Marco Bezzecchi yang tergabung ke dalam VR46 Racing Team sempat menggemparkan tim racing dan penggemar MotoGP karena cederanya yang didapatkan saat berlatih bersama Valentino Rossi.

Beruntungnya Bezzecchi tetap diperbolehkan turun aspal di Sirkuit Mandalika akhir pekan kemarin setelah mengalami berbagai perawatan, fisioterapi hingga fit and proper test.

    Di samping beritanya yang cukup mengejutkan, tahukah OtoFriends bahwa pembalap kelahiran 1998 ini menyukai mobil Cupra Formentor?

    Baca juga: Koleksi Mobil Termewah Pemain Sepak Bola Dunia

    Spesifikasi Cupra Formentor

    Melihat postingan konten melalui akun Instagram resminya Marco Bezzecchi yaitu @marcbez72, pembalap yang dilatih langsung oleh Valentino Rossi ini gemar mengendarai mobil SUV mewah dari Cupra. 

    Hal tersebut bisa kita konfirmasi berdasarkan postingannya sejak tahun 2022 di mana Bezzecchi terlihat sedang berada di dalam ruang kabin mobil Cupra. 

    Diperkirakan Cupra tersebut merupakan Cupra varian Formentor tipe VZ5. Seperti apa performa mesin dan tampilan mobil ini sehingga pembalap asal Italia ini begitu menyukai mobil SUV mewah satu ini.

    1. Performa Mesin Cupra Formentor

    Cupra Formentor termasuk mobil sport utility vehicle (SUV) mewah bertenaga besar. Formentor varian terendah saja dibekali mesin berkapasitas 2.0 L 4 silinder TSI Turbocharged.

    Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis dual-clutch DSG dan sistem AWD 4Drive yang mampu menghasilkan daya maksimal 306 Hp dan capaian torsi maksimal 400 Nm.

    Di awal tahun 2021, Cupra komitmen untuk menyematkan teknologi terbaru yakni powertrain plug-in hybrid dan 5 powertrain lainnya. Versi hybrid sendiri terinspirasi dari Cupra versi Leon yang menggunakan mesin bensin berkapasitas 1.4 L dan motor penggerak listrik dengan kapasitas baterai lithium 13 kWh.

    Baca juga: Intip Prestasi dan Koleksi Mobil Mewah David De Gea

    2. Performa Mesin Cupra Formentor VZ5

    Sementara itu, Cupra Formentor tipe VZ5 sendiri menggunakan mesin berkapasitas 2.5 L Turbocharged dari Audi yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 7 percepatan kopling ganda. Mesin tersebut mampu menghasilkan daya maksimal 385 Hp dan capaian torsi maksimal 480 Nm.

    Adapun hasil akselerasi dari 0-100 km/jam ini bisa dilalui dengan durasi 4,2 detik dengan kecepatan maksimal 250 km/jam.

    Bedanya varian VZ5 dengan varian Cupra Formentor lainnya adalah mobil VZ5 ini memiliki desain ujung knalpot quad bertumpuk menyerupai model Lexus F. Selain itu, adaptasi lainnya yakni penggunaan diffuser belakang untuk menambah agresif mobil ini.

    3. Fitur-fitur Cupra Formentor

    Adapun fitur-fitur yang dibekali Cupra untuk mobil Formentor ini antara lain fitur Dynamic Chassis Control (DCC) untuk membantu pengalaman berkemudi dengan berbagai mode antara lain mode Comfort, Sport, Cupra dan Individual.

    Terdapat juga konektivitas yang terintegrasi, fitur infotainment touchscreen 12 inci, fitur tambahan untuk meningkatkan keselamatan mengemudi, dan fitur lainnya seperti Predictive Adaptive Cruise Control, Blind Spot Detection dan Exit Assist.

    4. Bocoran Mobil Cupra yang Rilis Tahun 2024 dan 2025

    Saat ini Cupra menjadi brand mobil sendiri di bawah naungan Volkswagen yang siap melakukan ekspansi di pasar otomotif Internasional. Hingga 2025 nanti, rencananya Cupra akan meluncurkan 7 mobil terbarunya.

    Di tahun 2024 nanti Cupra akan merilis 3 varian mobil terbarunya yakni Cupra Terramar yang termasuk ke dalam kategori mobil SUV listrik pertama, selanjutnya mobil yang menggunakan mesin pembakaran internal dan plug-in hybrid, kemudian Cupra Tavascan yang termasuk ke dalam kategori mobil listrik.

    Adapun di tahun 2025, Cupra akan meluncurkan mobil model listrik UrbanRebel yang akan diproduksi di Barcelona. 

    Baik Volkswagen maupun Cupra, hanya membocoran beberapa varian mobil terbarunya nanti tanpa memberi tahu spesifikasi lengkapnya. Untuk info lanjutannya, OtoFriends bisa mencari tahu secara berkala melalui Blog Otoklix.

    Sempat Alami Cedera, Marco Bezzecchi Tetap Mengaspal di Mandalika

    Visual mobil Cupra Formentor sebagai mobil SUV mewah bertenaga besar ini layak disebut sebagai gambaran visual kondisi Bezzecchi saat ini. Sebab pembalap asal Italia ini begitu tekad akan tetap mengaspal di Sirkuit Mandalika, Indonesia, pada tanggal 13-15 Oktober 2023 padahal baru saja melakukan operasi patah tulang.

    Satu pekan sebelumnya yakni hari Minggu tanggal 8 Oktober 2023 Bezzecchi melaksanakan operasi cedera patah tulang selangka yang Ia dapatkan saat berlatih di Moto Ranch sehari sebelumnya.

    Setelah melalui perjalanan panjang, operasi cedera, pemulihan pasca operasi dengan intensif melakukan fisioterapi hingga melakukan fit and proper test oleh tim medis MotoGP.

    Akhirnya dokter dari tim medis MotoGP, Medical Director, Dokter Angel Charte menyatakan Bezzecchi diperbolehkan untuk turun di Sirkuit Mandalika, Lombok, Indonesia.

    Baca juga: 6 Mobil Eropa Terbaik dari Negara Tim Kontestan Euro 2020

    Klasemen MotoGP

    Hasil klasemen sementara dari Sirkuit Mandalika, Indonesia, kemarin cukup membuat Marco Bezzecchi puas berhasil meraih peringkat ketiga dengan poin 283.

    Francesco Bagnaia kembali merebut takhtanya menjadi posisi pertama di klasemen sementara dengan perolehan poin 346, sedangkan yang berada di posisi kedua adalah Jorge Martin dengan perolehan poin 328. Berikut ini klasemen MotoGP sementara:

    1. Francesco Bagnaia – Ducati Lenovo Team – Ducati: 346
    2. Jorge Martin – Prima Pramac Racing – Ducati: 328
    3. Marco Bezzecchi – Mooney VR46 Racing Team – Ducati: 283
    4. Brad Binder – Red Bull KTM Factory Racing – KTM: 211
    5. Aleix Espargaro – Aprilia Racing – Aprilia: 177
    6. Maverick Vinales – Aprilia Racing – Aprilia: 165
    7. Johann Zarco – Prima Pramac Racing – Ducati: 162
    8. Luca Marini – Mooney VR46 Racing Team – Ducati: 144
    9. Jack Miller – Red Bull KTM Factory Racing – KTM: 135
    10. Fabio Quartararo – Monster Energy Yamaha – Yamaha: 132
    11. Alex Marquez – Gresini Racing – Ducati: 108
    12. Franco Morbidelli – Monster Energy Yamaha – Yamaha: 79
    13. Miguel Oliveira – CryptoDATA RNF – Aprilia: 73
    14. Fabio di Giannantonio – Gresini Racing – Ducati: 70
    15. Augusto Fernandez – GASGAS Factory Racing Tech 3 – GASGAS: 67
    16. Marc Marquez – Repsol Honda – Honda: 64
    17. Alex Rins – LCR Honda Castrol – Honda: 54
    18. Takaaki Nakagami – LCR Honda Idemitsu – Honda: 50
    19. Raul Fernandez – CryptoDATA RNF – Aprilia: 39
    20. Enea Bastianini – Ducati Lenovo Team – Ducati: 36
    21. Dani Pedrosa – Red Bull KTM Factory Racing – KTM: 32
    22. Joan Mir – Repsol Honda – Honda: 20
    23. Pol Espargaro – GASGAS Factory Racing Tech 3 – GASGAS: 12
    24. Lorenzo Savadori – Aprilia Racing – Aprilia: 9
    25. Jonas Folger – GASGAS Factory Racing Tech 3 – KTM: 9
    26. Stefan Bradl – LCR Honda Castrol – Honda: 8
    27. Michele Pirro – Ducati Lenovo Team – Ducati: 5
    28. Danilo Petrucci – Ducati Lenovo Team – Ducati: 5
    29. Cal Crutchlow – Yamalube RS4GP Racing Team – Yamaha: 3
    30. Iker Lecuona – LCR Honda Castrol – Honda: 0

    Demikianlah informasi tentang salah satu pembalap VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi, dan mobil yang sering digunakan oleh Bezzecchi.

    Tambahan informasi untuk OtoFriends bahwa kini kita bisa melakukan booking service secara online dan membayar biaya servis mobil secara online melalui aplikasi Otoklix.

    Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

    Pertanyaan Seputar Marco Bezzecchi


    Berdasarkan hasil balap MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Indonesia, perolehan klasemen sementara yakni Francesco Bagnaia di posisi pertama dengan poin 346, Jorge Martin di posisi kedua dengan poin 328 dan Marco Bezzecchi di posisi ketiga dengan poin 283.


    Melihat postingan konten melalui akun Instagram resminya Marco Bezzecchi yaitu @marcbez72, pembalap yang dilatih langsung oleh Valentino Rossi ini gemar mengendarai mobil SUV mewah dari Cupra.


    Sementara itu, Cupra Formentor tipe VZ5 sendiri menggunakan mesin berkapasitas 2.5 L Turbocharged dari Audi yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 7 percepatan kopling ganda. Mesin tersebut mampu menghasilkan daya maksimal 385 Hp dan capaian torsi maksimal 480 Nm.