Sebagai pengendara atau pemilik mobil dengan mesin diesel tentu harus mengetahui berbagai jenis lampu indikator mobil diesel. Hal ini wajib dipahami karena setiap lampu indikator memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing sebagai petunjuk untuk kelancaran dan keselamatan berkendara.

Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang serba-serbi lampu indikator mesin diesel dan tips untuk menangani lampu indikator mobil diesel yang menyala terus. Mari simak informasi lengkapnya dalam penjelasan di bawah ini!

Pahami Arti Lampu Indikator Mobil Diesel Berdasarkan Jenisnya

Pada panel dashboard mobil yang menggunakan mesin diesel modern, terdapat lampu-lampu yang menunjukkan komponen kendaraan. Lampu-lampu ini digunakan sebagai petunjuk apabila terjadi masalah pada salah satu komponen mobil yang sedang dikendarai. Lampu indikator mobil diesel ini akan menyala dan memberi tanda kepada pengendara. 

Oleh karena itu, pemilik dan pengendara perlu memahami arti lampu indikator mobil diesel ini berdasarkan jenisnya. Dan berikut adalah beberapa diantaranya!

Indikator check engine

Apabila lampu indikator check engine menyala, sudah bisa dipastikan bahwa sistem mendeteksi adanya masalah pada ruang mesin mobil. Dengan adanya pertanda ini akan menyebabkan performa mesin mobil menurun atau jika parah mobil bahkan bisa sama sekali tidak bisa dihidupkan. 

Indikator water sedimentation

Jika indikator water sedimentation menyala, artinya pengendara perlu berhati-hati karena ada indikasi mesin mobil kemasukan sejumlah air yang cukup banyak dan melewati batas toleransi maksimal. Masalah ini bisa terjadi karena adanya pengembunan di dalam mesin, yang secara perlahan bisa memunculkan air pada tangki bahan bakar. 

Indikator temperatur mesin

Indikator temperatur mesin bisa menyala ketika mobil sedang dikendarai, pertanda tersebut menginformasikan kepada pengendara bahwa mesin mobil mengalami overheat atau panas yang sudah tidak bisa ditolerir. Hal ini bisa disebabkan karena sistem pendingin yang rusak atau air radiator habis. 

Indikator low oil pressure

Lampu indikator diesel lainnya yang wajib dipahami pengendara adalah ketika indikator low oil pressure menyala, yang artinya mesin mobil kekurangan oli. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena jika tidak segera ditambahkan atau diganti dengan oli yang  baru maka akan berimbas pada mesin mobil secara keseluruhan. 

Indikator gearbox

Lampu indikator mobil diesel selanjutnya adalah gearbox, yang memiliki tampilan gambar mirip gigi roda dengan tanda seru. Jika lampu indikator ini menyala, artinya bagian gearbox mobil mengalami masalah atau kerusakan, hal ini biasanya ditandai dengan mobil tidak bisa dioper posisi tuas transmisinya. Masalah ini perlu diatasi dengan langsung membawa mobil ke bengkel. 

Indikator maintenance

Indikator maintenance berbentuk seperti kunci inggris, jika lampu indikator ini menyala maka bisa dipastikan bahwa ada masalah pada bagian kelistrikan mobil. Indikator maintenance juga merupakan pengingat bagi pemilik mobil dengan mesin diesel untuk segera melakukan service berkala. 

Indikator bahan bakar

Yang terakhir adalah indikator bahan bakar, lampu indikator ini akan menyala dan mengingatkan pengendara mengenai tangki bahan bakar yang sudah dalam batas minimum dan harus segera diisi. Pertanda ini mungkin sudah sangat jelas untuk para pengendara karena jika tidak segera diisi maka mobil tidak bisa dihidupkan. 

Penyebab Lampu Indikator Mobil Diesel Terus Menyala

Setelah mengetahui jenis-jenis dari lampu indikator mobil diesel, terkadang terjadi masalah umum yang sering dialami oleh para pengendara mobil bermesin diesel, yaitu lampu indikator yang masih terus menyala walaupun mesin mobil sudah dalam keadaan mati. Lalu apa yang menjadi penyebabnya? Ini dia beberapa penyebab umumnya!

  • Pertama adalah catalytic converter yang terganggu
  • Kedua, biasanya saat lampu indikator bahan bakar masih terus menyala padahal pengendara sudah mengisi sampai penuh, mereka terkadang lupa untuk menutup tangki bahan bakar dengan rapat.
  • Ketiga, ada keadaan dimana sensor oksigen mobil terganggu atau bermasalah.
  • Keempat, ada gangguan pada mass airflow sensor. 
  • Terakhir, biasanya terdapat masalah pada busi mobil. 

Cara Mengatasi Lampu Indikator Mobil Diesel yang Menyala Terus

Ketika lampu indikator mobil diesel terus menyala walaupun sudah ditangani sebagaimana mestinya, kemungkinan ada masalah besar pada mesin mobil. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulihkan lampu indikator agar bisa berfungsi seperti semula. 

Bersihkan busi secara berkala

Busi merupakan suku cadang paling penting yang menunjang performa mesin mobil agar bisa berjalan dengan lancar dan optimal. Hal ini berkaitan juga dengan mekanisme penunjang sistem lampu indikator mobil diesel, oleh karena itu apabila mesin indikator mobil terus menyala tanpa penyebab yang jelas, bisa jadi pemilik mobil harus membersihkan busi secara berkala. 

Memastikan kondisi aki yang selalu prima

Lampu indikator mobil diesel yang terus menyala juga bisa disebabkan oleh aki mobil yang sudah mulai soak. Pemilik mobil tentunya harus memastikan bahwa aki mobil selalu dalam kondisi prima, caranya yaitu dengan selalu melakukan pengecekan berkala agar mobil yang dikendarai selalu dalam kondisi yang optimal. 

Service mobil secara berkala

Terakhir, agar lampu indikator mobil diesel selalu dalam kondisi baik dan terhindar dari masalah menyala terus-menerus bahkan pada saat mesin mobil dimatikan, pemilik mobil harus rutin melakukan service mobil. Service rutin secara berkala bisa mendeteksi permasalahan saat belum parah dan menghindarkan mobil dari kerusakan-kerusakan serius.

Segera service mobil dan atasi masalah lampu indikator mobil diesel yang menyala terus, dengan layanan to the next level dari Otoklix. Pemilik mobil bisa memilih jenis service mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Dapatkan juga pengingat otomatis jadwal service melalui aplikasi dan promo menarik lainnya.