Wiper menjadi salah satu komponen paling penting pada mobil ketika musim penghujan tiba. Maka dari itu, kamu harus menjaga kondisi wiper agar tetap berfungsi maksimal ketika berkendara di tengah hujan.

Salah satu caranya adalah membeli wiper Mobilio terbaik untuk mobil kesayanganmu. Simak rekomendasi merek wiper untuk Mobilio yuk.

Rekomendasi Merek Wiper untuk Honda Mobilio

Saat ini merek wiper banyak beredar di pasaran. Selain itu juga wiper memiliki berbagai jenis dengan fungsi dan perawatan yang berbeda. Jadi, kamu harus tahu mana wiper terbaik untuk mobilmu ya.

Selain itu, perlu kamu ketahui bahwa ukuran wiper Mobilio adalah 22 inci untuk sisi kanan atau di sisi pengemudi dan 16 inci untuk sisi kiri atau sisi penumpang depan. Jangan sampai salah memilih ukuran wiper Mobilio ya.

1. Bosch Advantage

Rekomendasi wiper untuk Mobilio yang pertama adalah Bosch Advantage. Selain untuk wiper Mobilio, wiper ini juga cocok digunakan pada kendaraan dengan luas penampang kaca yang sama seperti Honda Mobilio.

Wiper ini mudah dipasang, bebas korosi, daya tahannya mampu bertahan bahkan setelah 200.000 sapuan, memiliki karet grafit, dan juga didesain aerodinamis sehingga dapat melawan angin kencang ketika digunakan. Harga wiper Bosch Advantage ini sekitar Rp70 ribuan untuk sepasang wiper Mobilio.

2. Raiton Wiper Hybrid 

Wiper berjenis hybrid dari merek Raiton ini juga bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk Honda Mobilio. Wiper ini menggunakan karet premium yang membuat kaca bebas goresan serta tidak bising ketika bekerja. Selain itu desainnya juga aerodinamis sehingga wiper tidak terangkat angin saat melaju kencang.

Model hybrid juga membuat tekanan sapuannya lebih merata sehingga dapat menyapu dengan lebih bersih. Gagang wiper ini juga menggunakan bahan stainless steel sehingga bebas karat. Harga wiper Raiton hybrid sepasang untuk ukuran 22 inci dan 16 inci adalah Rp105 ribuan.

3. Bosch Clear Advantage Frameless

Masih dari merek Bosch, ada juga jenis frameless alias tanpa rangka bingkai. Wiper ini menggunakan lapisan karet grafit sehingga sapuannya lebih sempurna dibandingkan wiper biasa. Tekanan pada kaca merata sepanjang badan wiper sehingga kaca mobil menjadi lebih bersih. 

Sama seperti merek-merek sebelumnya, desain wiper ini juga aerodinamis sehingga tidak mudah terangkat ketika terkena angin kencang. Untuk sepasang wiper Mobilio dari Bosch Clear Advantage ini dihargai sekitar Rp109 ribu.

4. Benstive Wiper Hybrid 

Wiper hybrid Benstive ini juga menjadi pilihan yang cocok bagi kamu yang ingin mendapatkan sapuan maksimal. Karet wiper ini juga cocok bagi mobil di negara iklim tropis karena tidak mudah keras. Harga satu set wiper hybrid Benstive adalah Rp127 ribuan.

5. Aspira Exposio Wiper Hybrid Graphite 

Rekomendasi wiper Mobilio berikutnya dari Astra Otoparts dengan nama Aspira Exposio. Wiper ini berdesain elegan, sehingga cocok untuk mempercantik mobil Honda Mobilio kamu. Selain itu desain aerodinamis yang dapat meningkatkan kemampuan sapuan pada kaca mobil. 

Karetnya juga sudah menggunakan lapisan grafit. Selain mengurangi air hujan yang menempel pada kaca mobil, wiper ini juga tidak berisik ketika bekerja. Harga wiper hybrid graphite Aspira Exposio untuk 1 buah wiper berukuran 22 inci adalah Rp93 ribu.

6. RWB Wiper Hybrid

Merek wiper Mobilio berikutnya adalah dari RWB. Kamu bisa menggunakannya sebagai wiper belakang Mobilio. Desain wiper ini elegan dan menggunakan karet yang berkualitas. Wiper juga lebih tahan lama karena dilapisi oleh carbon coating

Selain itu, wiper ini juga sudah berdesain aerodinamis sehingga tetap bekerja dengan baik ketika kendaraan melaju dalam kecepatan tinggi. Harga wiper ini adalah sekitar Rp35 ribu untuk satu bilah wiper.

Tanda Wiper Mobilio Perlu Diganti

Di bawah ini adalah tanda-tanda bahwa wiper mobil perlu diganti. Jika tidak, maka bisa mengurangi keselamatan berkendara karena pandangan pengemudi terganggu. Jika wiper Mobilio kamu sudah mengalami tanda-tanda berikut, sebaiknya segera ganti ya.

1. Karet Wiper Aus

Kondisi pertama adalah ketika karet wiper mobil sudah aus dan mengeras. Karet yang lentur dibutuhkan agar sapuan pada kaca menjadi lebih bersih. Karet yang sudah mengeras akan membuat sapuannya tidak rata dan bisa membuat kaca mobil tergores.

2. Gerakan Wiper Lambat

Gerakan wiper yang lambat biasanya disebabkan oleh sistem penggerak yang kotor. Kondisi ini juga berdampak pada arus listrik dan engkol wiper bisa terhambat. Cara mengatasinya adalah dengan membersihkan tahanan koil wiper.

Selain sistem penggerak yang kotor, wiper melambat juga bisa disebabkan karena adanya karat pada komponen wiper. Maka dari itu kamu perlu mengecek apakah wiper kamu sudah berkarat atau tidak. Cara membersihkannya cukup dengan menyemprotkan cairan anti karat.

3. Wiper mati total

Motor listrik yang sudah aus menjadi kemungkinan pertama wiper tidak mau bergerak. Jika sudah begini, maka wiper memang harus diganti. Kemungkinan yang kedua adalah sekring yang bermasalah, bisa putus atau ada hubungan antarkabel.

4. Dinamo Wiper Rusak

Dinamo merupakan motor penggerak pada wiper. Jika terjadi masalah pada dinamo, misalnya kumparannya terbakar, maka pasti akan menyebabkan wiper tidak bisa berfungsi. Solusinya adalah mengganti dengan wiper yang baru.

5. Masalah Semburan Air dari Washer

Tanda wiper Mobilio kemungkinan butuh diganti adalah apabila semburan dari washer melemah, kecil, atau tidak tepat. Hal ini bisa disebabkan kepala washer yang tersumbat. Cara membersihkannya adalah dengan melepas tabung kemudian mencampur pasir kerikil. Kemudian, kocok-kocok sampai kotoran pada dinding tabung sudah hilang. Setelah itu bilas menggunakan air bersih ya.

Nah, itu tadi adalah rekomendasi merek wiper Mobilio dan tanda wiper mobil kesayanganmu harus diganti. Temukan solusi dari segala permasalahan mobil di Otoklix. Kamu juga bisa mencari bengkel terdekat melalui aplikasi Otoklix.