Syarat bikin SIM A sudah sepatutnya OtoFriends ketahui ketika OtoFriends ingin melakukan pendaftaran pembuatan SIM untuk mobil pribadi. Tidak hanya berkas-berkas penting seperti kelengkapan data diri, tahapan lain sepert tes teori dan praktik harus OtoFriends lewati agar syarat bikin SIM A dapat terpenuhi. 

Seperti yang sudah di atur dalam peraturan undang-undang, setiap pengendara kendaraan bermotor harus memiliki SIM atau Surat Izin Mengemudi sebagai bukti bahwa pengendara layak untuk mengendarai kendaraannya di jalanan umum.  Pasal 77 ayat (1) UU No. 22 mengatakan, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor tanpa memiliki SIM akan dikenakan pidana berupa kurungan paling lama 3 bulan atau denda paling banyak 1 juta rupiah. Terbukti penting untuk dimiliki, berikut merupakan ulasan mengenai syarat bikin SIM A, dari prosedur hingga tips lulus ujian yang harus OtoFriends ketahui.

Syarat Pembuatan SIM A

Beberapa syarat bikin SIM A yaitu:

  1. Sudah berusia 17 tahun
  2. Paham rambu-rambu lalu lintas dan tahu cara mengendarai mobil dengan baik dan benar
  3. Bisa membaca dan menulis
  4. Melampirkan KTP asli dan fotokopi KTP
  5. Sehat jasmani dan rohani, dibuktikan dengan melampirkan surat keterangan sehat dari klinik atau rumah sakit terdekat
  6. Lulus tes teori dan praktik

Baca juga: Jenis Surat Tilang Kendaraan dan Denda yang Harus Dibayar

Prosedur pembuatan SIM A

Di era digital saat ini pembuatan SIM dapat dilakukan dengan beberapa cara, datang dan mendaftar langsung di satpas terdekat atau melalui aplikasi SINAR (SIM Nasional Presisi) yang bisa OtoFriends unduh di App Store dan juga Play Store. 

  1. Prosedur Pembuatan SIM A Secara Offline
  • Datang ke Satpas terdekat dengan membawa dokumen yang dibutuhkan
  • Mengisi formulir pendaftaran untuk pembuatan SIM A
  • Membayar biaya pembuatan SIM A dan menyerahkan dokumen ke petugas
  •  Mengikuti ujian teori, jika lulus akan lanjut ke ujian praktik
  • Jika lulus ujian praktik maka Otofriends akan mendapatkan informasi untuk pengambilan foto, sidik jari, dan tanda tangan untuk SIM A
  • Prosedur pembuatan SIM A selesai, OtoFriends dapat menunggu SIM A selesai dicetak.
  1. Prosedur Pembuatan SIM A Secara Online
  • Unduh dan buka aplikasi SINAR di ponsel OtoFriends
  • Verifikasi nomor HP dengan kode yang dikirim ke ponsel
  • Registrasi menggunakan nomor KTP
  • Login menggunakan face recognition
  • tentukan pembayaran PNBP SIM A
  • Kerjakan tes teori secara online, jika lulus OtoFriends akan mendapatkan QR Code
  • Bawa QR ke Satpas terdekat untuk melakukan tes praktik
  • SIM A dapat diambil setelah lulus ujian praktik

Harga Bikin SIM A

Berdasarkan syarat bikin SIM A terbaru, OtoFriends harus menyiapkan biaya sebesar Rp120.000. Namun jangan lupa untuk mempersiapkan uang tambahan untuk asuransi sebesar Rp25.000 dan pemeriksaan kesehatan sebesar Rp30.000.

Tips Mendapatkan SIM A

Memiliki prosedur dan proses yang panjang, OtoFriends tentu harus mempersiapkan diri agar bisa lulus ujian teori dan juga ujian praktik  pembuatan SIM A. Pada dasarnya, OtoFriends hanya perlu terampil dalam mengendarai mobil dan paham akan aturan-aturan umum lalu lintas, arti rambu-rambu, serta memiliki sikap dan etika yang baik saat sedang berkendara di jalanan umum. 

Bukanlah hal yang gampang, terkadang banyak peserta yang mengalami kegagalan saat melakukan ujian praktik karena melakukan beberapa kesalahan. Agar hal tersebut tidak terjadi pada OtoFriends, berikut beberapa tips yang bisa OtoFriends lakukan saat sedang melakukan ujian praktik.

1. Terampil Mengendarai Mobil 

Terampil mengendarai mobil berarti tidak hanya sekedar pandai dalam menjalankan mobil dari satu tempat ke tempat lainnya. OtoFriends juga harus paham semua tombol dan fitur yang terpasang pada mobil dengan baik  dan benar, dimana letak airbags, bagaimana cara memasang sabuk pengaman, kapan harus menyalakan lampu sein, hingga memahami setiap fungsi dari beberapa lampu atau komponen lainnya pada mobil, sehingga OtoFriends dapat berkendara dengan baik dan tidak mengganggu pengendara lainnya karena ketidaktahuan OtoFriends dalam menggunakan setiap komponen atau fitur yang ada pada mobil.

Baca juga: Kenali Dashboard Mobil Serta Fungsinya

2. Selalu Gunakan Kaca Spion

Tidak menggunakan kaca spion saat ingin  berbelok di persimpangan atau saat ingin mendahului pengendara mobil lainnya dapat menjadi salah satu penyebab OtoFriends tidak lulus dalam ujian praktik mendapatkan SIM A. Ingatlah bahwa penggunaan spion sangat penting untuk menjaga OtoFriends dari hal buruk seperti kecelakaan yang mungkin saja dapat terjadi. Jika OtoFriends sudah memiliki kebiasaan untuk selalu memperhatikan kaca spion, berarti OtoFriends memiliki tingkat kewaspadaan yang tinggi untuk melindungi diri dan pengendara lainnya dari risiko kecelakaan.

3. Bisa Praktik Parkir Mundur

Bisa melakukan parkir mundur atau paralel tanpa menyentuh garis batas menandakan bahwa OtoFriends sudah memiliki tingkat kejelian dan kecermatan berkendara yang baik. Lakukanlah latihan agar OtoFriends dapat melakukan parkir mundur, karena bagian ini adalah tes tersulit dalam ujian praktik pembuatan SIM A.

4. Jaga Kecepatan Berkendara

Mampu menjaga kecepatan berkendara sesuai dengan kondisi dan medan yang ditempuh menandakan bahwa OtoFriends sudah siap untuk berkendara di jalanan umum. Pasalnya banyak pengendara yang ugal-ugalan di jalanan sehingga dapat mengganggu ketertiban dan menimbulkan risiko kecelakaan hingga korban jiwa. Jadi, pastikan bahwa OtoFriends dapat menjaga kecepatan berkendara dengan baik, sehingga dapat lulus ujian praktik mendapatkan SIM A.

5. Kuasai Manuver Mobil

Menguasai manuver mobil menandakan bahwa OtoFriends sudah memiliki kemampuan yang mumpuni untuk mengendalikan mobil saat sedang berkendara. Umumnya ada dua jenis manuver mobil yang sering diujikan, manuver zig zag dan putar balik. Lakukanlah latihan agar OtoFriends tidak melakukan kesalahan saat sedang menempuh ujian praktik. 

Syarat bikin SIM A dari prosedur hingga tips lulus ujian ini sangat penting untuk OtoFriends ketahui mengingat bahwa OtoFriends harus memiliki SIM A sebelum berkendara di jalanan umum. Jangan lupa untuk melakukan servis mobil rutin, karena selain memiliki SIM A, melakukan servis mobil rutin juga dapat  membantu OtoFriends terhindar dari segala risiko berkendara. Manfaatkan fitur booking online yang ada di aplikasi OtoKlix

OtoKlix, your trusted automotive partner.