Tak sedikit orang yang mengklasifikasikan mobil double cabin sebagai truk atau pick up karena mampu mengakomodasi hingga 5 penumpang di dalam kabinnya sekaligus dapat diandalkan untuk mengangkut barang di bak muatan terbukanya di belakang.

Namun, berbeda dengan pick up yang umumnya sederhana, mobil double cabin lebih menonjol dengan bodi yang sporty, gagah, serta dilengkapi dengan fitur dan teknologi terkini. Bagi yang tertarik dengan tipe mobil ini, Otoklix sudah menyiapkan informasi penting khusus untuk OtoFriends. Yuk, simak!

Apa itu Mobil Double Cabin?

Mobile double cabin merupakan kendaraan yang dirancang dengan kabin ganda. Selain kabin utama yang diperuntukkan bagi pengemudi, terdapat juga kabin tambahan untuk dua penumpang. Kemudian di bagian belakang mobil ada bak yang dapat digunakan untuk membawa barang atau material berat.

Mobil double cabin biasanya digunakan di daerah perkebunan dan pertambangan, berperan sebagai armada pengangkut hasil pertanian atau material tambang. Namun, mobil ini juga mudah ditemui sebagai kendaraan pribadi di area perkotaan. 

Berbeda dengan mobil bak biasa, mobil double cabin memiliki dua lajur kursi penumpang, empat pintu, dan dapat menampung hingga lima penumpang. Selain itu, mobil ini cenderung menawarkan interior mewah dan fungsi yang lebih banyak ketimbang mobil bak biasa.

Kelebihan Mobil Double Cabin

Sebelum membeli mobil kabin ganda, OtoFriends perlu menyimak apa saja kelebihannya. Antara lain:

    • Kapasitas tangki bahan bakar yang besar hingga dapat menampung bahan bakar sebanyak 80 liter
    • Bodi yang gagah dan kekinian membuatnya cocok dijadikan sebagai kendaraan sehari-hari di area perkotaan
  • Mampu melewati medan sulit, berbatu, berlumpur, bahkan banjir sehingga cocok dijadikan kendaraan traveling
  • Memiliki bodi kuat, snorkel ban besar, dan ground clearance tinggi yang mampu melintasi banjir dengan tingkat air lebih dari 60 cm
  • Hadir dengan interior yang modern dan fitur canggih yang dapat disesuaikan dengan selera pengemudi
  • Memiliki sistem kendali yang mudah dioperasikan

8 Rekomendasi Mobil Double Cabin Terbaik

Berikut rekomendasi mobil kabin ganda terbaik yang bisa menjadi pilihan OtoFriends:

  1. Mitsubishi New Triton

Mobil ini dilengkapi dengan mesin diesel 4D65 yang memiliki konfigurasi DOHC 4 silinder 16 katup serta Direct Diesel Injection berkapasitas 2.442 cc. Mesin tersebut telah dioptimalkan dengan turbocharger dan intercooler sehingga menghasilkan tenaga sebesar 131 dk dan torsi mencapai 430 Nm.

Mitsubishi New Triton juga menyertakan beberapa fitur keamanan dan kenyamanan, termasuk ABS, Dual SRS Airbag, sistem audio 2 Din, dan berbagai fitur canggih lainnya. Harga mobil double cabin ini berkisar antara Rp258 juta hingga Rp488 juta.

  1. Toyota All New Hilux

Toyota All New Hilux hadir dalam dua varian, single cabin dan double cabin, dengan dua pilihan mesin yang kuat, yaitu Variable Valve Timing-Intelligent (bensin) dan D-4D Direct 4 Stroke Diesel Turbo Common Rail (diesel).

Kendaraan ini dapat mengatasi berbagai medan sulit berkat sistem penggerak 4WD part-time dan Rear Differential Lock yang dapat diatur melalui kenop Easy 4×4 Switch. Harga mobil double cabin Toyota All New Hilux berkisar antara Rp231 juta hingga Rp485 juta.

  1. Isuzu D-Max

Isuzu D-Max dilengkapi mesin diesel berkapasitas 2.999 cc dengan tenaga maksimum 136 Ps pada 3400 rpm dan torsi maksimum 30 Kgm pada 1400 – 3000 rpm. Keunikan Isuzu D-Max terletak pada sistem switching penggerak 2WD ke 4WD dengan tiga opsi (2H, 4H, dan 4L), yang dapat diaktifkan melalui sistem tombol yang diputar. Harga mobil double cabin ini antara Rp259 juta hingga Rp539 juta.

  1. Ford Ranger

Salah satu mobil double cabin terbaik dengan mesin berkapasitas 2,2 liter dan 3,2 liter, tetapi tetap memberikan efisiensi bahan bakar yang optimal saat digunakan. Tersedia dalam varian sistem penggerak 4×2 dan 4×4 serta mampu menghasilkan tenaga sebesar 310 lb-ft. 

Mobil ini juga memiliki sistem penggerak All Wheel Drive yang memungkinkannya mengangkut barang di berbagai medan, baik on-road maupun off-road. Untuk harga, mobil kabin ganda ini dibanderol antara Rp460 juta hingga Rp545 juta.

  1. Nissan Navara

Nissan Navara menggunakan mesin turbo-diesel intercooler berkapasitas 2.488 cc, dengan pilihan transmisi otomatis atau manual yang menjanjikan konsumsi bahan bakar hemat.

Mobil double cabin ini dilengkapi dengan fitur Nissan Intelligent Key, roda kemudi multifungsi, Meter Cluster dengan TFT Display, dan pengaturan pilihan antara 2WD dan 4WD. Harga kendaraan ini ada di angka Rp448 juta hingga Rp551 juta.

  1. Chevrolet Colorado

Chevrolet Colorado hadir dengan dua pilihan mesin, yakni Duramax 2.8L Variable Geometry Turbo dan Duramax 2.5L Fixed Geometry Turbo, dengan kapasitas mesin 2449 cc dan daya output mencapai 163 PS. Desainnya gagah serta memiliki performa yang baik di kelasnya. Meski merk ini tidak dijual lagi di Indonesia, kamu bisa membelinya secara bekas di harga Rp450 juta – Rp517 juta.

  1. Fiat Fullback

Dilengkapi dengan fitur-fitur canggih untuk meningkatkan kenyamanan pengemudi, mobil ini menggunakan mesin diesel 2.442cc dengan opsi tenaga 150 HP atau 180 HP. Semua varian dilengkapi sistem transmisi 4WD dan telah memenuhi standar emisi Euro 6. Karena keunggulannya, harga mobil double cabin ini dibanderol sekitar Rp500 juta-an.

  1. Mazda BT-50 Pro Double Cabin

Dengan harga berkisar antara Rp 352 juta hingga Rp 424 juta, mobil ini telah dilengkapi dengan set suspensi independent double wishbone di bagian depan dan per daun di bagian belakang. Memiliki kabin yang luas dan efisiensi konsumsi bahan bakarnya mencapai 9-12 km/liter di luar kota dan 6.8 km/liter di dalam kota.

Memiliki mobil double cabin yang super tangguh berarti harus rutin cek ke bengkel nih! Tujuannya agar performa mobil OtoFriends selalu optimal. Yuk kunjungi website Otoklix dan temukan servis yang tepat untuk kendaraan kamu!

Pertanyaan Seputar Double Cabin

Mobil double cabin merk apa saja?

Merk mobil double cabin yang terkenal adalah Nissan, Mitsubishi Toyota, Isuzu, Ford, Mazda, Renault, dan Tata. Sementara yang tidak dipasarkan di Indonesia ada Chevrolet dan Fiat.

Kenapa pajak mobil double cabin mahal?

Mobil double cabin termasuk kategori mobil dengan penggerak 4WD. Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 Tahun 2014, mobil ini tergolong barang mewah sehingga dikenai pajak yang lebih tinggi.