Subaru XV pertama kali diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 2012 pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 bersama Subaru BRZ dan Subaru Forester 2.0 XT. Namun, penjualannya terhenti begitu saja sejak terkuaknya masalah impor di tahun 2014.

Di tahun ini, tampak Subaru XV yang didampingi dengan Subaru BRZ dan Subaru Forester 2022 terparkir menyemarakkan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang yang berlangsung sampai 21 Agustus 2021.

Dikutip dari oto.detik.com, kabarnya sudah ada diskusi bahwa Subaru akan memiliki pabrik sendiri di Indonesia mendatang. Sebelum benar-benar resmi, yuk kenali salah satu line up Subaru yakni Subaru XV.

Baca juga: Daftar Harga Subaru Forester Beserta Spesifikasinya

Desain Interior Subaru XV

Mobil Subaru XV memiliki ukuran kabin yang cukup luas dan mampu menampung sebanyak 5 orang penumpang. 

Termasuk ke dalam kelas mobil SUV berdimensi panjang 4485 mm, lebar 1800 mm dan tinggi 1615 mm. Sekalipun memiliki bagasi yang kurang begitu luas karena terlalu pendek tetapi dimensi bagasinya cukup lebar.

Ada sedikit ruang yang cukup luas juga untuk kamu menyimpan kaki dan kepala dengan nyaman selama berkendara. 

Konsep desain kabin yang berkelas karena kursi penumpang terbuat dari material kulit berwarna hitam yang dipadupadankan dengan warna merah. Warna senada juga dihadirkan di bagian dashboard bermaterial yang sama juga.

Ukuran head unit mobil Subaru XV 2022 6,2 inci dan telah dilengkapi dengan teknologi touchscreen dan diapit oleh kisi-kisi AC secara vertikal. Salah satu fitur infotaimentnya adalah StarLink.

Akan tetapi, ada satu sentuhan yang masih dipertahankan oleh Subaru XV dari mobil generasi sebelumnya yakni desain setir kemudi yang masih menggunakan palang tiga yang dilengkapi dengan beberapa tombol multifungsi. 

Masing-masing palang diberikan sentuhan aksen berwarna silver untuk mempertegas kemewahannya. Terakhir, di bagian belakang setir kemudi disertai pula dengan paddle shift.

Desain Eksterior Subaru XV

Desain eksterior yang masih dipertahankan dari generasi sebelumnya pada mobil Subaru XV terbaru adalah desain lampu yang mendapatkan sedikit sentuhan Daytime Running Lights (DRL) LED dan grille berwarna hitam doff yang mempertegas kesan sporty. Bagian bumper depan dominan berwarna hitam doff dan lampu kabut di sisi kanan-kiri.

Desain Subaru XV ini hampir dengan Subaru Impreza hanya saja dimodifikasi agak lebih tinggi layaknya mobil SUV atau hatchback. 

Sedangkan wheel arches dan side skirt masih menggunakan moulding hitam bermaterial yang sama dengan material bumper depan. Velg mobil ini memiliki diameter 17 inci dan ukuran ground clearance 220 mm.

Sementara itu, di bagian belakang mobil disematkan spoiler kecil dan stop lamp LED. Lampu belakang memanjang sampai ke pintu bagasi. 

Fitur eksterior lainnya yang ada di Subaru XV terbaru di antaranya ada Outside Rear View Mirror Turn Indicator and Integrated Antenna, Centrally Mounted Fuel Tank, Power Adjustable Exterior Rear View Mirror, Adjustable Headlights, Alloy Wheels dan Rear Window Wiper.

Ada tujuh pilihan warna Subaru XV, di antaranya ada plasma yellow pearl, red, blue, white, black, grey, dan silver.

Performa Mesin Subaru XV

Subaru XV menggunakan mesin mobil DOHC 16 katup 4 silinder berkapasitas mesin 1.995 cc yang menghasilkan tenaga keluaran maksimal 156 daya kuda di 6.000 rpm dan torsi maksimal 196 Nm di 4.000 rpm. 

Sistem penggerak rodanya sudah menggunakan symmetrical all wheel drive dan sistem transmisi otomatisnya menggunakan CVT Lineartronic.

Kemampuan akselerasi Subaru XV bukan main, hanya membutuhkan waktu 10,7 detik untuk berkendara dari  kecepatan 0 km/jam sampai 100 km/jam. Maksimum kecepatan mobil ini diklaim bisa mencapai 194 km/jam.

Sementara itu, fuel system Subaru XV menggunakan direct fuel injection dan electronic throttle control dengan tangki berkapasitas 63 liter.

Bisa dikatakan mobil Subaru XV cukup irit bahan bakar. Pasalnya saat kita berkendara di perkotaan, bahan bakar yang dibutuhkan hanya 11,7 km/liter. 

Saat terjadi guncangan, pengemudi dan penumpang tidak akan merasakan guncangan karena suspensi depannya menggunakan MacPherson dan Rear Double Wishbone yang bisa meredam guncangan.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil Penggerak Roda Belakang

Fitur Subaru XV

Fitur infotainment StarLink Subaru XV terbilang cukup lengkap, mulai dari dashboard berteknologi touchscreen dengan ukuran 6,2 inci, interface USB dan aux-in, sistem audio, head unit yang bisa dikoneksikan langsung dengan smartphone, apple carplay, android auto ataupun bluetooth.

Beralih ke fitur keselamatan dan keamanan, ada ring-shaped reinforcement frame body yang memiliki peran untuk memproteksi mobil dari kemungkinan kerusakan remuk body mobil saat terjadi tabrakan, airbag yang ada di seluruh kursi penumpang dan airbag khusus bagian lutut juga.

Selain itu, ada juga vehicle dynamics control atau VDC memproteksi mobil agar selalu berada dijalur yang bisa dikontrol pengemudi, adaptive cruise control, automatic emergency braking dan masih banyak lagi.

Baca juga: 7 Head Unit Apple Carplay Terbaik dan Terbaru di 2022

Berapa Harga Subaru XV?

Berdasarkan situs resmi Subaru Indonesia, ada dua tipe mobil Subaru XV di antaranya adalah Subaru XV 2.0i-S EyeSight dan Subaru XV 2.0i-S. Kedua harga mobil Subaru XV ini berbeda.

Harga mobil Subaru XV 2.0i-S EyeSight sebesar Rp499,5 juta sedangkan harga mobil Subaru XV 2.0i-S sebesar Rp449,5 juta.

Harga Subaru XV ada kemungkinan berubah tanpa pemberitahuan, bisa jadi akan lebih murah atau bahkan lebih mahal.

Selain Subaru XV, ada Subaru Forester 2022, Subaru WRX, Subaru Ascent, dan Subaru BRZ yang diperkenalkan di GIIAS 2022 kemarin. 

Bila OtoFriends pusing mencari bengkel mobil Subaru atau sekadar bengkel body repair juga ada informasinya di aplikasi Otoklix.

Pertanyaan Seputar Subaru XV

Harga mobil Subaru XV 2.0i-S EyeSight sebesar Rp499,5 juta sedangkan harga mobil Subaru XV 2.0i-S sebesar Rp449,5 juta.

Biaya jasa bengkel mobil seperti servis berkala, tune up, balancing and spooring, servis AC, berkisar antara Rp30 ribu – Rp1,5 juta.

Ada ring-shaped reinforcement frame body yang memiliki peran untuk memproteksi mobil dari kemungkinan kerusakan remuk body mobil saat terjadi tabrakan, airbag yang ada di seluruh kursi penumpang dan airbag khusus bagian lutut juga.