Mobil DFSK merupakan mobil keluaran Cina yang berhasil memasarkan mobilnya di Indonesia sampai membangun pabrik mobil terbesar dan tercanggih di Indonesia karena memiliki teknologi robotik untuk mendukung proses produksi mobilnya.

Mobil-mobil DFSK yang meraih keberhasilan beberapa di antaranya adalah mobil Dfsk Super Cab di kelas mobil pick up dan mobil DFSK Glory 560 di kelas mobil SUV. 

Tak hanya terkenal di Indonesia saja, tetapi mobil DFSK berhasil memasuki pasar internasional seperti di Nepal, Malaysia, Maroko, Thailand, Srilanka, Filipina, Kepulauan Solomon dan beberapa negara lainnya di tiga benua yang berbeda. Sebagus apa mobil DFSK?

Baca juga: Mobil China di Indonesia: Harga, Kelebihan dan Kekurangannya

Perkembangan Mobil DFSK di Indonesia

Awalnya, mobil DFSK tidak serta-merta langsung berhasil saat memasarkan unit mobil sampai membangun pabrik dan beroperasi di Indonesia. 

Mengingat stigma produk asal Cina yang sulit mendapatkan kepercayaan masyarakat Indonesia, DFSK memiliki tantangan yang cukup berat untuk memasuki pasar otomotif Indonesia.

Walaupun begitu, Sokon Group (Hongkong) Company Limited tetap optimis dan bekerja sama dengan PT Kaisar Motorindo Industri sehingga lahirlah PT Sokonindo Automobile dengan target awal adalah sebagai produsen kebutuhan otomotif dalam negeri dan luar negeri, terkhususkan kebutuhan di negara-negara yang tergabung dalam ASEAN.

Pabrik DFSK berada di Kawasan Industri Cikande, Serang, Banten dan telah beroperasi sejak tahun 2017. Pabrik ini digadang-gadang sebagai pabrik modern terbesar dan tercanggih di Indonesia. 

Pasalnya, alat dan teknologi yang digunakan untuk memproduksi mobil sudah menggunakan teknologi robotik yang memanfaatkan jaringan internet untuk koordinasinya.

Mobil DFSK singkatan dari DongFeng Sokon telah berhasil menguasai pasar otomotif internasional. Pada kuartal pertama tahun 2022 saja, DFSK sudah mengekspor 500an lebih unit kendaraan di 14 negara dari tiga benua yang berbeda. 

Negara-negara pengekspor tersebut di antaranya ada Nepal, Malaysia, Thailand, Kepulauan Solomon, Filipina, dan Maroko.

Di Indonesia sendiri, mobil DFSK cukup membantu mobilitas masyarakat untuk segala linier dan aspek kehidupan masyarakat. 

Mulai dari mobil SUV modern berkualitas tinggi dengan keluaran tenaga yang maksimal seperti mobil DFSK Glory i-Auto dan mobil DFSK Glory 560 dibanderol dengan harga yang cukup murah.

Di bidang usaha dan bisnis, DFSK menghadirkan mobil DFSK Super Cab dan mobil DFSK Gelora yang ramah lingkungan. Mobil di kelas blind van dan minibus juga telah tersedia mobil DFSK Gelora E.

Baca juga: Daftar 13 Pilihan Mobil SUV Terbaik dari Berbagai Merek

Varian Mobil DFSK

Mobil yang diproduksi DFSK cukup lengkap, mulai dari kelas pick up, SUV, sampai minivan. Mobil DFSK pertama di Indonesia muncul di tahun 2017 dengan mobil DFSK pick up Super Cab kapasitas mesin 1.3 L dan kapasitas mesin 1.5 L.

Sementara itu, mobil penumpang yang diproduksi DFSK juga lengkap. Di kelas mobil SUV ada mobil DFSK Glory 560, DFSK Glory 580, dan mobil DFSK Glory i-Auto. Di tahun 2020, DFSK merilis mobil di kelas minivan dan blindvan yakni DFSK Gelora.

Adapun merek mobil DFSK terbaru yang telah diperkenalkan sejak 2021 pada event Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid yakni DFSK Gelora E yang menjadi pelopor mobil light commercial electric vehicle pertama di Indonesia.

Mobil DFSK Glory 580 berhasil mendapatkan predikat The Best SUV 2018. Tak heran bila DFSK Glory 580 menjadi salah satu dari tiga mobil merek mobil DFSK yang paling dinanti setiap tahunnya.

Baca juga: Daftar Mobil Pick Up Baru dan Bekas, Ada yang Rp30 Jutaan

Harga Mobil DFSK

Berikut ini harga mobil DFSK pick up, mobil DFSK Super Cab, dan mobil DFSK lainnya.

Tipe Mobil DFSKHarga Mobil DFSK
Mobil DFSK Super CabRp148,5 juta – Rp185 jutaan
Mobil DFSK GeloraRp170,4 juta – Rp200,4 jutaan
Mobil DFSK Glory 560Rp202,5 juta – Rp272,5 jutaan
Mobil DFSK Glory 580Rp252,9 juta – Rp315 jutaan
Mobil DFSK Glory i-AutoRp362,4 jutaan
Mobil DFSK Gelora E (Electric)Rp484 juta – Rp582,1 jutaan

Sementara itu, ada dua varian mobil DFSK yang akan rilis di tahun 2022, di antaranya ada mobil DFSK Glory i-Auto 2022 yang diperkirakan rilis tanggal 4 September 2022 dan mobil DFSK Glory E3 yang akan rilis tahun 24 September 2022.

Harga mobil DFSK pick up dan harga mobil DFSK lainnya bisa saja berubah tanpa pemberitahuan. Oleh karena itu, sebelum membeli mobil sebaiknya OtoFriends cek dulu harga mobil baru atau harga mobil bekas terbaru di aplikasi Otoklix.

Kelebihan Mobil DFSK

Dengan kehadiran merek mobil DFSK di Indonesia, terlebih pabriknya ada di Indonesia, keunggulan yang paling terlihat dari segi perekonomian adalah ikut berkontribusi dalam perekonomian negara. 

Tak sampai situ saja, DFSK ikut membantu kesejahteraan masyarakat Indonesia karena inovasinya dalam pengembangan mobil ambulans yang bekerja sama dengan Ambulance Pintar Indonesia (API). Bagaimana dengan spesifikasi mobil DFSK secara keseluruhan?

Mobil DFSK dinilai cukup ekonomis, khususnya mobil DFSK Glory 580. Mobil SUV satu ini memiliki kapasitas penumpang sebanyak 7 penumpang sehingga tepat sekali menjadi mobil penumpang yang sporty. 

Sekalipun masuk ke dalam kelas mobil SUV, DFSK terkenal dengan varian mesin turbonya dengan kapasitas 1.5 L. Apabila OtoFriends tak terbiasa menggunakan mobil bertenaga turbo, maka kita bisa memilih varian DFSK Glory 580.

Keunggulan lainnya merek mobil DFSK ini adalah mobil transmisi otomatisnya telah menggunakan sistem CVT yang lebih unggul dibandingkan transmisi otomatis konvensional lainnya. 

Fitur keamanan dan keselamatan mobil DFSK sudah menggunakan teknologi terkini, di antaranya:

  • Electronic parking brake (EPB)
  • Electronic brake force distribution (EBD) 
  • Electronic brake assist (EBA)
  • Sistem rem anti-lock (ABS)
  • Tire pressure monitoring system (TPMS)
  • Layar sentuh 10-inch
  • Driving recorder
  • Fungsi HHC uphill assist
  • Kamera parkir
  • Setir kemudi dilapisi kulit dan tombol multifungsi serta smart key.

Secanggih apapun mobil yang kita miliki, kita tetap harus melakukan perawatan mobil agar tetap prima, apalagi performa mesin mobilnya. Untuk mencari tahu bengkel mobil yang bisa memperbaiki mobil DFSK bisa lihat di blog otomotif.

Pertanyaan Seputar Mobil DFSK 

Mobil DFSK adalah mobil asal Cina yang diproduksi di Indonesia. Pabriknya ada di Cikande, Serang, Banten.

Mobil DFSK singkatan dari DongFeng Sokon, merupakan bisnis kerja sama antara Sokon Group (Hongkong) Company Limited dan PT Sokonindo Automobile dengan target awal adalah sebagai produsen kebutuhan otomotif dalam negeri dan luar negeri, terkhususkan kebutuhan di negara-negara yang tergabung dalam ASEAN.

Harga mobil DFSK mulai dari Rp140 jutaan sampai Rp580 jutaan.