Ketika sudah mencuci mobil secara umum, kita luput cuci jok mobil juga. Jok mobil hanya dibersihkan seadanya ketika melakukan cuci mobil. Padahal lama kelamaan jok mobil bisa kotor, apalagi jika menggunakan bahan yang mudah kotor seperti kain atau suede.

Berikut ini adalah beberapa cara mencuci jok mobil berbahan kain, kulit, tenun, dan vinyl. Simak juga tips dan cara mengatasi jamur pada mobil. Simak cuma di Otoklix.com!

Cara Cuci Jok Mobil Berdasarkan Bahan

Jok mobil memiliki beberapa jenis bahan yang digunakan. Contohnya adalah kain, kulit, tenun, bahkan vinyl. Agar tidak merusak bahan yang digunakan, kain jok harus diperlakukan dengan tepat. Jadi, kamu perlu mencucinya dengan cara yang benar dan aman.

Secara umum, cara cuci jok mobil terdiri dari tiga langkah. Ketiga langkah ini bisa dilakukan untuk pembersihan jok yang tidak terkena noda.

  1. Menyiapkan alat pembersih. Alat yang digunakan seperti vacuum cleaner, kain lap, cairan pembersih, bahan pemoles.
  2. Kemudian, membersihkan debu dan kotoran yang terlihat. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan vacuum cleaner.
  3. Selanjutnya, membersihkan menggunakan cairan pembersih. Kamu bisa menggunakan kain untuk mengelap seluruh bagian jok sampai bersih. 

Cara cuci jok mobil berbahan kain

Membersihkan jok mobil dengan bahan kain membutuhkan cara tertentu agar serat kain tidak rusak. Kalau salah dalam cara membersihkannya, serat kain bisa kasar. Apalagi jika menggunakan beludru. Kain perlu dilepas terlebih dahulu dari jok mobil. 

Mari simak cara mencuci jok berbahan kain.

  1. Pertama, siapkan alat-alatnya seperti sabun khusus pembersih interior mobil, handuk, spons, ember, serta vacuum cleaner.
  2. Membersihkan kotoran dan debu menggunakan vacuum cleaner.
  3. Isi air hangat ke dalam ember dan tuangkan secukupnya sabun. Jangan menggunakan terlalu banyak air.
  4. Kemudian, rendam spons ke dalam cairan sabun dan gosokkan ke jok mobil secara perlahan. 
  5. Keringkan jok mobil dengan menggunakan handuk kering agar air menyerap pada handuk.
  6. Jika menggunakan kain beludru, kamu bisa melepaskannya terlebih dahulu dari jok mobil lalu rendah di air hangat. Setelah itu bilas kain jok dan keringkan terlebih dahulu sebelum dipasang kembali.

Cara cuci jok mobil berbahan kulit

Jok berbahan kulit dianggap lebih aman jika terkena tumpahan makanan atau minuman. Hanya perlu dilap dan jok bersih kembali. Akan tetapi, jok berbahan kulit justru butuh perawatan ekstra dibandingkan bahan lainnya, sama seperti halnya merawat jaket, tas, atau sepatu kulit.

Tetapi tidak perlu khawatir, lakukan cara-cara di bawah ini ya.

  1. Pertama, gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan kotoran dan debu dari jok mobil.
  2. Kemudian, gunakan kain lembut yang sudah diberi deterjen khusus lalu gosok jok mobil
  3. Bilas jok mobil menggunakan air untuk menghilangkan sabun.
  4. Pakaikan kondisiner atau bahan poles kulit pada kain jok mobil. Kondisioner ini dapat membuat jok tampak kinclong dan licin, sehingga debu tidak mudah menempel. Selain itu, cairan ini berfungsi menjaga kulit agar tetap bagus dan tidak pecah-pecah.

Cara cuci jok mobil berbahan tenun

Selanjutnya adalah cara mencuci jok mobil berbahan tenun. Tenun ini juga termasuk kain, tetapi butuh perawatan khusus. ALat yang dibutuhkan untuk mencuci mobil berbahan tenun adalah air, lap, sikat halus, sabun cuci piring, dan botol penyemprot. Langkah-langkah membersihkannya adalah sebagai berikut:

  1. Masukkan campuran air dan sabun ke dalam botol.
  2. Semprot cairan ke area jok mobil berbahan tenun dengan jarak sekitar 15-20 cm agar penyebarannya lebih merata.
  3. Sikat menggunakan sikat halus secara perlahan. Hati-hati karena kain tenun mudah rusak jika diperlukan kasar.
  4. Setelah selesai disikat, lap sampai kering dan bersih. Disarankan untuk merendam kain di dalam air hangat sebelum digunakan.

Cara cuci jok mobil berbahan vinyl

Dapat dikatakan bahwa jok mobil berbahan vinyl termasuk yang mudah dibersihkan karena permukaannya licin. Alat yang digunakan adalah sikat halus dan campuran air dengan sabun. 

Cara membersihkannya adalah mengusapkan campuran air sabun tersebut menggunakan spons ke permukaan jok. Setelah itu, gunakan lap atau handuk untuk membersihkan air sabun sampai benar-benar kering dan bersih.

Tips Cuci Jok Mobil 

Setelah mengetahui cara membersihkan jok mobil berdasarkan bahannya, kamu juga perlu mengetahui cara membersihkan jok mobil dari noda maupun jamur. Ini dia tipsnya.

1. Membersihkan noda tinta

Terkadang ada hal yang tidak terduga dapat terjadi di dalam mobil. Bisa jadi kita tidak tahu bahwa tinta pena atau spidol yang digunakan bocor dan mengotori jok mobil. Bagi mobil dengan jok berbahan selain kulit, yaitu kain atau vinyl, noda tinta tersebut masih dapat dibersihkan menggunakan cairan yang mengandung alkohol.

Caranya cukup mudah, hanya gosok cairan tersebut secara perlahan dan hati-hati pada bagian yang terkena noda sampai hilang. Alternatif cairan yang bisa digunakan adalah hand sanitizer. Tetapi cara ini tidak dapat digunakan pada jok dengan bahan kulit. Noda tinta pada jok berbahan kulit tidak dapat dibersihkan.

2. Membersihkan noda minyak 

Noda minyak ini paling banyak terjadi karena kebiasaan makan di dalam mobil. Padahal, noda minyak lama kelamaan bisa menjadi sumber bau tidak sedap. Cara membersihkan noda minyak pada jok mobil adalah dengan digosok perlahan menggunakan cairan aseton.

Setelah digosok, taburkan garam di atas noda agar kandungan aseton pada kain dapat diserap. Biarkan semalaman lalu baru disedot menggunakan vacuum cleaner keesokan harinya. Tetapi lagi-lagi, jika menggunakan jok bahan kulit, belum tentu nodanya bisa hilang dengan mudah. 

3. Membersihkan jamur

Selain noda, masalah berikutnya adalah jok yang ditumbuhi jamur. Hal ini disebabkan karena jok dibiarkan kotor untuk waktu yang lama. Bentuknya bisa berupa bintik putih atau hitam, ada juga yang seperti bulu halus.

Cara menghilangkan jamur di jok mobil adalah menggunakan cairan pembersih khusus jamur. Selain itu bisa menggunakan sabun cuci piring dicampur dengan bahan pemutih pakaian dengan perbandingan 1:1.

Cara membersihkannya adalah bersihkan area permukaan menggunakan vacuum cleaner terlebih dahulu. Kemudian baru tuangkan cairan pembersih ke permukaan jok menggunakan spons. Gosok perlahan sampai jamurnya hilang.

Setelah itu, kamu bisa membersihkannya menggunakan kain microfiber atau handuk yang kering. Pintu mobil juga bisa dibuka agar jok cepat kering.

Nah, itu tadi adalah cara cuci jok mobil berdasarkan bahannya dan juga kotoran yang menempel. Kamu juga bisa mempercayakan mobil kamu ke bengkel cuci mobil tepercaya di Otoklix lho. Tinggal duduk manis dan tunggu mobilmu selesai dibersihkan!