Form peminjaman kendaraan operasional menjadi dokumen yang sering dicari di internet oleh karyawan perusahaan atau instansi. Sebab untuk menggunakan mobil dinas atau operasional membutuhkan prosedur khusus. Berikut ini contoh surat peminjaman mobil dinas.

Jika Anda ingin meminjam mobil perusahaan atau mobil dinas dari instansi lain, sesuai prosedur hal pertama yang harus dilakukan adalah mengajukan surat peminjaman mobil operasional secara resmi agar tercatat dengan baik riwayat penggunaan kendaraan operasional tersebut.

Walaupun ini pertama kalinya Anda membuat form peminjaman kendaraan operasional, nyatanya surat tersebut mudah sekali dibuat. Berikut ini contoh surat peminjaman mobil dinas, surat peminjaman kendaraan TNI, hingga contoh surat peminjaman mobil ambulance.

Banner

Baca juga: Cara dan Tips Perawatan Mobil Dinas Terlengkap

Contoh Surat Peminjaman Mobil Dinas

Apabila ingin meminjam mobil dinas dari instansi kepemerintahan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengajukan surat permohonan pinjam pakai kendaraan dinas yang ditujukan langsung ke dinas terkait yang dituju. Umumnya, hal-hal yang ada di dalam surat pemakaian kendaraan dinas, antara lain:

  • Kop surat lengkap dengan nama organisasi atau instansi, alamat, kontak, dan logo.
  • Nomor surat resmi dan lampiran bila diperlukan.
  • Penulisan tujuan surat dengan lengkap dan jelas.
  • Isi surat yang menyatakan permohonan peminjaman mobil dinas beserta tujuan peminjaman, waktu peminjaman dan pengembalian, dan jenis mobil yang akan dipinjam.
  • Tanda tangan dan nama lengkap serta jabatan dari pimpinan atau pejabat tertinggi yang bertanggung jawab menerbitkan surat tersebut.

Berikut ini contoh surat peminjaman mobil dinas.

Contoh Form Peminjaman Kendaraan Operasional

Adapun contoh surat peminjaman mobil operasional suatu perusahaan atau instansi hampir sama dengan surat permohonan pinjam pakai kendaraan dinas kepemerintahan. Beberapa hal yang mesti ada di dalam surat antara lain:

  • Kop surat lengkap dengan nama organisasi atau instansi, alamat, kontak, dan logo.
  • Nomor surat resmi dan lampiran bila diperlukan.
  • Penulisan tujuan surat dengan lengkap dan jelas.
  • Isi surat yang menyatakan permohonan peminjaman mobil dinas beserta tujuan peminjaman, waktu peminjaman dan pengembalian, dan jenis mobil yang akan dipinjam.
  • Tanda tangan dan nama lengkap serta jabatan dari pimpinan atau pejabat tertinggi yang bertanggung jawab menerbitkan surat tersebut.

Berikut ini contoh surat atau form peminjaman kendaraan operasional

Contoh Surat Peminjaman Kendaraan TNI

Selain dua contoh surat peminjaman mobil dinas di atas, ada pula contoh surat peminjaman kendaraan TNI yang sering diajukan oleh anggota kemahasiswaan atau sekolah untuk meminjam mobil atau mobil truk dan sejenisnya yang ditujukan untuk TNI atau satuan sejenisnya seperti Korps Brigade Mobile (Brimob) milik kepolisian.

Berikut ini contoh surat peminjaman kendaraan TNI.

Baca juga: Mobil Dinas Polri Terbaru! Dari Mitsubishi Hingga Ford Ranger

Contoh Surat Peminjaman Mobil Ambulance

Kemudian dokumen lainnya yang sering diajukan oleh perusahaan atau masyarakat umum adalah surat peminjaman mobil ambulance. Berikut ini contoh surat peminjaman mobil ambulance.

Contoh Surat Pinjam Pakai Kendaraan Barang Bukti

Dokumen penting selanjutnya yang juga banyak dicari orang adalah contoh surat pinjam pakai kendaraan barang bukti. Untuk beberapa kondisi dan kasus tertentu, korban atau orang yang berhak atas kendaraan tersebut dapat mengajukan pemakaian kendaraannya yang dijadikan barang bukti.

Hal ini tertulis dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2010 tentang Tata Cara Pengelolaan Barang Bukti Pasal 23 Ayat 1 dan 2, di mana dinyatakan bahwa barang bukti yang disita dan disimpan di tempat khusus hanya dapat dipinjampakaiankan kepada pemilik atau pihak yang berhak sesuai prosedur yang ditetapkan.

Prosedur yang dimaksud yakni pemilik atau pihak yang berhak tersebut mengajukan surat permohonan peminjaman atau pemakaian barang bukti tersebut yang ditujukan langsung kepada atasan penyidik. Nantinya atasan penyidik tersebut memiliki hak untuk mengabulkan atau menolak permohonan tersebut sesuai pertimbangan dan penilaian tertentu.

Berikut ini contoh surat pinjam pakai kendaraan barang bukti.

Bagaimana Cara Merawat Mobil Dinas?

Sama halnya dengan merawat mobil pribadi pada umumnya, hanya saja untuk mobil dinas operasional perusahaan atau instansi perlu membuat riwayat penggunaan dan servis mobil. Mengingat mobil dinas tersebut merupakan aset berharga perusahaan dan instansi, maka penggunaan dan perawatannya perlu diperhatikan dengan benar.

Sebagai contoh bila mobil pribadi Anda biasa menggunakan spare part biasa yang dijual di bengkel, namun mobil operasional perusahaan yang dijadikan aset tersebut sebaiknya menggunakan spare part yang telah terjamin originalitasnya sehingga mobil dapat digunakan dalam waktu yang panjang.

Walaupun dibutuhkan ekstra kehati-hatian dan kecermatan dalam merawat dan memperbaiki mobil dinas, namun OtoFriends tak perlu khawatir. Kini Bengkel Otoklix menyediakan layanan khusus Otoklix for Business.

Baca juga: Program Employee Benefit, Join Bareng Otoklix, Karyawan Dapat Diskon Service 50%

Otoklix for Business merupakan layanan khusus yang disediakan Otoklix untuk membantu perusahaan atau instansi merawat dan memperbaiki mobil operasionalnya agar lebih optimal dan berumur panjang.

Selain jaminan originalitas spare part setara dengan OEM dan tim mekanik profesional, ada layanan dasbor servis untuk melihat dan mengontrol riwayat servis mobil dinas Anda. Layanan unggulannya antara lain Home Service, Layanan Antar Jemput Gratis, Emergency Handling, dan Promo khusus untuk Karyawan.

Dapatkan keuntungan lainnya dengan mempercayakan servis mobil dinas operasional di Otoklix for Business. Untuk informasi lebih lanjut, silakan cek www.otoklix.com/bisnis atau Whatsapp OtoBuddy 0811-920-025

Pertanyaan Seputar Contoh Surat Peminjaman Mobil Dinas

Poin-poin yang wajib ada di dalam surat peminjaman mobil dinas antara lain kop surat, alamat organisasi atau perusahaan dan instansi, logo organisasi atau perusahaan dan instansi, tujuan dan alamat penerima, tujuan peminjaman mobil, waktu peminjaman dan pengembalian, dan tanda tangan pimpinan atau pejabat tinggi yang bertanggung jawab.

Bagi Anda pemilik kendaraan yang sedang dinyatakan sebagai barang bukti dapat mengajukan surat permohonan pinjam pakai kendaraan barang bukti yang ditujukan langsung kepada atasan penyidik. Nantinya penyidik tersebut akan mempertimbangkan apakah akan mengabulkan atau menolak pengajuan tersebut.

Jika Anda sedang mencari bengkel khusus yang dapat memperbaiki mobil dinas operasional, maka Anda bisa percayakan Bengkel Otoklix yang telah bekerja sama dengan bengkel profesional melalui program Otoklix for Business.