Fusible link adalah komponen sistem kelistrikan mobil yang memiliki fungsi untuk melindungi atau memberi pengaman pada sistem kelistrikan mobil. Sistem kelistrikan mobil yang tidak terlindungi dengan baik dapat memberikan risiko mobil terbakar. Alhasil, berbagai macam kerugian tentu dapat datang menghampiri, mulai dari kerugian finansial dan materiil, hingga ancaman kehilangan nyawa dan juga anggota keluarga akibat peristiwa  mobil terbakar.

Baca juga: Kelistrikan Mobil Bermasalah? Ini Rekomendasi Bengkel Kelistrikan Mobil

Memiliki peran yang penting untuk menahan arus agar tidak terjadi korsleting, tentu OtoFriends harus memahami dengan benar apa itu fusible link, jenis, dan cara merawatnya, agar fusible link pada sistem kelistrikan mobil yang OtoFriends miliki dapat terjaga dengan baik dan terhindar dari risiko mobil terbakar.

Perbedaan Fuse dan Fusible Link

Berbicara tentang fusible link, mungkin OtoFriends langsung membayangkan fuse atau sekring pada umumnya. Sama-sama bekerja pada sistem listrik, perbedaan fuse dan fusible link terletak pada besar kapasitas arus yang bisa melewati pengaman tersebut. Fusible link mampu menahan arus listrik hingga 100 A, sebaliknya, fuse hanya mampu menahan arus maksimal 30 A. Hal tersebut karena fusible link memiliki ukuran lebih besar dan tebal ketimbang fuse atau sekring, sehingga tidak memungkinkan untuk dapat menampung kapasitas arus listrik yang besar. 

2 Jenis Fusible Link

Ada 2 jenis fusible link yang harus OtoFriends ketahui, fusible link tipe link dan fusible link tipe cartridge. Fusible link tipe cartridge sering digunakan pada sistem kelistrikan kendaraan dan dilengkapi dengan terminal serta bagian sekring yang sudah menyatu dengan bagian inti. Terdiri atas beberapa kode dan tingkatan warna, OtoFriends dapat lebih mudah melakukan identifikasi besar arus dari fusible link tipe cartridge sehingga dapat mengantisipasi risiko korsleting pada sistem kelistrikan mobil dengan melakukan perawatan dan pemeriksaan fusible link secara rutin.

6 Kode Warna Fusible Link

Fusible link memiliki 6 tingkatan warna dengan kapasitas arus listrik yang berbeda-beda. Berikut beberapa warna yang harus OtoFriends ketahui:

KapasitasPersamaan luas Fusible LinkIdentifikasi Warna
30A0,3Merah Muda
40A0,5Hijau
50A0,85Merah
60A1,0Kuning
80A1,25Hitam
100A2,0Biru

Cara Merawat dan Memeriksa Fusible Link Kendaraan

Berbagai macam hal tentu dapat menjadi penyebab korsleting listrik terjadi, mulai dari kabel mesin yang bertumpuk pada kutub aki, kabel yang terkelupas, adanya kabel yang meleleh, salah melakukan pemasangan sistem audio, hingga pemasangan aksesoris seperti lampu dan juga klakson. Menghindari berbagai macam hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa OtoFriends lakukan untuk menjaga fusible link dapat berfungsi dengan baik, antara lain:

1. Melakukan Servis Mobil Rutin

Bagi OtoFriends yang tidak terbiasa melakukan pengecekkan mesin mobil secara mandiri, ada baiknya untuk melakukan servis secara berkala di bengkel terdekat. Servis rutin pada mobil memberikan manfaat tidak hanya dari segi pengecekkan sistem kelistrikan mobil saja, mulai dari ban, oli, hingga komponen penting mobil lainnya juga akan mendapatkan perawatan intens sehingga dapat lebih menjamin keselamatan otoFriends dalam berkendara. 

Baca juga: Mengenal Servis Berkala Pada Mobil yang Tak Boleh Diabaikan

2. Melakukan Pengecekkan Visual

Tidak sempat melakukan servis rutin, jika OtoFriends merasakan ada suatu keganjilan pada mobil saat sedang digunakan, segeralah melakukan pengecekkan visual pada sistem kelistrikan mobil. OtoFriends dapat melakukannya hanya dengan memeriksa apakah ada komponen kelistrikan mobil yang meleleh, terputus, atau bertumpuk. OtoFriends dapat melakukan pengecekan lebih lanjut dengan melakukan perbaikan sendiri atau menghentikan pemakaian kendaraan sementara sampai OtoFriends bisa membawanya ke bengkel untuk perbaikan.

3. Melakukan Pengetesan Mesin Mobil

Melakukan pengecekkan fusible link pada sistem kelistrikan mobil dapat dilakukan secara khusus dengan menghubungkan kabel pengetesan dengan terminal fusible link. Jka OtoFriends ingin melakukan pemeriksaan fusible link dengan cara ini, ada baiknya untuk memastikan bahwa mesin atau sistem kelistrikan mobil sedang tidak bekerja sehingga pengecekkan dapat dilakukan dengan aman. 

Sudah memahami apa fungsi fusible link pada sistem kelistrikan mobil lengkap dengan komponen dan cara merawatnya, pastikan bahwa OtoFriends telah melakukan perawatan dengan benar agar aliran listrik pada mobil dapat bekerja dengan lancar. Jika fusible link sudah rusak, maka penggantian fusible link harus segera dilakukan. Harga fusible link dibanderol mulai dari Rp200 ribuan. Carilah lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada untuk melakukan penggantian fusible link. Namun, pastikan bahwa OtoFriends telah membeli fusible link dan melakukan penggantian di tempat servis yang tepat. 

Layanan digital dari Otoklix siap untuk melayani OtoFriends. Download aplikasinya di smartphone OtoFriends dan nikmati kemudahannya dalam melakukan booking. 100% Refund jika harga di lokasi berbeda dengan harga booking.