Cara menghilangkan baret mobil yang dalam paling mudah adalah dengan membawa mobil ke bengkel terdekat untuk melakukan metode coating. Coating merupakan metode termudah untuk menghilangkan lecet dan baret body mobil.

Saat mendapati body mobil tergores saat macet atau terparkir sangat menjengkelkan. Body mobil jadi terlihat jelek. Apalagi bila mobil kita berwarna putih. Tak perlu khawatir karena ada cara menghilangkan baret yang bisa kita lakukan di rumah dengan beberapa alat dan bahan yang mudah ditemukan. 

Otoklix.com memberikan tips dan cara menghilangkan baret pada mobil putih dan warna mobil lainnya serta tanpa perlu membawa mobil ke bengkel.

Baca juga: Cara Poles Mobil yang Benar, Bikin Mobil Terawat Maksimal!

Penyebab baret pada mobil

Tampilan eksterior mobil jadi kurang bagus bila terdapat lecet atau baret di beberapa bagian body. Khususnya bila mobil kita memiliki warna yang cerah sehingga sulit menyembunyikan baret dan lecet tersebut. Agar tidak terjadi kesalahan yang sama, OtoFriends perlu mengetahui penyebab-penyebab body mobil terbaret dan lecet.

Penyebab mobil terbaret dan lecet di antaranya kita menggunakan sponge yang kasar saat mencuci mobil, menggunakan lap dengan permukaan yang kasar untuk mengeringkan mobil, terjadi benturan dan tabrakan halus maupun kasar, hingga usia mobil yang sudah tak layak pakai.

Jenis baret pada mobil

Sebelum memasuki pembahasan cara menghilangkan baret pada mobil, kenali juga jenis atau tingkatan baret pada mobil. Pasalnya setiap jenis atau tingkatan memiliki cara perbaikan yang berbeda sehingga kita perlu mengenalinya untuk mengetahui cara terbaik menghilangkan baret dan lecet tersebut.

Baret ringan

Baret mobil tingkat ringan biasanya hanya tidak sampai merusak cat mobil. Cat mobil hanya sedikit memudar. Ukuran goresannya kecil hingga nyaris tak terlihat dengan permukaan goresan yang tidak kasar. Penyebab baret ringan ini bisa karena kuku yang tergores tidak sengaja.

Baret sedang

Adapun baret pada tingkat kerusakan sedang ini sudah mulai terlihat bahkan dari jarak yang cukup jauh. 

Baret atau lecet pada tingkat ini dapat mempengaruhi warna permukaan body akan tetapi tidak akan mengubah susunan cat mobil.Biasanya bagian yang lecet akan berubah warna jadi abu-abu atau putih. 

Apabila kita meraba bagian yang baret, maka bagian permukaannya akan terasa kasar. Salah satu penyebab baret sedang ini adalah ranting pohon.

Baret dalam

Jenis baret yang terakhir adalah baret dengan tingkat kerusakan berat atau dalam. Pada tingkat ini, kerusakan dapat mempengaruhi susunan cat mobil, bagian body mobil yang kena baret atau lecet akan berubah menjadi warna besi atau seperti body berkarat.

Jika kita meraba bagian permukaan yang baret tersebut, maka akan terasa kasar dan dalam. Penyebab utamanya karena kita mengalami kecelakaan yang cukup hebat sehingga mempengaruhi bagian logam body mobil sampai rusak.

Baca juga: Jenis Jenis Dempul Mobil dan Cara Menggunakannya!

Cara menghilangkan baret mobil yang dalam

Setelah mengetahui jenis-jenis baret berdasarkan tingkat kerusakan dan penyebabnya, selanjutnya mari simak penjelasan cara menghilangkan baret pada mobil.

1. Kompon penghilang baret mobil

Cara menghilangkan baret mobil yang dalam pertama adalah menggunakan kompon. Kompon adalah krim berbahan kimia yang bisa mengikis baret sampai goresan tidak lagi terlihat. Kita perlu mempersiapkan alat dan bahan, antara lain kain lembut, alat poles, air, dan tentu saja kompon poles.

Pertama, kita harus membersihkan bodi mobil, terutama bagian yang terkena goresan. Setelah mobil dibersihkan menggunakan air, lap mobil dengan kain kering. Kemudian, gunakan kompon berwarna putih karena memiliki daya kikis yang lebih kuat. 

Trik memoles kompon adalah memoleskan secara cepat agar tidak cepat mengering dan mengeras. Poles secara ringan dan satu arah agar hasilnya merata ya. Jika bagian baret sudah bersih, kemudian membilas menggunakan air kemudian keringkan menggunakan lap.

Selain menggunakan kompon, OtoFriends juga bisa mengikis baret menggunakan sandpaper 1500-grit dan 2000-grit. Caranya adalah bersihkan bagian mobil yang terkena baret kemudian basahi ampelas. Langkah selanjutnya adalah kikis perlahan menggunakan amplas tersebut. Gosok perlahan dan satu arah agar hasilnya lebih rapi.

2. Menggunakan obat nyamuk

Cara menghilangkan baret mobil yang dalam berikutnya adalah dengan lotion anti nyamuk. Bahan dalam obat nyamuk ini dapat menghilangkan lapisan baret pada mobil. Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah lotion anti nyamuk, dua buah lap kering atau kanebo.

Pertama, dengan menuangkan obat nyamuk ke lap kering atau kanebo kering. Lap yang kering akan membuat obat nyamuk bertahan dan tidak larut dengan air. Kemudian, usap bagian yang baret secara perlahan dan memutar secara merata. Setelah itu tunggu selama kurang lebih 15 sampai 20 detik sebelum membilasnya dengan air dan mengeringkan dengan lap kering.

3. Menggunakan pasta gigi

Selain menggunakan lotion anti nyamuk, kita juga bisa menggunakan pasta gigi sebagai cara menghilangkan baret mobil yang dalam. Caranya hampir sama dengan menggunakan lotion, yaitu membersihkan bodi mobil terlebih dahulu.

Kemudian, basahi kain secukupnya dan tuang pasta gigi ke kain sebanyak yang dibutuhkan untuk menutupi goresan. 

Selanjutnya gosok pada bodi mobil yang terkena baret dengan gerakan melingkar. Tetapi perlu OtoFriends ketahui, menghilangkan baret hanya dengan menggunakan pasta gigi tidak memberikan hasil yang maksimal, harus dipadukan dengan bahan lain.

4. Menggunakan minyak rem

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan minyak rem. Siapkan juga kanebo kering untuk proses menghilangkan baret. Langkah pertama yaitu menuang minyak rem ke kanebo kering. Perhatikan jumlah minyak rem karena minyak rem adalah bahan yang keras. Jika takarannya terlalu banyak bisa membuat bodi mobil malah menjadi rusak.

Setelah itu, oles ke permukaan mobil secara merata. Hindari memoles bagian mobil yang masih bersih, ya. Kita juga perlu waspada, jangan menuang minyak rem langsung ke bodi mobil yang baret. Setelah itu bilas menggunakan dengan air dan mengeringkannya dengan lap kering.

5. Menghilangkan dengan tipe wax

Selanjutnya, cara menghilangkan baret mobil yang dalam adalah menggunakan tipe wax. Ada dua jenis tipe wax, yaitu padat dan cair. Wax yang cair memiliki sifat abrasif yang dapat membuat goresan terlihat samar.

Hati-hati dalam menggunakan tipe wax cair, jangan menggosok terlalu keras karena bisa membuat goresan semakin bertambah. Sementara itu penggunaan wax padat cenderung lebih aman untuk digunakan menghilangkan baret mobil.

6. Menghilangkan mobil baret dalam dengan cat ulang

Cara menghilangkan baret mobil yang dalam terakhir ini tentu saja cara yang dilakukan jika semua cara di atas tidak ampuh menghilangkan baret pada mobil. Pengecatan mobil bisa dilakukan di bengkel, tetapi bisa juga dilakukan sendiri di rumah.

Hanya saja, bagi OtoFriends yang tidak terbiasa mengecat, hasilnya mungkin akan kurang rapi. Sebelum melakukan pengecatan ulang, sebaiknya kita perlu mempertimbangkan apakah mobil kita perlu dilakukan cat ulang. Karena mengecat ulang mobil membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Cara mengecat sendiri mobil yang baret adalah dengan mengamplas bagian yang baret kemudian mengecatnya dengan cat yang telah dicampur menggunakan tiner. Sebaiknya gunakan media semprot agar tidak terlihat gores-gores halus kuas pada mobil.

Baca juga: Tips Pilih Bengkel Cat Mobil Berkualitas dan Ini Biayanya

7. Menghilangkan mobil baret dalam di ketok magic

Untuk menekan biaya perbaikan atau biaya servis mobil untuk menghilangkan baret, kita bisa mengandalkan bengkel ketok magic. Mulai dari mobil baret, bopeng hingga memperbaiki bagian mobil yang retak bisa diperbaiki di sini. Biayanya pun cenderung lebih terjangkau.

8. Menggunakan cairan amonia

Cara lain untuk menghilangkan baret pada mobil dengan menggunakan cairan amonia. Langkah-langkah memperbaiki baret mobil menggunakan cairan amonia, di antaranya:

  • Campurkan air setengah liter dan cairan amonia sebanyak 15 ml.
  • Aduk campuran air dan amonia hingga merata.
  • Gunakan kain bersih yang memiliki tekstur kain lembut untuk mengusap bagian yang baret.
  • Gunakan sarung tangan plastik terlebih dulu lalu memasukkan kain ke dalam campuran amonia.
  • Gosokan kain tersebut pada bagian body mobil yang baret atau lecet.
  • Biarkan cairan amonia pada body mobil supaya meresap dengan sempurna.

 9. Menggunakan kayu putih

Alternatif untuk memperbaiki baret ringan pada mobil dengan menggunakan kayu putih. Cara menggunakan kayu putih untuk menghilangkan baret atau lecet, antara lain:

  • Menyiapkan kayu putih dan kain microfiber.
  • Mengoleskan kayu putih pada bagian yang baret.
  • Kemudian mengusap bagian yang terkena kayu putih dengan cara memutar.
  • Bila baret telah hilang, maka bersihkan bagian mobil yang terkena kayu putih menggunakan lap basah atau kanebo.

10. Menghilangkan baret dengan scratch remover

Selain kompon, OtoFriends bisa menggunakan scratch remover untuk menghilangkan baret. Kita dapat menemukan cairan scratch remover di pasaran atau melalui e-commerce dengan harga yang terjangkau.

Cara menggunakan scratch remover cukup mudah yakni hanya memoles cairan tersebut pada bagian yang baret atau lecet secara perlahan dan merata. 

Selanjutnya menggosok permukaan yang telah terolesi scratch remover menggunakan microfiber sampai baret atau lecetnya menghilang. Apabila baret sudah hilang, maka kita bisa membersihkannya dengan kain basah atau kanebo.

11. Menggunakan spidol cat

Cara menghilangkan baret mobil yang dalam terakhir adalah menggunakan spidol cat. Harga spidol cat cukup terjangkau dan kita bisa memilih warna spidol cat sesuai warna mobil.

Cara menghilangkan baret menggunakan spidol cat yakni dengan mengoleskan spidol tersebut ke permukaan body mobil yang baret secara perlahan. Kerjakan perbaikan ini di tempat yang mendapatkan pencahayaan cukup.

Tips mencegah baret mobil

Untuk menjaga performa mobil, khususnya bagian eksterior mobil agar tetap terlihat menawan dan elegan, sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan mobil baret atau lecet. Tips untuk menghindari baret dan lecet yakni sebagai berikut.

Hati-hati saat berkendara

Kebanyakan penyebab baret dan lecet pada mobil karena kita sebagai pengemudi yang kurang berhati-hati saat berkendara. Oleh karena itu, untuk meminimalisir terjadinya goresan dan baret pada mobil sebaiknya berkendara dengan hati-hati, termasuk saat melakukan parkir mobil.

Rutin cuci mobil

Tips untuk mencegah baret dan lecet selanjutnya adalah dengan rutin mencuci mobil. Pasalnya kotoran dan noda yang menempel pada body mobil berpotensi menciptakan lecet atau goresan pada permukaan mobil.

Bersihkan mobil dengan pembersih khusus

Namun saat mencuci mobil, kita juga perlu memperhatikan kualitas sabun yang digunakan. Ada beberapa sabun cuci mobil yang mengandung bahan kimia kurang tepat hingga membuat body mobil terlalu kesat. Tekstur permukaan body mobil yang terlalu kesat ini yang berpotensi menciptakan baret.

Selain itu perhatikan pula kain atau lap yang kita gunakan untuk membersihkan dan mengeringkan mobil. Gunakan kain berbahan lembut seperti microfiber untuk meminimalisir lecet saat membersihkan dan mengeringkan mobil.

Itu tadi adalah beberapa cara menghilangkan baret mobil yang dalam. Kelihatannya cukup mudah bukan? Tetapi tentu saja perlu kehati-hatian agar goresan tidak semakin bertambah. 

Jika ragu untuk melakukan perawatan cat mobil, OtoFriends bisa mencari bengkel terdekat melalui aplikasi Otoklix. Terdapat berbagai jenis servis mobil dengan harga transparan agar kita tahu berapa biaya servis sebelum ke bengkel.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Cara Menghilangkan Baret Mobil yang Dalam :


Baret atau lecet pada mobil dapat hilang dengan menggunakan beberapa bahan cairan pembersih khusus seperti kompon atau scratch remover dan cairan pembersih khusus lainnya yang mengandung bahan kimia baik untuk body mobil.


Pasta gigi dapat menjadi alternatif solusi lain untuk menghilangkan baret pada mobil karena pasta gigi mengandung enzim sehingga dapat membantu mengurangi baret. Caranya gampang yakni dengan memoleskan pasta gigi pada bagian mobil yang baret.


Cara menghilangkan baret mobil yang dalam bisa menggunakan cairan pembersih khusus seperti kompon dan scratch remover, menggunakan pasta gigi, minyak rem dan minyak kayu putih, obat nyamuk, wax, cairan ammonia, dan spidol cat.