa saja? 

Beberapa merk terkenal yang menyediakan oli dengan viskositas 10W-30 yaitu Shell, Castrol, Mobil 1, Motul, dan Pennzoil