Sejak 2015 hingga saat ini, Honda BRV masih menjadi mobil SUV andalan generasi Milenial dan anak muda. Bahkan, banyak juga yang menjadikan mobil Honda BR-V sebagai mobil keluarga karena mampu menampung hingga 7 penumpang.

Baik pengendara maupun penumpang, semuanya dimanjakan dengan fitur dan teknologi yang disematkan pada mobil ini. Apalagi body mobil yang besar ini sangat cocok dijadikan andalan saat kita akan bepergian jarak jauh. 

Namun rupanya, ada perbedaan yang cukup signifikan antara Honda BRV baru dan yang lama. Penasaran? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Mobil Honda Terbaru 2022 – Brio RS Urbanite Edition

Sejarah Singkat Honda BRV

Peluncuran Honda BRV perdana diperkenalkan Honda kepada dunia pada event GIIAS 2015 di Indonesia. Dicap sebagai New Generation Crossover Utility Vehicle, Honda BRV menjadi kompetitor terkuat Toyota Rush dan Terios.

Melihat peluang penjualan mobil SUV yang cukup baik dari kedua mobil tersebut, Honda mulai menciptakan mobil SUV tetapi tetap memiliki kapasitas penampung yang cukup banyak. 

Bisa dikatakan bahwa kehadiran Honda BRV ini adalah perkawinan antara SUV dan MPV di mana dari segi interior, cukup jelas terlihat mengadaptasi desain Honda Mobilio. Khususnya permintaan konsumen yang menginginkan Honda Mobilio versi crossovernya sehingga hadirlah mobil Low SUV ini. 

Pengiriman pertama mobil Honda BRV di tahun 2016 sehingga mobil BRV saat itu memiliki status VIN 2016. 

Cukup mengecewakan karena setelah peluncurannya itu justru Honda BRV mengalami penurunan penjualan. Hinga di tahun 2018 pada pameran IIMS, Honda BRV meluncurkan Honda BRV terbaru dengan fitur dan teknologi paling mutakhir.

Perbedaan Honda BRV Lama dan Baru

Sejak tahun 2018 hingga saat ini, Honda BRV terus mengalami pembaruan fitur dan teknologi. Beberapa di antaranya spion elektrik, head unit berukuran 8 inci, armrest dan fitur canggih lainnya pada versi Honda BRV facelift. Apa saja perbedaan Honda BRV baru dengan yang lama? Ini uraiannya.

1. Eksterior

Perbedaan yang cukup terlihat jelas adalah bagian desain eksteriornya di mana desan Honda BRV generasi terbaru sangat modern dan mewah. Misalnya Honda BRV Prestige yang menggunakan lampu depan LED dan grille mengadopsi desain dari Honda Odyssey.

Sedangkan desain lampu remnya mengadopsi desain dari Honda City Hatchback yang dipasangkan dengan spoiler atap yang lebih sederhana.

Sekalipun memiliki perbedaan yang cukup signifikan, tetapi ada beberapa hal yang masih dipertahankan dari Honda BRV lama di antaranya skid plate di setiap sisi mobil, antena sharkfin dan roof rail.

Baca juga: Berikut Harga dan Spesifikasi Honda City Hatchback 2022

2. Dimensi Mobil

Model HRV terbaru lebih bongsor dibandingkan generasi sebelumnya. Di mana dimensi mobil Honda BRV generasi terbaru yakni panjang 4.490 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.685 mm dengan jarak sumbu roda sebesar 2.700 mm.

Ground clearance pada generasi sebelumnya hanya sebesar 201 mm, sedangkan di generasi terbarunya sudah di upgrade hingga berukuran 220 mm. Kita tetap akan merasa nyaman saat berkendara melintasi jalanan tidak rata atau medan jalan bergelombang.

3. Performa Mesin

Sementara itu, dari sisi performa mesin mobilnya, Honda BRV juga memiliki banyak perubahan dari generasi lamanya. Dimulai dari kapasitas mesinnya yang sudah mencapai 1.5 L dan menggunakan mesin DOHC i-VTEC.

Keluaran tenaga mesinnya mampu mencapai torsi maksimal sebesar 145 Nm pada putaran 4.300 rpm dan maksimal tenaganya 121 Ps pada putaran 6.600 rpm. 

Tenaga BRV generasi terbaru diklaim lebih besar sebanyak 1 Ps dibandingkan BRV lama. Hal ini mungkin saja terjadi karena mesin BRV terbaru hampir sama dengan basis Honda City Hatchback.

Perihal konsumsi bahan bakarnya, Honda BRV terbaru diklaim lebih irit dan efisien konsumsi bahan bakar sebesar 3 persen dibandingkan yang generasi awal. Kendati demikian, tipe mesinnya masih sama yakni transmisi manual atau CVT dengan percepatan 6.

4. Fitur dan Teknologi

Di bagian fitur, ada banyak pembaruan yang disematkan. Tiga di antaranya yang cukup mendominasi dan menggunakan teknologi termutakhir adalah adanya remote start engine, fitur keamanan dan keselamatan Honda Sensing, dan outlet listrik.

Fitur remote start engine sendiri sebelumnya sudah ada sebagai fitur pendukung di mobil Honda CRV Facelift tahun 2021 dan City Hatchback. Selain dua mobil tersebut, mobil Low SUV generasi baru juga dibekali fitur remote start engine yang memungkinkan kita mengaktifkan mesin dan AC mobil dari jarak jauh.

OtoFriends cukup menekan tombol lock dari remote tersebut lalu tekan tombol engine. Tunggu beberapa saat hingga lampu hazard berkedip yang menandakan mesin mobil telah aktif. 

Namun kondisi ini berlangsung tak lama. Apabila dalam 10 menit mobil mendeteksi tidak ada pengendara yang masuk ke dalam mobil maka secara otomatis mesin dan AC mobil akan mati.

Akan tetapi, bila ternyata AC mobil sudah dinyalakan namun tetap tidak merubah suhu kabin mobil, maka sebaiknya OtoFriends lakukan servis AC mobil.

Adapun fitur keamanan dan keselamatan Honda Sensing ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan dengan memberikan peringatan, menyalakan sistem pengereman secara otomatis, mengontrol kemudi setir dan masih banyak lagi.

Fitur Honda Sensing terintegerasi langsung dengan beberapa fitur di antaranya Lead Car Departure Notification System (LCDN), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Road Departure Mitigation (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Keeping Assist (LKAS), dan Auto High Beam (AHB).

Selain itu, ada fitur Honda LaneWatch yang akan memudahkan kita saat akan berpindah jalur ke bagian kiri, maka di layar head unit akan tampil area blind spot.

Yang terakhir ada power outlet yang dibekali di setiap baris bangku penumpang sehingga memudahkan penumpang untuk mengisi daya gadget selama perjalanan.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Honda Terbaru, Termasuk WR-V yang Segera Rilis

Harga Honda BR-V

Honda BRV terbaru terdiri dari beberapa tipe di antaranya S M/T, E M/T, E CVT, Prestige CVT, Prestige CVT with Honda Sensing. Berikut ini harga Honda BRV 2022 yang dikutip dari laman resmi Honda.

Tipe Honda BRVHarga Honda BR-V
All New Honda BR-V S M/TRp281,1 juta
All New Honda BR-V E M/TRp295,3 juta
All New Honda BR-V E CVTRp305,3 juta
All New Honda BR-V Prestige CVTRp327,6 juta
All New Honda BR-V Prestige with Honda SensingRp348,6 juta

Adapun harga Honda BRV bekas berdasarkan tahun produksinya di antaranya sebagai berikut.

Tipe Honda BRVTahunHarga Honda BR-V
Honda BR-V 1.5 E Matic2015Mulai dari Rp140 juta
Honda BR-V 1.5 Manual2016Mulai dari Rp164 juta
Honda BR-V 1.5 E Matic2016Mulai dari Rp178 juta
Honda BR-V 1.5 E Prestige2016Mulai dari Rp200 juta
Honda BR-V 1.5 E Matic2017Mulai dari Rp175 juta
Honda BR-V 1.5 E Prestige2017Mulai dari Rp210 juta
Honda BR-V 1.5 E Matic2018Mulai dari Rp188 juta
Honda BR-V 1.5 E Prestige2018Mulai dari Rp230 juta
Honda BR-V 1.5 E SUV2019Mulai dari Rp213 juta
Honda BR-V E CVT2019Mulai dari Rp200 juta
Honda BR-V 1.5 E SUV2020Mulai dari Rp218 juta
Honda BR-V E A/T2020Mulai dari Rp219 juta
Honda BR-V E CVT2020Mulai dari Rp224 juta
Honda BR-V 1.5 Prestige2021Mulai dari Rp244 juta
Honda BR-V E A/T2021Mulai dari Rp229 juta

Baik mobil baru ataupun mobil bekas, keduanya sama-sama berpotensi memiliki performa mesin bagus atau justru sebaliknya performa mesin yang kurang maksimal tergantung dari bagaimana cara kita merawatnya. Misalnya seperti rutin diservis atau dicuci di bengkel cuci mobil andalan.

Pertanyaan Seputar Honda BRV

Harga Honda BR-V 2022 untuk tipe S M/T sebesar Rp281,1 juta, untuk tipe E M/T Rp295,3 juta, tipe E CVT Rp305,3 juta, tipe Prestige CVT Rp327,6 juta dan tipe Prestige with Honda Sensing sebesar Rp348,6 juta.

Honda BR-V memiliki kapasitas penumpang hingga 7 penumpang.

Perihal konsumsi bahan bakarnya, Honda BRV terbaru diklaim lebih irit dan efisien konsumsi bahan bakar sebesar 3 persen dibandingkan yang generasi pertama.