Saat mobil parkir di area parkir outdoor, ada banyak gangguan yang dapat merusak body dan permukaan cat mobil. Oleh karena itu pentingnya memiliki cover body mobil outdoor untuk memproteksi body mobil saat harus disimpan di luar ruangan.

Paparan sinar matahari, air hujan, perubahan suhu dan cuaca dapat merusak permukaan cat mobil jadi terlihat lebih kusam dan lama-kelamaan bisa pudar. Selain itu, gangguan benda tajam di sekitar mobil seperti ranting pohon atau cakar hewan dapat menciptakan baret dan goresan pada body mobil.

Apabila OtoFriends sering memarkirkan mobil di luar ruangan atau garasi yang kita miliki justru ruang parkir outdoor, maka penting untuk memiliki cover mobil outdoor.

Baca juga: Mengenal Jenis Bahan Cover Mobil dan Cara Merawatnya

Bahan yang Bagus Untuk Cover Mobil Outdoor

Secara spesifik, hanya ada 2 bahan yang cocok digunakan sebagai lapisan sarung mobil outdoor yakni bahan polipropilena dan bahan woven polyester. Berikut ini penjelasan dari masing-masing bahan pelapis tersebut, antara lain:

  • Polipropilena, memiliki sifat breathable yang dapat mencegah timbulnya jamur dan debu. Bahan ini juga dapat menjaga kelembaban mobil. Cover yang terbuat dari bahan polipropilena ini dapat digunakan di area parkir outdoor maupun indoor.
  • Woven polyester, terdapat bahan poliuretan yang melapisi cover mobil berbahan woven polyester yang dapat mentransfer air hujan sehingga tidak merembes terkena mobil. Selain itu, bahan ini memiliki double jahitan, anti bocor, dan awet. Bahan peraknya bersifat reflektif UV yang berguna untuk mengontrol suhu interior.

Khusus untuk mobil berwarna putih, sebaiknya OtoFriends memilih cover yang mampu menjaga kelembaban dengan baik. Sebab saat cover tidak dapat mengontrol kelembaban, maka terjadi penguapan kimia yang timbul dari cat mobil. Saat hal tersebut terjadi, maka akan timbul bercak kekuningan pada mobil bercat putih tersebut.

Sedangkan untuk pelapis bagian dalamnya disarankan yang memiliki lapisan ultra soft fleece atau bahan lembut lainnya seperti bulu lembut agar pada saat bersentuhan dengan body mobil, maka cover tersebut tidak merusak permukaan cat mobil.

Pada kasus tertentu, saat cover tidak terikat dengan kencang, biasanya cover akan beterbangan saat tertiup angin. Pada saat itu terjadi, maka lapisan dalam mobil dapat bersentuhan langsung dengan body. Jika lapisan dalam cover bertekstur kasar tentu saja akan menciptakan baret dan goresan pada body mobil.

Selain memperhatikan faktor bahan pelapisnya, OtoFriends juga harus mempertimbangkan beberapa hal lainnya. Misalnya tipe cover yang dipilih sebaiknya tipe full cover agar cover dapat melindungi mobil secara menyeluruh.

Kemudian pilih cover yang memiliki fitur keamanan tambahan seperti belt atau strap yang dapat tersambung dengan mobil agar cover tidak mudah bergerak saat tertiup angin. Apabila cover merekat erat pada mobil, maka debu, kotoran atau gangguan eksternal lain tidak akan mudah masuk melalui sela-sela.

Disarankan untuk memilih cover mobil untuk area parkir outdoor berwarna abu mengkilat atau putih mengkilat agar sinar matahari dapat terpantul kembali ke luar. Sedangkan pelapis bagian dalamnya berwarna hitam agar dapat menyerap panas dan tidak meneruskannya ke kabin mobil.

Faktor lain yang bisa jadi pertimbangan OtoFriends adalah cover dengan lapisan yang mudah kering. Tujuannya agar tidak timbul jamur setelah mobil terkena air hujan.

Baca juga: Tips Pilih Penutup Mobil Anti Air dan Kokoh

4 Cover Mobil Outdoor Terbaik

Hal yang paling utama yang jadi bahan pertimbangan kita saat memilih cover mobil ini adalah cover mobil outdoor bersifat waterproof, tahan terhadap sinar matahari serta paparan air. Berikut ini rekomendasi cover mobil terbaik untuk area parkir outdoor. 

1. Dayata Cover Mobil Outdoor

Dayata cover mobil terbuat dari lapisan material plastik PVC yang dijahit dengan rapi menggunakan sistem press mesin HF. Cover mobil ini merupakan tipe cover full cover yang tahan terhadap paparan sinar matahari dan air secara langsung, anti debu dan anti gores.

Sebagai cover mobil outdoor waterproof, Dayata Cover Mobil ini tidak mudah luntur dan lengket sehingga aman digunakan pada mobil berwarna putih. Harga cover mobil outdoor ini mulai dari Rp320 ribuan.

2. Xtreme Cover Mobil Outdoor Xtra Body Fit

Sesuai dengan namanya, Xtreme Cover Mobil Outdoor Xtra Body Fit ini digunakan untuk mobil yang akan diparkir di area outdoor dan memiliki ukuran yang pas dengan mobil kita. Body covernya diklaim memiliki durabilitas cukup lama.

Cover mobil ini menggunakan teknologi Meet WP Ultra Soft yang dapat memberikan proteksi secara menyeluruh hingga bagian terdalamnya. Selain sebagai cover mobil anti air dan panas, Xtreme Xtra Body Fit ini juga memiliki sifat breathable yang dapat menjaga mobil dari kelembaban. Harga cover mobil outdoor mulai dari Rp1 jutaan.

3. Cover Mobil Krisbow Prestige SUV Tipe C

Krisbow menjadi merek  yang cukup populer dan terjamin kualitas produknya. Tak terkecuali produk cover mobil outdoor Krisbow. Terdapat lima lapisan material penyusun cover mobil ini antara lain Durable Outer, Lapisan Breathable, Protective, Soft Luxurious Fleece, dan lapisan dalam yang lembut. 

Masing-masing lapisan memiliki fungsinya masing-masing untuk memproteksi mobil. Terdapat lapisan tahan air atau waterproof, tahan terhadap sinar ultraviolet, tahan lama dan tidak mudah robet. Semua fitur dan lapisan tersebut terbuat menggunakan teknologi Jerman yang telah terjamin kualitasnya.

Beberapa mobil yang cocok menggunakan cover mobil outdoor Krisbow Prestige SUV Tipe C ini antara lain mobil Suzuki Ertiga, Toyota Avanza dan mobil lain pada kelas yang sama. Harga Cover Mobil Krisbow Prestige SUV Tipe C mulai dari Rp1,8 jutaan.

4. Cover Mobil Superior Outdoor

Rekomendasi cover body mobil outdoor selanjutnya adalah Cover Mobil Superior Outdoor yang dijual mulai dari Rp750 ribuan. 

Cover mobil Superior ini merupakan cover mobil tipe full cover yang dikombinasikan dengan teknologi Mett WP Ultra Soft yang dapat memberikan proteksi menyeluruh terhadap mobil serta tahan lama.

Superior Outdoor dapat digunakan oleh mobil-mobil SUV seperti Nissan X-trail. Keunggulannya adalah anti UV, anti air, anti jamur, dapat mengontrol kelembaban, dan lapisan bagian dalamnya lembut.

Baca juga: Cara Agar Mobil Terhindar dari Jamur dan Karat di Musim Hujan

Cara Proteksi Mobil Secara Menyeluruh

Selain memproteksi mobil saat di area parkir, kita juga mesti memproteksi mobil secara menyeluruh dari potensi dan resiko kerusakan yang diakibatkan lalainya dalam merawat dan memperbaiki mobil. Dengan kata lain, jangan menunggu ada komponen yang rusak baru kita datang ke bengkel mobil.

Justru sebaiknya, sebelum terjadinya kerusakan kita harus memeriksakan mobil. Karenanya ada aturan tertentu pada jarak tempuh berapa mobil harus mendapatkan servis rutin secara berkala. Tak perlu datang ke bengkel resmi sebab ada bengkel spesialis yang dapat merawat dan memperbaiki mobil dengan maksimal dan harga minimal.

Salah satunya Bengkel Otoklix. OtoFriends dapat merawat dan memperbaiki mobil mulai dari kerusakan tingkat ringan seperti ganti oli mobil atau ganti aki mobil, merawat mobil dengan rutin cuci mobil, hingga kerusakan tingkat berat yakni saat harus melakukan servis tune up.

Tak perlu datang langsung ke bengkel, kita bisa mencari informasi secara online, konsultasi online, hingga booking service online melalui aplikasi Otoklix. Yuk, download aplikasi Otoklix untuk merawat mobil secara maksimal.

Pertanyaan Seputar Cover Body Mobil Outdoor

Khusus untuk mobil berwarna putih, sebaiknya OtoFriends memilih cover yang mampu menjaga kelembaban dengan baik. Sebab saat cover tidak dapat mengontrol kelembaban, maka terjadi penguapan kimia yang timbul dari cat mobil. Saat hal tersebut terjadi, maka akan timbul bercak kekuningan pada mobil bercat putih tersebut.

Bahan yang bagus untuk cover mobil outdoor yang memiliki sifat anti UV, anti air, mampu menjaga kelembaban mobil, dan mengontrol suhu interior mobil. Misalnya saja seperti bahan polipropilena dan woven polyester.

Daftar merek cover mobil yang bagus digunakan sebagai cover mobil outdoor antara lain Dayata, Xtreme Xtra Body Fit, Cover Mobil Krisbow, dan Cover Mobil Superior Outdoor.