Salah satu komponen yang terpenting dalam sebuah kendaraan adalah ban. Performa ban yang berkualitas akan memberikan kenyamanan saat berkendara, baik saat menghadapi medan jalan yang mulus, ataupun bergelombang. 

Pentingnya merawat ban mobil

Seiring dengan bertambahnya waktu pemakaian, ban harus mendapat perawatan dan diganti secara rutin. Perjalanan yang nyaman dan risiko kecelakaan yang minim membuat kualitas ban adalah hal yang penting dalam memilih ban. Perawatan ban mobil yang baik adalah dengan melakukan inspeksi secara berkala. Rutin mengecek kondisi ban sebelum berangkat. Dan yang paling penting, melakukan penggantian ban mobil sesuai dengan rekomendasi penggantian ban yang ada.  

Ciri-ciri ban mobil perlu diganti

Selain membuat tidak nyaman dalam berkendara, ban yang rusak atau tidak dalam kondisi baik membuat risiko kecelakaan tinggi. Karenanya perlu dilakukan pergantian secara berkala. Berikut ciri-ciri ban mobil yang perlu diganti.

Umur lebih dari 3 tahun

Salah satu indikator terpenting dalam pergantian ban adalah umur. Untuk pemakaian normal, rata-rata umur penggantian ban adalah tiga tahun sekali. Walaupun kelihatan masih bagus, namun usia tiga tahun biasanya sudah membuat performa menurun. Jika masih dibiarkan sudah berumur, maka akan mengganggu kenyamanan berkendara. Bahkan bisa meningkatkan risiko kecelakaan.

Baca juga: Penting! Begini Cara Baca Kode Ban Mobil

Ketebalan sudah berkurang

Setiap merek ban pasti memiliki kadar ketebalan dan batas keausan. Jika sudah melewati kadar tersebut, maka akan membuat kendaraan tidak layak untuk digunakan. Standar pengukuran ini dinamakan Tread Wear Indicator (TWI). Pelajari cara melihat ketebalan dan batas keausan ban agar bisa melakukan pergantian di saat yang tepat. 

Jarak tempuh lebih dari 40 ribu km

Jika kendaraan dipakai melebihi pemakaian normal harian, maka indikator waktu pemakaian tiga tahun tidak lagi relevan. Karenanya, gunakanlah indikator jarak tempuh dalam melakukan pergantian ban. Jika belum mencapai tiga tahun namun jarak tempuh sudah 40 ribu km, maka pergantian ban sudah bisa dilakukan. Dengan menempuh 40 ribu km, performa ban sudah menurun dan sudah bisa mengancam keselamatan berkendara.

Ban gundul/benjol/rusak

Selanjutnya, ciri-ciri ban harus diganti adalah kerusakan pada ban. Selain jarak tempuh dan waktu pemakaian, ban yang gundul, benjol atau bahkan rusak harus segera diganti. Adanya benjolan pada ban yang diakibatkan kawat penguat ban yang putus atau ban sobek harus segera diganti. Ini fungsi melakukan inspeksi ban sebelum berkendara agar bisa melihat kondisi ban sebelum melakukan perjalanan.

Baca juga: Jangan Lengah! Ini Ciri Ban Mobil Harus Diganti

Kenapa pilih Dunlop?

Salah satu brand ban mobil yang cukup memiliki nama di Indonesia dan dunia adalah Dunlop. Merk ini masuk ke deretan merk ban mobil terbaik. Namanya sudah populer sejak lama di dunia otomotif. Sejumlah kelebihan ban impor ini adalah memiliki daya cengkram yang kuat, kokoh, serta daya redam yang maksimal. Sehingga kenyamanan berkendara terjamin, karena mobil akan minim guncangan.Dunlop sendiri sudah dipercaya di dunia otomotif dunia, bahkan sering dipakai dalam ajang balapan mobil ternama di dunia. 

Daftar harga ban Dunlop Ring 14

Soal harga, untuk ban Dunlop dari semua tipe dan ukuran sangat stabil dan sepadan dengan kualitas dan kehandalan bannya. Berikut harga ban Dunlop ukuran ring 14.

Dunlop Enasave EC300+ 185/70R14Rp699 ribu
Dunlop MT2 27X8.5R14Rp996 ribu
Dunlop SP Touring R1 165/65R14Rp486 ribu
Dunlop SP Touring R1 175/65R14Rp553 ribu
Dunlop SP Touring R1 185/60R14Rp595 ribu
Dunlop SP Touring R1 185/65R14Rp547 ribu
Dunlop SP Touring R1 185/70R14Rp559 ribu
Dunlop SP Touring R1 185/80R14Rp523 ribu
Dunlop SP Touring R1 195/65R14Rp558 ribu
Dunlop SP Touring T1 185/70R14Rp635 ribu

Nah, itulah daftar harga ban Dunlop ukuran ring 14, masih banyak jenis ban Dunlop yang bisa didapatkan di bengkel ban ataupun e-commerce di Indonesia. Namun untuk terus menjaga kondisi ban agar tetap terjaga, sebaiknya buatlah jadwal rutin melakukan cek kendaraan termasuk pergantian ban. 

OtoFriends yang ingin merawat kendaraan bisa melakukan booking servis melalui OtoKlix. Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk mengecek performa kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.