oli evalube

Oli Evalube Helios: Dari Sepeda Motor Merambah ke Mobil

Evalube adalah pelumas dalam negeri yang diproduksi oleh PT Wiraswasta Gemilang Indonesia. Awalnya memang oli Evalube ini kebanyakan diperuntukkan untuk sepeda motor, tetapi kemudian merambah ke oli mobil dengan meluncurkan Evalube Helios.

Oli yang dimiliki oleh Evalube untuk mobil memang tidak terlalu banyak, tetapi memiliki spesifikasi yang mumpuni sehingga mampu meningkatkan performa mesin. Selain itu, ada keunggulan masing-masing dari setiap tipe oli Evalube. Ini dia 8 oli Evalube untuk mobil.

1. Oli Evalube Helios Platinum

Kita tahu bahwa oli dengan bahan full sintetis memiliki banyak kelebihan dan sering menjadi oli premium andalan setiap produsen pelumas. Evalube juga meluncurkan oli full sintetis dengan kualitas tinggi dengan nama Evalube Helios.

Oli dengan kode SAE 0W-20 ini sudah mengantongi standard API SN-RC/ILSAC GF-5. Pelumas ini menggunakan teknologi Veltec dan Star Molecules yang mampu menghemat bahan bakar. Selain itu juga menjaga mesin tetap bersih dan stabil meskipun pada suhu rendah.

Oli ini tergolong oli encer dan cocok digunakan pada mobil mesin modern yang mengutamakan hemat bahan bakar dan gas buang emisi yang rendah. Harga oli Evalube Helios Platinum ini juga cukup terjangkau, hanya sekitar Rp116 ribuan untuk kemasan 1 liter.

2. Evalube Helios Ultra

Selain tipe Platinum, Helios juga tersedia dalam tipe Ultra. Perbedaannya ada pada kekentalannya. Helios Ultra memiliki kode SAE 5W30. Oli ini juga sudah mengantongi standar API SN/ILSAC GF 5. Bahan oli ini adalah full sintetis yang dicampur aditif sehingga menghasilkan oli berkualitas baik.

Pelumas ini menggunakan teknologi veltec yang mampu meningkatkan performa mesin dengan tingkat penguapan dan oksidasi yang rendah. Sehingga oli tidak cepat kering. Selain itu juga menghasilkan emisi gas buang yang rendah.

Kelebihan lain dari oli Evalube premium ini juga kompatibel terhadap karet seal dan mencegah korosi pada mesin. Oli Evalube satu ini diperuntukkan untuk mobil bermesin modern seperti DOHC, VVTi, VVTi-dual, dan Turbocharge. Harga per liter pelumas Evalube Helios Ultra ini adalah Rp115 ribu dan untuk kemasan 4 liter dibanderol sekitar Rp470 ribu.

3. Evalube Helios Super

Selain kedua tipe di atas, tersedia juga Helios Super. Oli ini masih menggunakan teknologi Veltec dengan kandungan bahan campuran sintetis dan mineral. Pelumas semi sintetis ini mampu membuat temperatur mesin lebih stabil dan memperkecil munculnya sludge.

Teknologi itu bisa membuat umus pelumas menjadi lebih panjang dan juga memperkecil emisi gas buang. Oli Evalube Helios Super ini cocok digunakan oleh kamu yang memiliki mobil dengan bahan bakar beroktan tinggi dan menggunakan teknologi terbaru. Contohnya Multi Valve, Variable Valve Timing, dan Direct Injection dengan Catalytic Convertor.

Harga pelumas Evalube Helios Super dibanderol sekitar Rp65 ribu per liter dan Rp257 ribuan per kemasan 4 liter.

4. Evalube Molytec

Oli dengan kode SAE 20W-50 ini menggunakan teknologi lengkap sebagai anti-gesek, anti oksidasi, anti karat dan korosi, serta deterjen dan dispersant untuk membersihkan mesin dari kotoran yang berkerak.

Sesuai dengan namanya, oli ini menggunakan teknologi Moly-Tech dengan tambahan zat aditif Mo-DTC untuk mengurangi gesekan permukaan logam. Kendaraan akan mudah distarter pada saat temperatur rendah.

Oli ini cocok digunakan pada mobil mesin bensin multi katup dengan sistem mesin SOHC dan DOHC. Harga oli Evalube Helios Molytec ini adalah sekitar Rp45 ribuan untuk kemasan 1 liter dan Rp168 ribuan untuk kemasan 4 liter.

5. Evalube Geo

GEO adalah singkatan untuk Gasoline Engine Oil, yang artinya adalah oli yang digunakan untuk tips mesin dengan rekomendasi pemakaian API SF. Zat aditif pada oli ini adalah detergent, dispersant, anti oksidan, anti karat, anti aus, dan anti foam.

Oli ini dapat memberikan perlindungan pada suhu tinggi maupun rendah. Evalube Helios Geo dibanderol sekitar Rp34 ribu untuk kemasan 1 liter dan Rp135 ribu untuk kemasan 4 liter.

6. Evalube Transco

Oli Evalube Super Transco ini memiliki kekentalan ganda yang cocok digunakan pada mesin diesel dengan teknologi baru API CI-4/SL. Menggunakan oli ini akan mampu mengontrol oksidasi dan mencegah timbulnya jelaga sehingga efektif mencegah pembentukan deposit.

Oli ini mampu memberikan perlindungan maksimal terhadap keausan dan mencegah pelumas mengental akibat kontaminasi jelaga (butiran hitam dari asap lampu). Meskipun lebih cocok digunakan pada mesin diesel, mesin bensin pun bisa menggunakan oli ini. Harga oli Evalube Transco untuk kemasan 1 liter adalah sekitar Rp45 ribu dan untuk kemasan 5 liter sekitar Rp220 ribu.

7. Evalube Diesel Oil

Oli satu ini juga cocok digunakan pada mesin diesel dengan tugas berat yang menggunakan mesin turbocharge. Sehingga oli mampu melumasi mesin pada putaran tinggi. Oli ini biasanya digunakan pada alat berat.

Oli ini menggunakan campuran aditif yang dapat melindungi mesin dari karat dan mencegah terbentuknya deposit.

8. Evalube Diesel Engine Oil (DEO) Tranz

Pelumas satu ini telah mengantongi standar API CD dan dibuat dengan base oil bermutu tinggi. Oli ini cocok digunakan pada mesin turbocharged untuk kendaraan transportasi maupun alat berat.

Oli satu ini dibanderol dengan harga sekitar Rp150 ribuan untuk kemasan 5 liter.
Itu tadi 8 oli Evalube yang bisa digunakan pada mobil kamu. Buat kamu yang butuh ganti oli, bisa cek aplikasi atau website Otoklix untuk ganti oli di bengkel terbaik Otoklix.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *