Setiap material lantai rumah punya spesifikasi yang berbeda, ada yang licin, mengkilap, dan sebagainya, begitupun dengan material lantai garasi mobil. Sebaiknya kamu memilih lantai garasi mobil yang sesuai dan tidak licin supaya tak perlu takut jatuh saat lantainya sedang basah. Kami juga akan bagikan tips supaya lantai garasi mobil tidak licin. 

Memang, kebanyakan jenis lantai yang digunakan adalah lantai keramik. Namun, untuk garasi, digunakan keramik khusus dengan tekstur yang tidak licin. Apalagi, garasi mobil termasuk ruangan yang mungkin akan sering disinggahi oleh air. Misalnya, saat mobil basah akibat hujan. 

Tips Agar Lantai Garasi Mobil Tidak Licin

Di samping memilih material lantai garasi yang tidak licin, kamu juga perlu lakukan beberapa tips ini supaya lantai garasi mobil tidak mudah licin. Apalagi, kalau lantai licin bisa membuat anak-anak terjatuh saat berlari-larian di garasi. 

1. Rutin Dibersihkan Sekali Seminggu

Tak hanya lantai kamar mandi, lantai garasi mobil pun harus dibersihkan secara rutin. Apalagi kalau musim hujan, pastinya kendaraan sangat kotor dan akhirnya kotoran tersebut menempel pada lantai. 

Apabila noda ini didiamkan terlalu lama, maka bisa menjadi kerak yang sangat sulit dibersihkan. Kamu bisa gunakan cairan khusus untuk mengangkat noda-noda yang sangat membandel tersebut. 

2. Memastikan Lantai Tetap Kering

Lumut yang biasanya menempel di lantai berawal dari lantai yang selalu basah dan tidak pernah kering. Hal ini mungkin disebabkan oleh minuman yang tumpah ataupun berasal dari kendaraan yang dibawa dari luar saat turun hujan. 

Kecelakaan kecil yang sering terjadi karena lantai berlumut adalah terpeleset bahkan bisa berakibat serius jika mengenai bagian kepala. Untuk itu, sisa air sebaiknya harus dibersihkan segera untuk menghindari tumbuhnya lumut. 

3. Memberikan Pencahayaan yang Cukup pada Ruang Garasi

Nah, tips ketiga ini sebenarnya berkaitan erat dengan sebelumnya. Pasalnya, lantai yang tidak kering bisa jadi disebabkan oleh pencahayaan dari ruang yang tidak cukup. Suasana garasi yang lengkap tentu saja tak mampu membuat lantai kering sempurna. 

Namun, dengan memberikan pencahayaan pada garasi setidaknya mampu membuat lantai lebih kering. Jika memang terlanjur tidak mendesain garasi dengan pencahayaan cukup, kamu bisa dapatkan cahaya dari lampu. Cahaya yang dipantulkan akan membantumu untuk menyerap sisa air yang berserakan di lantai. 

4. Mendesain Lantai Garasi dengan Posisi Tidak Datar

Jika lantai garasi sejajar dengan halaman rumah, biasanya air di halaman bisa saja masuk kapanpun, khususnya saat hujan lebat. Hal ini tentu saja akan membuat lantai selalu basah setiap hari. 

Oleh karena itu, desainlah lantai garasi dengan posisi sedikit miring atau lebih tinggi daripada halaman luar rumah. Dengan demikian, penyebab lantai licin seperti tumbuhnya lumut bisa kamu hindari. 

Material Lantai Garasi yang Umum Digunakan

Di bawah ini adalah jenis-jenis material lantai garasi yang sudah sangat umum digunakan. Beberapa diantara ada yang anti licin, tapi ada pula yang memiliki model menarik sehingga tetap memberikan kesan mewah pada ruangan garasimu nanti. 

1. Batu Alam

Penggunaan batu alam sebagai material garasi sudah sangat melimpah. Batu alam akan membuat keramik garasimu tidak perlu dipoles setiap kali turun hujan. Sebab ia tak akan berlumut salam sekali. Jadi tak perlu takut lantai akan licin saat hujan turun. 

Garasi dengan bahan batu alam pun punya kesan dan penampilan yang berbeda. Kamu bisa padukan dengan tumbuhan hijau di samping kiri dan kanannya supaya menghidupan suasana garasi mobil mewahmu. 

2. Vinyl

Material menggunakan bahan dasar vinyl akan membuat garasimu terkesan lebih artistik dan menarik. Apalagi, jika kamu pandai dalam memadukan warna, maka akan semakin memperlihatkan kesan mewah dari garasi berbahan vinyl ini. 

Perpaduan warna dari material vinyl yang sangat banyak memberikan peluang untukmu bisa lebih kreatif dalam mendesain garasi yang menarik. Jika kamu ingin tampil beda, material garasi satu ini sangat cocok digunakan. 

3. Beton

Beton adalah material bangunan yang sangat solid dan keras. Oleh sebab itulah, juga sering digunakan sebagai bahan utama bangunan. Apalagi, kualitasnya juga sangat bagus untuk digunakan sebagai material garasi.

Penggunaan beton sebagai lantai garasi direkomendasikan karena lebih awet dan tahan lama. Di samping itu, proses perawatannya juga tak terlalu sulit. Cukup disapu dan dibersihkan secara rutin dari debu-debu. 

4. Batu Koral

Batu koral bisa dirancang dengan berbagai desain, seperti membuat lantai dengan motif polkadot. Penggunaan material ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang ingin membuat garasi mobil dengan nuansa minimalis. 

5. Marmer atau Granit

Tahu berapa harga material marmer ini? Marmer sendiri adalah lantai garasi yang dibanderol dengan harga sangat mahal. Tentu saja, biaya pemasangan yang harus disiapkan juga tak sedikit. 

Oleh karena itulah, kesan marmer selalu diperlihatkan oleh artis-artis terkenal. Jika punya budget lebih, tak ada salahnya mencoba garasi dengan lantai marmer juga. Kamu bisa memanfaatkan material ini untuk memberikan kesan garasi yang lebih mewah. 

Jadi, pada dasarnya perawatan lantai pun sangat diperlukan supaya lantai garasi mobil tidak licin. Namun, selain itu, perawatan pada mobil juga tak kalah penting loh supaya kondisinya selalu prima setiap digunakan. 

Kamu bisa percayakan servis dan perawatan mobil pada bengkel mobil terpercaya dari  Otoklix. Segera booking sekarang juga dan Otoklix akan segera mencarikanmu bengkel mobil terdekat.