BMW M8 tersedia dalam varian M8 Coupe Competition. BMW memang termasuk salah satu produsen mobil yang aktif mengeluarkan seri-seri terbaru dan memperbanyak koleksi mobil. Tentu saja, M8 hadir dengan berbagai perlengkapan dan fitur canggih yang menarik. Desain interior dan eksterior dari mobil ini sendiri sudah cukup terlihat memukau.

Mobil ini memancarkan aura sporty yang mewah dan elegan. Selain itu, warna yang tersedia untuk mobil ini sangatlah beragam sehingga OtoFriends mungkin merasa kebingungan ketika memilihnya. Namun, bukan berarti semua dealer menyediakan varian warna keseluruhan. Untuk mengenal lebih dekat mobil besutan BMW satu ini, mari simak pembahasan selengkapnya berikut.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Tua Perawatan Mudah dan Murah

Spesifikasi Mobil BMW M8

Spesifikasi mobil menjadi pertimbangkan ketika ingin membeli kendaraan. Spesifikasi tersebut bisa dilihat dari segi mesin, performa, dimensi, warna mobil, hingga fiturnya. Pada M8 sendiri terdapat berbagai fitur menarik yang dapat diakses oleh penggunanya. Fitur-fitur tersebut antara lain fitur keselamatan, keamanan, kenyamanan, hiburan dan komunikasi.

Contoh fitur keselamatan yang dimiliki mobil ini yaitu Airbag, EBD, Brake Assist, Anti lock Braking System, sensor parkir, Vehicle Stability Control System, Rearview Camera, dan masih banyak lainnya. Sedangkan untuk fitur kenyamanannya sendiri terdapat AC, Ambient Light, pengaturan posisi kemudi,  headrest, power outlet, power rear, lampu baca LED, dan lain-lain yang bisa memanjakan penumpang dan pengemudi selama berada di mobil.

Sementara fitur hiburan dan komunikasi yang disediakan untuk menghibur serta memudahkan pengguna di dalam mobil yaitu speakers front, layar sentuh, radio, sistem navigasi, konektivitas bluetooth, dan lain sebagainya.

Berikut adalah kelanjutan spesifikasi dilihat dari bagian mesin, performa, dimensi, hingga warnanya.

1.      Mesin dan performa

BMW M8 menggunakan mesin M TwinPower Turbo dengan tipe drive AWD atau all wheel drive. Mempunyai jumlah silinder sebanyak 8 dengan kapasitas sebesar 4395 cc. Memakai bahan bakar jenis bensin dan tangki bahan bakarnya mempunyai kapasitas sebesar 68 Liter. Sementara itu, jenis transmisi otomatis yang melengkapi bagian mesin yaitu 8-Speed M Steptronic dengan Drivelogic.

Performa mesin mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 625 Hp pada putaran mesin 6000 rpm. Sedangkan torsi maksimum yang dapat dihasilkan mencapai 750 Nm pada putaran 1800 rpm hingga 5860 rpm.

2.      Dimensi

Mobil besutan BMW M series ini mempunyai dimensi yang cukup besar. Detail spesifikasi dimensinya yaitu memiliki panjang 4867 mm, lebar 2137 mm, dan tinggi 1362 mm. Jarak sumbu roda mobil ini yaitu sepanjang 2827 mm, jarak pijak roda depan 1627 mm, serta jarak pijak roda belakang sejauh 1632 mm.

Mobil ini mempunyai jumlah pintu sebanyak 2 dengan kapasitas tempat duduk sejumlah 4 kursi. Selain itu, bagasi M8 juga mampu menyimpan barang-barang Anda seperti tas atau lainnya karena memiliki kapasitas sebesar 420 Liter. Berat kotor mobil diperkirakan sekitar 2385 kg dengan berat bersih kurang lebih 1960 kg.

3.      Warna mobil

M8 tersedia dalam berbagai warna baik itu gelap maupun terang. Warna-warna tersebut antara lain barcelona blue metallic, almandine brown metallic, aventurin red metallic, frozen bluestone metallic, frozen brilliant white metallic, frozen cashmere silver metallic, frozen dark brown metallic, frozen dark silver metallic, frozen marina bay blue metallic, pure metal silver metallic, brands hatch grey metallic, dan frozen arctic grey metallic.

Sisanya masih ada warna lain seperti marina bay blue metallic, sonic speed blue metallic, motegi red metallic, serta dravit grey metallic. Pada dasarnya tersedia warna putih, biru, abu-abu, hingga coklat yang bebas OtoFriends pilih sesuai selera.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Honda BRV dari Generasi ke Generasi

Tips Merawat Mobil BMW M8

Mobil supaya tetap awet dan optimal, maka perlu dilakukan perawatan secara rutin. Nah, apa saja perawatan pada mobil yang bisa dilakukan?

1.      Mengganti oli secara berkala

Tips pertama untuk menjaga M8 agar tetap bertenaga dan maksimal ketika digunakan yaitu dengan mengganti oli secara berkala. Oli mampu membantu mobil melaju dengan kecepatan stabil dan performa mesin tetap terjaga. Buatlah jadwal setiap berapa bulan sekali untuk pergi ke bengkel mengganti oli.

2.      Mengecek bagian mobil secara rutin

Berikutnya, supaya BMW M8 tetap tampil gagah penting untuk melakukan pengecekan bagian atau komponen mobil secara rutin. Apalagi jika mobil habis digunakan menempuh perjalanan panjang. Dengan melakukan pengecekan, OtoFriends bisa mengetahui komponen dalam mobil yang mengalami kerusakan dan bisa segera mengantisipasinya.

3.      Membersihkan bodi mobil

Mobil bisa kotor setelah digunakan bepergian terutama yang jaraknya jauh. Entah itu terkena debu, lumpur, dan kotoran lainnya yang mungkin menempel pada bodi mobil. Oleh karenanya, dianjurkan untuk membersihkan bodi mobil sebagai salah satu bentuk perawatan. Bagian yang dibersihkan tentu bukan hanya tampilan luarnya saja, melainkan bagian dalamnya pun perlu mendapatkan perhatian yang sama.

Baca juga: Spesifikasi Jeep Compass 2022, Harga, Fitur, dan Lainnya

Berapa Harga Mobil BMW M8?

Ujung pembahasan kita kali ini akan membongkar harga BMW M8 di Indonesia. Dilansir dari beberapa situs online, mobil ini dibanderol dengan harga yang berbeda tergantung variannya. M8 Coupe Competition dibuka seharga Rp 6,8 miliar dan mungkin bisa lebih atau kurang tergantung tempat membelinya.  

Pesaing mobil BMW M8 adalah Lamborghini Aventador, Audi R8, dan beberapa mobil lainnya. Setiap mobil mempunyai keunggulannya tersendiri. Jadi, OtoFriends bisa mempertimbangkan membeli atau tidaknya mobil setelah menyimak spesifikasinya. Jika ingin mendapatkan berita update mengenai dunia otomotif serta tips yang menarik maka bisa mengunjungi blog Otoklix.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar BMW M8

Kapasitas tangki sebesar 68 L.

Torsi yang dihasilkan mencapai 750 Nm.

AC, ambient lights, lampu baca LED, power steering, dan lain-lain.