Desain garasi mobil minimalis saat ini digandrungi masyarakat umum, khususnya keluarga muda atau anak muda yang sudah memiliki rumah sendiri. Keterbatasan lahan memberikan tantangan yang cukup sulit untuk tetap memiliki garasi mobil keren tanpa harus mengambil lahan orang lain atau jalanan depan rumah.

Susah-susah gampang mendesain garasi mobil sederhana dan minimalis. Kita harus mempertimbangkan banyak hal, mulai dari material lantai dan dinding garasi, letak garasi yang tepat, hingga penggunaan rak-rak khusus untuk menyimpan peralatan bengkel yang dimiliki pasangan.

Banyak juga perumahan cluster yang menerapkan teras dan garasi rumah minimalis tanpa pagar. Yuk, simak referensi desain garasi mobil minimalis.

Baca juga: Cara Agar Mobil Terhindar dari Jamur dan Karat di Musim Hujan

Garasi Mobil Samping Rumah dari Besi atau Baja Ringan

Desain garasi atau carport pada umumnya yakni garasi mobil samping rumah yang mengandalkan besi atau baja ringan sebagai atap kanopi pelindung mobil dan pagar untuk memberikan keamanan mobil di rumah.

Keuntungan menggunakan material besi atau baja ringan yakni harganya yang terjangkau namun kokoh dan tahan lama. Kita juga bisa mendesainnya supaya lebih estetik dengan warna-warna minimalis seperti hitam atau putih.

Garasi Mobil Minimalis dengan Atap Polycarbonate

Referensi desain garasi mobil mewah namun tetap minimalis dengan budget terbatas yakni garasi yang memiliki atap menggunakan material polycarbonate berwarna hitam ataupun putih (bening). Untuk mempertegas tampilan mewah dan elegannya maka OtoFriends bisa menggunakan warna hitam.

Sedangkan atap polycarbonate berwarna putih atau bening atau transparan selain dapat membuat kesan mewah, warna transparan ini juga dapat menyalurkan cahaya sehingga kita dapat mengirit listrik sekaligus membuat garasi jadi terlihat lebih teduh.

Garasi Mobil Minimalis Material Kayu

Material kayu juga bisa dijadikan material utama pembuatan garasi mobil. Misalnya saja kita bisa menggunakan material kayu sebagai tiang kanopi atau sebagai atap kanopinya itu sendiri. 

Garasi mobil menggunakan material kayu dapat menciptakan nuansa natural apalagi diikuti dengan beberapa tanaman yang tersimpan di garasi mobil.

Untuk membuat kesan mewah, kita juga bisa membuat model garasi mobil tertutup menggunakan konsep kayu seperti ini yang dikawinkan dengan warna hitam dan lampu berwarna kekuningan.

Garasi Mobil Minimalis Menggunakan Material Batu Alam

Referensi desain garasi selanjutnya adalah yang menggunakan material batu alam untuk lantai carport. Keunggulan batu alam daripada keramik untuk lantai carport adalah batu alam memiliki tekstur bergerigi sehingga anti selip, terhindar dari licin saat hujan, aman dan tahan lama.

Beberapa jenis batu alam yang biasa dijadikan lantai carport antara lain batu alam blue stone, granit, koral, batu andesit, dan candi. OtoFriends bisa menyesuaikan jenis batu dengan konsep desain garasi keseluruhan.

Untuk meningkatkan konsep natural dan alamnya, batu alam ini bisa dikawinkan dengan kanopi berbahan kayu, lampu garasi berwarna kekuningan dan tanaman hijau di sekitarnya.

Baca juga: 20 Inspirasi Motif Keramik Garasi Mobil dan Tips Memilihnya

Garasi Mobil Minimalis Konsep Hidropolik

Belum banyak orang yang menerapkan konsep hidropolik untuk garasinya. Padahal bisa jadi desain carport hidropolik ini menjadi solusi atas keterbatasan lahan carport kita. 

Sebab garasi konsep hidropolik ini biasanya menyimpan mobil di bawah tanah, saat mobil akan digunakan maka garasi tersebut akan naik ke permukaan berkat adanya tenaga hidrolik elektrik.

Untuk biaya pembuatannya, memang dibutuhkan biaya yang cukup besar namun hal tersebut terbayarkan dengan desain garasi mobil mewah dan futuristik.

Garasi Mobil Minimalis Konsep Basement

Contoh model garasi mobil terpisah dari rumah yang cukup ramai dibicarakan banyak orang adalah model garasi basement. Karena desain basement ini merupakan model garasi mobil tertutup, kita harus mempertimbangkan konsep pencahayaan yang tepat dan sesuai.

Misalnya saja penempatan garasi yang tidak terlalu ke bawah sehingga sebagian garasi masih mendapatkan pencahayaan langsung dari sinar matahari. Kemudian penggunaan dinding wood rotation di bagian plafon garasi juga membantu pencahayaan agar semakin maksimal.

Garasi Mobil Minimalis Konsep Kaca

Penggunaan kaca sebagai material carport juga banyak memberikan keuntungan, antara lain desain garasi mobil mewah, garasi mobil keren, hingga hemat listrik karena mendapatkan pencahayaan langsung dari sinar matahari. Kita dapat menghemat penggunaan lampu pada garasi mobil.

Umumnya kaca yang digunakan adalah kaca jenis acid frosted glass, dania patterned glass atau crystal clear glass untuk kanopi carport. Sedangkan bagian dindingnya kita bisa menggunakan dinding gabion, besi atau baja ringan, hingga dinding tembok biasa.

Tips Membangun Garasi Mobil Minimalis

Setelah mengetahui jenis dan model garasi mobil minimalis berdasarkan material pembuatnya, kita bisa mempertimbangkan biaya yang dibutuhkan untuk membuat carport tersebut. Sesuaikan dengan budget yang telah kita siapkan sehingga hasilnya lebih maksimal.

Untuk mendapatkan garasi mobil minimalis sesuai keinginan dengan budget seadanya, OtoFriends bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Penentuan Material

Berdasarkan referensi model garasi mobil di atas, kita bisa menggunakan material besi atau baja ringan sebagai kerangka kanopi ataupun kayu di bagian atap kanopi. Selain itu penggunaan material kayu atau polycarbonate untuk atap kanopi juga disarankan.

Adapun untuk lantainya sendiri kita bisa menggunakan batu alam atau lantai biasa yang memiliki tekstur bergerigi agar tidak licin. Penentuan material yang tepat sesuai konsep dan desain garasi mobil minimalis penting dilakukan dengan pertimbangan budget.

2. Penentuan Material Pondasi dan Atap

Sejalan dengan pemilihan material secara umum, dalam memilih material pondasi atau kerangka dan atap garasi hal yang perlu kita pertimbangkan adalah kekokohan dan kekuatan material tersebut agar aman saat kita menyimpan kendaraan.

3. Ukuran Ideal Garasi Mobil

Idealnya ukuran garasi mobil yakni sesuai dengan dimensi mobil yang ditambahkan 100 – 120 cm untuk panjang garasi dan untuk lebar ditambah 100 cm.

Kendati demikian, bila mobil kita berdimensi kecil maka ukuran panjangnya 2,4 meter x 4,8 meter dengan tinggi 2 -3 meter. Adapun untuk mobil berdimensi besar biasanya berukuran 3 meter x 6 meter dengan tinggi 3 meter.

Yang terpenting saat mendesain garasi mobil adalah sesuaikan ukuran garasi dengan dimensi mobil sekaligus sediakan ruang kosong untuk berlalu lalang.

Baca juga: Ukuran Garasi Mobil yang Ideal untuk Mobil Kecil sampai SUV

4. Perhatikan Sistem Pembuangan Air

Jarang ada yang mempertimbangkan sistem pembuangan air pada garasi mobil. Padahal sistem pembuangan air cukup krusial agar tidak ada genangan air di sekitar area garasi.

5. Pertimbangkan Posisi Garasi

OtoFriends bisa memilih apakah desain garasi mobil depan rumah, di belakang rumah, desain basement, atau garasi mobil samping rumah. Pertimbangkan posisi garasi tersebut dengan mobilitas keluar-masuk kendaraan.

Tempat Terbaik untuk Merapikan Body Mobil

Walaupun kita sudah mendesain garasi sebaik mungkin sesuai dengan dimensi mobil, namun kadang kala saat kita berada di luar tetap saja resiko body mobil rusak akibat terkena goresan dan baret bisa saja terjadi.

Saat melihat body mobil rusak, OtoFriends bisa membawanya ke bengkel body repair terbaik yang terbiasa memperbaiki body mobil sesuai jenis dan merek mobil kita. Dengan begitu, hasilnya perbaikannya akan semakin maksimal.

Percayakan perawatan dan perbaikan mobil kepada ahlinya di Bengkel Otoklix. Otoklix memiliki tim mekanika profesional dengan jam terbang tak diragukan lagi untuk memperbaiki mobil.

Konsultasikan servis mobil OtoFriends melalui aplikasi Otoklix untuk mengetahui permasalahan dan lakukan booking service online melalui aplikasi Otoklix.

Pertanyaan Seputar Garasi Mobil Minimalis

Ukuran minimal garasi mobil untuk mobil berukuran kecil yakni 2,4 meter x 4,8 meter dengan tinggi 2 – 3 meter.

Idealnya ukuran garasi mobil yakni sesuai dengan dimensi mobil yang ditambahkan 100 – 120 cm untuk panjang garasi dan untuk lebar ditambah 100 cm. Untuk mobil berukuran kecil 2,4 meter x 4,8 meter, sedangkan mobil besar 3 meter x 6 meter.

OtoFriends bisa menggunakan material seperti besi, baja ringan, polycarbonate atau kaca untuk atap garasi, kayu, atau batu alam untuk membuat garasi mobil minimalis.