Toyota Agya adalah salah satu LCGC yang paling banyak peminatnya di Indonesia. Tidak sulit mencari ukuran ban untuk Agya. Ban mobil yang mudah didapat karena hampir semua produsen ban memproduksinya membuat harga ban mobil Agya cukup terjangkau.

Memangnya, berapa harga ban mobil Agya? Mari kita simak daftar harganya dari beberapa merek dan juga informasi lain tentang ban mobil.

Harga Ban Mobil Agya

Ban mobil adalah komponen yang fast moving. Artinya, komponen ini memiliki siklus penggantian yang termasuk cepat. Oleh sebab itu, kamu perlu menyiapkan anggaran untuk membeli ban mobil.

Ukuran ban mobil yang bisa digunakan pada Toyota Agya atau mobil-mobil LCGC lainnya adalah 175/65 R14. Jadi, secara umum, kamu bisa menggunakan merek apapun asalkan dengan ukuran yang sesuai. Pastikan, ban mobil yang kamu pilih andal secara kinerja, nyaman dan aman untuk berkendara.

Berikut harga ban mobil Agya dari berbagai merek ternama, harganya mulai dari Rp400 ribuan.

Ban Mobil AgyaHarga Ban Mobil Agya
Dunlop EC 300Rp566 ribuan
Dunlop SP Touring R1Rp544 ribuan
Bridgestone New TechnoRp540 ribuan
Bridgestone Ecopia EP150Rp579 ribuan
Bridgestone Turanza AR20Rp741 ribuan
GT Radial Champiro EcoRp462 ribuan
GT Radial Champiro BXT ProRp436 ribuan
Accelera Eco PlushRp404 ribuan

Pilihan Ban Mobil untuk Toyota Agya

Meskipun memiliki banyak pilihan merek, tetapi Bridgestone Ecopia EP150 82T menjadi ban original equipment atau OEM untuk ban mobil New Toyota Agya. Bridgestone Ecopia EP150 didesain untuk mengurangi hambatan gulir (rolling resistance) serta lebih irit bahan bakar. Meskipun begitu, performa dan keselamatan dari ban ini tetap diutamakan.

Parameter keselamatan ini mencakup pengendalian ban di jalanan basah maupun kering, stabilitas ban, jarak pengereman, serta tingkat kebisingan ban. Sebaiknya, ban yang kamu pilih memiliki tingkat kebisingan yang rendah.

Selain memiliki performa yang baik di jalanan rata, Bridgestone Ecopia juga diklaim tetap memiliki performa yang baik di jalanan yang tidak rata. Tidak heran, ban ini menjadi salah satu ban standar untuk mobil-mobil kompak, medium, dan MPV.

Bridgestone ramah lingkungan

Dari sekian banyak keunggulan dari sisi performa, rupanya Bridgestone juga mengklaim ramah lingkungan. Hal ini disebabkan oleh daya tahan ban yang lebih lama dengan tingkat keselamatan yang tinggi. Sehingga, jejak emisi karbon lebih rendah dan lingkungan menjadi lebih bersih.

Ban Bridgestone digunakan pada LCGC lain

Selain digunakan pada Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, Ecopia 150 juga menjadi ban bawaan untuk Suzuki Ignis, Suzuki Ertiga Dreza GS, Toyota Sienta, Toyota Yaris Heykers, Honda BR-V, Avanza, Veloz, Calya, serta Sigra.

Tanda Harus Ganti Ban

Lantas, apa saja tanda-tanda ban mobil kita sudah perlu ganti? Berikut ini adalah 10 tanda yang bisa kamu perhatikan yang menjadi tanda ban mobil harus ganti.

1. Umur ban mobil sudah 3 tahun

Ban mobil memiliki usia pakai ideal yaitu 3 tahun. Hal ini disebabkan karena elastisitas ban akan berubah seiring waktu. Seperti yang kita tahu bahwa ban mobil terbuat dari bahan karet. Semakin lama elastisitas karet akan semakin berkurang sampai akhirnya menjadi getas dan tidak lentur kembali.

Jadi, sebaiknya lakukan penggantian ban mobil kalau sudah mencapai 3 tahun. Meskipun kembangnya masih tebal karena jarang digunakan, tetapi kemungkinan ban sudah tidka nyaman digunakan karena sudah mengeras.

2. Jarak tempuh 40.000 km

Selain memiliki usia pakai, ban juga memiliki jarak tempuh yang ideal. Apabila sudah dipakai 40 – 50 ribu kilometer. Umumnya ban mobil yang sudah menempuh jarak 40 – 50 ribu kilometer akan mengalami keausan meskipun kelenturannya masih bagus. Jika diasumsikan mobil menempuh jarak 15 – 20 ribu kilometer per tahun, maka jarak 40 ribu kilometer akan ditempuh dalam waktu sekitar 2 tahun.

3. Ketebalan tapak ban mencapai batas TWI

TWI adalah singkatan dari Tread Wear Indicator. Ini merupakan batas keausan ban yang masih diperbolehkan untuk digunakan. Apabila kemban ban sudah mencapai segitiga TWI, artinya ban sudah harus diganti. 

TWI ini bisa dilihat pada dua posisi, yaitu di bagian tepi ban dan di tengah telapak ban. Di sisi ban akan terlihat segitiga kecil di area bawah kembang ban, sementara pada tengah telapak ban akan ada tonjolan tetapi tingginya tidak sampai setinggi kembang ban.

4. Ban gundul di tengah

Ini merupakan tanda ban harus diganti akibat pemakaian atau kebiasaan berkendara. Keausan ini mungkin terjadi hanya pada bagian tengah ban sementara kembang di bagian tepi masih bagus. Kondisi ini menunjukkan bahwa ketebalan ban tidak seragam. Oleh sebab itu perlu diganti.

5. Ban gundul pada tepi atau sisi tertentu

Apabila sebelumnya hanya terjadi keausan di bagian tengah, ban yang gundul di bagian tepi atau sisi tertentu juga perlu diganti. Ini juga merupakan tanda bahwa ketebalan ban tidak lagi seragam dan dapat mengganggu keselamatan berkendara.

6. Benjolan pada ban

Adakalanya ban mengalami benjolan akibat benturan dengan jalanan berlubang atau trotoar. Bisa juga karena mengisi tekanan yang tidak sesuai. Benjolan ini menjadi tanda bahwa anyaman benang dan kawat konstruksi ban ada yang putus. Akibatnya, ketahanan ban menjadi tidak seragam. Apalagi jika memang ban sudah berusia lebih dari 3 tahun. Sebaiknya segera ganti ya.

7. Ban retak

Ban yang retak menunjukkan bahwa ban sudah rusak dan rapuh. Ban retak bisa disebabkan karena sering berkontak dengan panas untuk waktu yang lama.

8. Sering ditambal

Ban bocor akibat tertusuk benda tajam biasanya cukup ditambal agar bisa berfungsi normal kembali. Akan tetapi, jika sudah terlalu sering ditambal, kekuatan ban juga akan berkurang. Ban menjadi kurang layak digunakan.

9. Lecet karena kena benda keras

Kecelakaan atau kontak dengan benda keras seperti menabrak trotoar atau jalanan berlubang juga bisa membuat ban lecet. Secara tampilan mungkin terlihat baik-baik saja. Akan tetapi, kamu perlu waspada ketika melewati jalanan yang rusak karena berpotensi pecah.

10. Kembang ban terangkat (heel toe wear)

Heel toe adalah kondisi ketika kembang ban terlihat seperti terangkat. Ini dapat terjadi ketika ban mobil sering melalui jalanan yang rusak dengan kecepatan tinggi. Selain karena kebiasaan berkendara, kembang ban yang terangkat juga bisa disebabkan oleh sistem suspensi yang susah aus.

Mengingat pentingnya mengganti ban ketika sudah saatnya tiba, maka catat baik-baik harga ban mobil Agya dan siapkan anggarannya ya. Kamu bisa beli dan ganti ban mobil di bengkel ban yang tersedia di Otoklix. Otoklix akan mencarikan lokasi terdekat buatmu.