Hal apa saja yang kamu pertimbangan ketika memilih motor, OtoFriends? 

Selain teknologi dan penggunaan bahan bakar, kapasitas bagasi juga kerap jadi faktor penting sewaktu memilih motor baru. Komponen di bawah jok motor tersebut memang esensial karena kerap digunakan sebagai tempat penyimpanan barang. Kapasitas bagasi motor yang besar tentu membuatmu leluasa menyimpan barang supaya tidak menjadi incaran pelaku kriminalitas. 

Selain mempertimbangkan kapasitasnya, kamu juga harus telaten merawat bagasi yang ada di jok motor, ya. Ketahui barang yang tidak boleh ditaruh di jok motor untuk meminimalkan risiko kerusakan motor kesayangan. 

Berbagai Barang yang Tidak Boleh Ditaruh di Jok Motor 

Mayoritas orang menganggap bahwa jok motor adalah tempat menyimpan barang paling efektif dengan alasan keamanan dan kepraktisan. Kendati demikian, bukan berarti kamu boleh menaruh semua jenis barang di tempat tersebut. Ada jenis barang yang tidak boleh ditaruh di jok motor sebab rentan hilang, rusak, atau menimbulkan kerusakan motor, yaitu: 

  • Barang berharga: beberapa macam barang berharga seperti perhiasan emas, dokumen penting, dan uang sebaiknya tidak disimpan di jok motor. Menyimpan barang berharga di bagasi motor membuatnya rentan jadi objek pencurian. Bila motor dicuri, maka secara otomatis barang berharga tersebut ikut berpindah tangan. 
  • Perangkat elektronik: sebaiknya kamu juga tidak meletakkan barang elektronik di jok motor, seperti HP, tablet PC, power bank, dan laptop. Kondisi elektronik rentan rusak akibat guncangan atau memicu ledakan bila disimpan di bagasi motor. Jika kamu terpaksa menaruh HP di tempat tersebut, maka ketahui cara aman menaruh HP di jok motor terlebih dahulu. Pastikan bahwa kamu tidak akan singgah SPBU untuk mengisi bahan bakar sebab radiasi HP dapat memicu kebakaran. Matikan daya HP lalu simpan dalam lapisan kain supaya tidak mudah panas dan rusak. Jangan menaruh HP di motor yang terkena sinar matahari dalam waktu lama karena paparan matahari bisa merusak HP. 
  • Barang yang gampang terbakar: jenis benda lain yang tidak boleh disimpan di jok motor adalah barang yang gampang terbakar, seperti korek gas, tabung gas, dan bensin. Paparan panas dari sinar matahari dan kenaikan suhu mesin motor berisiko mengakibatkan barang tersebut jadi terbakar. 
  • Minuman berkarbonasi: tak banyak yang menyadari kalau minuman berkarbonasi yang mengandung CO2 juga rentan meledak dalam kondisi panas. Meskipun kemasannya sudah didesain secara aman, risiko ledakan tetap besar bila minuman tersebut terkena getaran dan terpapar suhu panas dalam waktu lama.   
  • Alat makeup, parfum, dan skincare: kaum wanita acapkali menyimpan alat makeup, parfum, atau skincare usai belanja atau ketika tidak membawa tas. Walaupun terkesan sepele, menyimpan barang-barang tersebut di jok nyatanya berisiko mengakibatkan kerusakan. Paparan panas dari mesin motor atau sinar matahari membuat alat makeup, skincare, dan parfum rentan meleleh atau menguap bahkan sampai tidak layak digunakan lagi. 
  • Makanan atau minuman yang rentan basi: kondisi bagasi motor yang panas membuatnya tidak ideal untuk menyimpan makanan atau minuman yang rentan basi. Tak jarang pula makanan dan minuman tersebut basi karena lupa diangkat dari jok motor. Beberapa contoh makanan atau minuman yang sebaiknya tidak disimpan di jok motor, antara lain ikan dan daging segar, makanan bersantan, susu segar, dan kue tradisional. 
  • Obat-obatan dan bahan kimia medis: perubahan suhu ekstrem dapat menyebabkan penurunan kualitas dan fungsi obat-obatan dan bahan kimia medis. Oleh sebab itu, kedua benda tersebut termasuk jenis barang yang tidak boleh ditaruh di jok motor. 
  • Cairan dalam botol kaca: getaran dan paparan panas dari mesin motor serta sinar matahari juga berisiko menyebabkan botol kaca berisi cairan menjadi tumpah. Jadi, kamu sangat tidak disarankan menyimpan cairan dalam botol kaca di jok motor, seperti sirup dan vitamin cair. 
  • Benda tajam: aneka benda tajam seperti gunting, pisau, atau alat potong lainnya juga tidak disarankan untuk disimpan di jok motor. Selain berisiko merusak jok motor atau melukaimu ketika berkendara, keberadaan benda tersebut juga bisa membuatmu ditilang bila diketahui polisi. 
  • Cairan beracun: satu lagi jenis barang yang tidak boleh disimpan di jok motor adalah cairan beracun, misalnya insektisida dan pestisida. Cairan tersebut bisa mengganggu keselamatanmu ketika berkendara jika kondisinya tumpah atau bocor di dalam bagasi motor. 

Tips Merawat Bagasi di Jok Motor 

Mengenali jenis barang yang tidak boleh ditaruh di jok motor saja belum cukup untuk merawat bagasi. Kamu juga wajib melakukan beberapa hal berikut ini untuk meminimalkan risiko kerusakan bagasi di jok motor: 

  • Beberapa tipe motor dilengkapi power charger di bagian bagasi. Jadi, kamu wajib mencari tahu apakah motormu memiliki komponen tersebut atau tidak. Keberadaan power charger membuatmu tidak bisa sembarangan membasahi bagasi sebab berisiko mengakibatkan kerusakan. 
  • Gunakan sabun dan air secukupnya untuk membersihkan bagasi motor dan usahakan agar air dan sabun tidak masuk ke tangki yang berada di samping bagasi. 
  • Jangan biarkan air menggenang di dalam bagasi motor terlalu lama. Air tersebut berisiko mengalir ke bawah dan mengenai sistem kelistrikan seperti busi, injector, dan kabel lainnya hingga mengakibatkan kerusakan. 

  

Sekarang, kamu tentu semakin memahami cara efektif merawat bagasi di dalam jok motor. Jika kamu sedang menghadapi kendala seputar bagasi atau komponen motor lainnya, jangan ragu berkonsultasi dengan OtoBuddy melalui WA: 0822-9837-8787. OtoBuddy merupakan salah satu layanan Otoklix yang siap membantumu menemukan solusi bagi kendaraan pribadi. Jangan lupa pula untuk melakukan penjadwalan servis secara rutin supaya performa motor senantiasa terjaga. 

  

Pertanyaan Seputar Jok Motor 

Apakah boleh menaruh HP di bawah jok motor?   

Sebenarnya HP tidak dibolehkan ditaruh di bawah jok motor. Namun bila kondisinya mendesak, kamu bisa melakukannya dalam waktu singkat dengan mematikan daya HP dan melapisinya dengan kain lembut terlebih dahulu. 

Apakah makanan aman ditaruh di jok motor?   

Makanan yang teksturnya kering dan tidak mudah basi tergolong aman ditaruh di jok motor. 

Apakah boleh menyimpan bensin di bagasi motor?   

Bensin tidak boleh disimpan di bagasi motor karena berisiko tumpah lalu memicu kebakaran. 

Apakah boleh menyimpan korek api di jok motor?   

Korek api tidak boleh disimpan di bagasi motor sebab memicu kebakaran.