Hemi merupakan jenis mesin mobil yang kini sudah jarak beredar di pasaran. Meskipun begitu, mobil mesin hemi memiliki keunggulannya sendiri, sehingga tidak boleh dilupakan dari sejarah dunia otomotif. Lantas seperti apa keunggulan dan spesifikasi dari mobil mesin hemi ini? Berikut penjelasan lengkapnya:

Baca juga: Hati-hati, Bagian-Bagian Mesin Mobil Ini Rentan Rusak

Sejara Mobil Mesin Hemi

Mesin hemi merupakan mesin mobil buatan Chrysler. Mesin hemi ini memiliki ruang bakar berbentuk hemispherical atau setengah bola dengan tingkat rasio kompresi yang lebih tinggi dari mesin mobil konvensional. Berkat adanya ruang bakar berbentuk setengah bola dengan rasio kompresi tersebut, mobil mesin hemi memiliki daya mesin lebih baik. Adapun mesin hemi dibekali dengan rangkaian mesin enam silinder segaris dan V8 Chrysler Hemi.

Mesin hemi ini tercipta akibat eksperimen dari Alan R. Welch dan saudara-saudaranya. Mereka mencoba untuk menggunakan mesin hemispherical pada awal 1904. Hingga pada tahun 1905 pembuat mobil Belgia, Pipe juga menggunakan mesin hemi tersebut. Disusul tahun 1907 pembalap Fiat juga menggunakan mesin hemi. Hingga kemudian di tahun 1912 dan 1914 mobil mesin hemi ada pada mobil grand pros Alfa Romeo dan Prix Peugeot..

Keunggulan Mobil Mesin Hemi

Akibat memiliki ruang bakar yang unik berbentuk setengah bola, mesin hemi menjadi mesin mobil dengan ruang bakar yang sangat efisien. Perlu diketahui, semakin sempit ruang bakar mobil maka panas yang dihasilkan akan semakin baik. Adapun konfigurasinya mampu memberikan asupan udara ekstrim, mengkompresi mesin lebih tinggi, mencampur bahan bakar dan udara dengan lebih optimal, serta membuat lebih banyak output daya mesin mobil. Ruang bakar yang bekerja maksimal dilengkapi dengan komponen mesin mobil yang baik akan mampu menghasilkan panas dan melepaskan energi yang cukup sesuai kebutuhan.

Keunikan lainnya terdapat pada permukaan kepala mesin. Mesin hemi memiliki permukaan kepala yang lebih kecil ketimbang mesin konvensional. Alhasil mesin helmi bisa menghasilkan panas lebih tinggi, sehingga akan semakin banyak bahan bakar yang dihasilkan di ruang pembakaran. Adapun mesin hemi ini memiliki banyak katup dengan ukuran yang jauh lebih besar dari katup inline. Hal inilah yang membuat mesin hemi mampu memproduksi aliran udara melalui engine dengan baik.

Tantangan Produsen Menerapkan Mesin Hemi

Meski memiliki berbagai keunggulan menarik ketimbang mesin mobil konvensional, banyak produsen yang merasa kesulitan untuk menerapkan mesin hemi pada mobil keluarannya. Hal ini dikarenakan banyaknya komponen pada mesin hemi sehingga putaran mesin lebih rumit. 

Baca juga: Mesin Mobil Terdiri dari Banyak Komponen Penting, Apa Saja?

Alhasil, Biaya perbaikan mesin hemi akan jauh lebih mahal jika mesin hemi mobil OtoFriends mengalami kerusakan. Dengan kata lain, produsen ingin menciptakan mesin mobil dengan desain atau bukaan katup mesin yang lebih efisien dan efektif, sehingga mesin dapat bekerja dalam jangka waktu yang lama dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang jika mengalami kerusakan.

Performa, Spesifikasi, dan Harga Mesin Hemi

Setelah disebutkan beberapa keunggulan mesin hemi, jika OtoFriends ingin melakukan modifikasi mesin mobil menggunakan mesin hemi, ada baiknya untuk mengetahui lebih dulu performa dan spesifikasi mesin hemi yang ditawarkan. 

Sebagai contoh, OtoFriends dapat menggunakan mesin V8 Hemi supercharger milik Hellcat yang sudah bisa dibeli terbatas. Jika OtoFriends sudah melakukan modifikasi mobil mesin hemi, bisa dipastikan OtoFriends akan berkendara dengan tenaga mobil bertenaga maksimal. Adapun harga mesin hemi ini dibanderol mulai dari Rp260 jutaan.

Selain itu, khusus untuk OtoFriends yang tertarik dengan mobil klasik Dodge ada juga mesin Hellephant Mopar Crate Hemi  yang dibungkus dengan blok aluminium dengan lubang dan stroke lebih besar. Mesin ini mampu menyajikan tenaga maksimum hingga 1000 tenaga kuda (hp) dan torsi kuat 950 lb.

Jangan lupa, pastikan kondisi engine management setup mobil dalam kondisi baik untuk jangka waktu pemakaian mesin hemi yang optimal. OtoFriends bisa melakukan pemasangan di bengkel rekanan Otoklix. Kualitas pelayanan tentu sudah terjamin. Servis dan perawatan di bengkel kategori OtoSelect  juga bergaransi hingga 30 hari setelah pengerjaan.

Perawatan di Otoklix

Tertarik mengeluarkan uang lebih banyak untuk memiliki mobil dengan mesin hemi, maka otoFriends harus siap pula dengan biaya perawatan yang pasti jauh lebih mahal dari mobil konvensional pada umumnya. Mobil mesin hemi memiliki tingkat kerumitan komponen yang tinggi. Jangan sampai lalai melakukan perawatan dan servis rutin untuk menjaga kondisi mesin hemi mobil OtoFriends tetap dalam kondisi baik. 

Baca juga: Cara Daftar Otoklix dan keuntungan Servis di Otoklix

Otoklix bermitra dengan 2000+ bengkel umum mobil pilihan di Jabodetabek dan 20.000+ mobil telah ditangani. Berbagai layanan seperti ganti oli, ganti ban, tune up, ganti oli, body repair, servis AC, detailing, hingga cuci mobil pun tersedia.  Download aplikasinya sekarang! Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Otoklix, Your Trusted Automotive Partner.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Hemi

Mesin hemi merupakan mesin mobil buatan Chrysler. Mesin hemi ini memiliki ruang bakar berbentuk hemispherical atau setengah bola dengan tingkat rasio kompresi yang lebih tinggi dari mesin mobil konvensional.

Adapun harga mesin hemi ini dibanderol mulai dari Rp260 jutaan.

Perlu diketahui, semakin sempit ruang bakar mobil maka panas yang dihasilkan akan semakin baik. Adapun konfigurasinya mampu memberikan asupan udara ekstrim, mengkompresi mesin lebih tinggi, mencampur bahan bakar dan udara dengan lebih optimal, serta membuat lebih banyak output daya mesin mobil. Ruang bakar yang bekerja maksimal dilengkapi dengan komponen mesin mobil yang baik akan mampu menghasilkan panas dan melepaskan energi yang cukup sesuai kebutuhan.