Kebersihan bagian dalam kendaraan harus terus dijaga. Apalagi di tengah pandemi. Membersihkan bagian dalam mobil bisa mengurangi risiko penularan virus. Salah satu caranya yaitu melakukan sterilisasi menggunakan mesin fogging mobil. 

Apa itu fogging mobil?

Fogging mobil adalah suatu metode penyemprotan ke bagian ruang kabin memakai alat khusus. Dalam proses fogging, cairan desinfektan disemprotkan dalam bentuk kabut putih dengan durasi beberapa menit. Biasanya kegiatan ini akan dilakukan sembari menyalakan AC mobil. 

Tujuannya, agar sirkulasi udara yang terdapat dalam kabin tetap mampu berjalan dengan normal. Kegiatan fogging pastinya akan memberikan manfaat yang bagus, khususnya dalam menjaga kenyamanan pengemudi selama berkendara. Dari sisi higienitas, proses fogging membantu meningkatkan tingkat kesterilan interior. 

Baca juga: Fogging Mobil, Bisakah Bunuh Virus Covid-19? [Kisaran Biaya]

Mengapa mobil perlu di fogging?

Saat mobil dilakukan proses fogging, AC mobil perlu dinyalakan. Tujuannya agar sirkulasi udara dalam kabin dapat bekerja normal. Proses fogging membuat pengendara termasuk penumpang merasa nyaman setelah fogging mobil karena kabin jadi bersih dan udara terasa lebih segar. Fogging lebih baik dilakukan dua minggu sekali, usai mobil dicuci.  

Manfaat fogging mobil

Bakteri dan kuman yang tumbuh dengan cepat serta bisa menyebar ke seluruh bagian mobil bisa membuat tidak nyaman bagi orang di dalam kabin. Karenanya, kendaraan harus dilakukan fogging. 

Cara ini dikenal untuk mengusir nyamuk di dalam rumah, tetapi ternyata juga cukup efektif mengusir bakteri dan kuman di mobil. Berikut manfaat dari melakukan fogging mobil secara rutin.

Mencegah pertumbuhan jamur

Salah satu fungsi melakukan fogging mobil adalah bisa mencegah dan meminimalisir jamur yang bersarang di dalam interior mobil. Dengan dicegahnya jamur bersarang, menyebabkan penumpang dan pengendara bisa nyaman duduk di kursi mobil.

Interior jadi bersih dan nyaman

Kondisi kendaraan yang bersih tentu membuat penumpang merasa nyaman di dalam mobil.

Fogging mobil bisa membuat bagian dalam kendaraan lebih bersih sehingga menciptakan kenyamanan untuk semua penumpang termasuk pengemudi. 

Membersihkan bakteri berbahaya

Selain mencegah bertumbuhnya jamur di kursi mobil, melakukan fogging juga bisa membersihkan bakteri. Bakteri yang berbahaya bisa menyebabkan penumpang tidak nyaman, gatal-gatal hingga iritasi kulit. 

Membersihkan virus yang menempel di interior

Manfaat terakhir adalah selain jamur dan bakteri, proses fogging juga bisa membersihkan virus. Apalagi di tengah pandemi, menetralisir virus menggunakan mesin fogging bisa mencegah penyebaran Covid-19.

Baca juga: Estimasi Harga Detailing Interior Mobil, Wangi dan Bersih!

Biaya fogging mobil

Fogging mobil sebaiknya dilakukan dua minggu atau sebulan sekali. Untuk biaya bervariasi tergantung dengan ukuran mobil. Ada juga yang sudah memberikan paket fogging khusus sehingga lebih mudah dalam memilih. Rata-rata biaya yang harus dikeluarkan mulai dari Rp300 ribu sampai Rp450 ribu. 

Rekomendasi mesin fogging mobil

Jika ingin melakukan fogging di rumah, cukup membeli mesinnya dan mempersiapkan cairan fogging. Pilihlah mesin fogging yang sesuai dengan ukuran mobil. Selain itu, cairan untuk fogging juga harus diperhatikan. Biasanya ada cairan khusus untuk fogging mobil, berbeda dengan fogging untuk mengusir nyamuk. Berikut rekomendasi mesin fogging menurut OtoKlix.

WH-08 Portable Gun Mesin Fogging

Rekomendasi pertama yaitu WH-08 portable gun mesin fogging. Dengan harga paling terjangkau, dibanderol mulai dari Rp115 ribu. Bentuknya seperti pistol kecil yang digunakan untuk fogging jok mobil hingga dashboard. Mesin ini bisa menggunakan cairan apapun seperti dettol, penol, disinfektan, alkohol dan cairan sejenis pembasmi virus. Mesin ini menggunakan baterai lithium battery 4800mah. 

MIXIO SG-02

Rekomendasi selanjutnya adalah Mixio Fogging SG-02. Mesin ini memiliki daya 900-1500 watt dengan tegangan 110V. Mesin fogging ini memiliki waktu warm up tak lebih dari 4 menit dengan kapasitas tangki 100 ml. Jangkauan asap bisa mencapai 3 meter. Mesin ini cocok digunakan pada mobil. Harganya mulai dari Rp255 ribu. 

Mini Fogging Granary GV 3.0

Mesin fogging rekomendasi selanjutnya Granary Mini Fogging V3.0. Mesin ini merupakan mesin fogging elektrik yang sudah menggunakan rechargeable battery. Mesin fogging ini dapat digunakan di ruangan tertutup seperti mobil. Fogging desinfektan ini menghasilkan asap lebih efektif dibanding dengan spray cairan desinfektan dikarenakan asap bisa menjangkau ke seluruh ruangan terkecil seperti kolong meja dll. Mesin ini memiliki bentuk yang simple dan minimalis serta sudah menggunakan tombol push on untuk memompa air. Harganya dibanderol cukup tinggi, yaitu mulai dari Rp498 ribu.

BKLEEN Portable Steam Gun

Selanjutnya ada BKLEEN Portable Steam Gun 1200w. Di e-commerce biasanya dijual bundling dengan 2 pcs UDS spray 1 liter. Mesin ini bisa digunakan untuk desinfektan/steril mobil dengan klaim bisa membunuh 99 persen virus dan bakteri. Mesin ini aman untuk anak-anak tidak mudah menyala. 

Dengan desinfektan menggunakan uap, lebih aman dibandingkan spray cairan terutama ke peralatan elektronik, asap dari uap juga bisa menjangkau hingga keseluruh bagian terkecil dalam mobil. Untuk harga, BKLEEN portable steam gun dijual dengan harga yang lumayan merogoh kocek, yaitu mulai dari Rp1 jutaan.

Firman FFM 102 FFM102 MINI

Mini Fogger Firman FFM 102 merupakan alat pengasapan atau fogging untuk mencegah dan membasmi hama-hama serangga pembawa penyakit seperti nyamuk, lalat dan lain-lain. Mesin yang dibanderol mulai dari Rp1,3 jutaan ini biasa dipakai untuk membasmi serangga ini memiliki kapasitas tangki bahan kimia sebesar 1,3 liter. 

Dengan kapasitas tersebut, mesin ini dapat digunakan selama kurang lebih 1 jam.  Dengan menggunakan gas butane sebagai bahan bakarnya, mesin ini dapat menghasilkan asap yang pekat dan juga tahan lama. Pengoperasiannya sangat mudah, sehingga dapat digunakan untuk pengguna profesional maupun pengguna amatir. 

Dengan sistem penyalaan elektrik yang mudah, pengguna tidak akan kehabisan waktu dan tenaga hanya untuk menyalakan mesin ini. Selain itu, karena ukurannya yang kecil mesin ini dapat menyemprotkan asap ke bagian-bagian ruangan yang sulit dijangkau sehingga penyemprotan asap menjadi lebih efektif.

B-Fogger Mesin Fogging  

Rekomendasi mesin fogging terakhir adalah B-Fogger. Mesin fogging yang digunakan untuk melakukan pengasapan pada mobil yang bisa membunuh bakteri dan virus. Mesin ini memiliki bottle holder sehingga pemakaian liquid jadi lebih mudah dan efisien. 

Mesin ini memiliki tambahan peredam panas di body mesin. Mesin ini sangat cocok untuk yang mau usaha jasa fogging, bengkel mobil, salon mobil dan car wash. Harganya cukup mahal, yaitu dibanderol mulai dari Rp1,6 jutaan.

Baca juga: Checklist Kebersihan Mobil Agar Nyaman di Tengah Pandemi Covid-19

Selain merawat interior kendaraan, mesin juga harus terus diperhatikan. Perawatan mesin secara berkala membuat performa kendaraan tetap prima. Sebaiknya buatlah jadwal rutin melakukan cek kendaraan. Kemudian komponen-komponen yang bisa rusak karena usia harus secara rutin diganti. 

Nah, OtoFriends yang ingin merawat kendaraan bisa melakukan booking servis melalui Otoklix. Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk mengecek performa kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.